Viral Surat Kalis Mardiasih untuk Novia Widyasari, Korban Pemerkosaan Pacar

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 06 Des 2021 11:50 WIB
Foto Kalis Mardiasih yang memberikan surat terbuka untuk Novia Widyasari. Foto Kalis Mardiasih. Foto: Dok. Instagram @kalis.mardiasih.
Jakarta -

Kisah sedih mahasiswi Universitas Brawijaya Novia Widyasari merebak di media sosial dan menjadi atensi warganet. Ia ditemukan meninggal dunia setelah bunuh diri di dekat makam ayahnya yang berada di Kecamatan Sooko, Mojokerto pada 2 Desember 2021.

Kepergian wanita 23 tahun itu melibatkan kekasih Novia yaitu Bripda Randy Bagus. Novia diduga depresi berat karena menjadi korban pemerkosaan. Dia diketahui diminta pacarnya menggugurkan kandungan. Kini Randy ditetapkan menjadi tersangka terkait kasus tersebut.

Peristiwa yang menggemparkan Tanah Air itu mendapatkan sorotan dari bebagai kalangan, baik dari akademisi, selebriti, influencer, dan tokoh agama. Salah satunya berasal dari Kalis Mardiasih yang dikenal sebagai penulis dan aktivis yang peduli pada hak perempuan dan anak-anak.

Ia menulis surat terbuka untuk Novia Widyasari. Dikutip dari akun Instagram @kalis.mardiasih berikut surat terbuka Kalis untuk Novia:

"Ode untuk Novia Widyasari, Penyintas Kekerasan Seksual yang Mengabadi di Atas Pusara Ayahnya. Namamu kini sudah tenang bersama Marsinah, bersama Yuyun, bersama Eno Parihah, dan semua pahlawan kami yang lain. πŸ₯€πŸ₯€πŸ₯€πŸ₯€
#MencatatPengalamanPerempuan #16haktp2021 #savenoviawidyasari," tulis @kalis.mardiasih.

Dear Novia, maaf aku terlambat mengenalmu. Saat namamu ramai dibicarakan orang hari ini sebagai korban, aku menaruh namamu abai dalam detak nadiku. Aku tak mau menutupi atau menyingkat namamu, sebab kamu bukan aib. Bagiku kini, kamu adalah simbol perlawanan. Namamu kutempatkan di tempat tinggi yang paling mulia. Sebagaimana korban kekerasan seksual lain yang telah melawan dengan sehormat-hormatnya.

Namamu kini sudah tenang bersama Marsinah, bersama Yuyu, bersama Eno Parihah, dan semua pahlawan kami lainnya. Aku baru saja membaca surat-suratmu. Seharusnya, kamu adalah pribadi yang menyenangkan dan senang bercerita, sebab kalimat-kalimatmu rapu dan selalu mengundang segelas kopi.

Semoga kamu tahu, kalau saat ini, surat-suratmu akan abadi. Hari ini, surat-suratmu mengeratkan solidaritas jutaan orang, mempertanyakan di mana keadilan, dan menggugat nilai-nilai penindasan kepada perempuan.

Kamu menjadi korban pemerkosaan pacarmu dengan modus pemberian obat-obatan. Kamu meminta ia bertanggung jawab, tapi ia juga yang memaksamu menelan sebanyak-banyaknya pil aborsi.

Kamu menjalani perawatan di RS sendirian. Dan ibu pacarmu tak sekalipun peduli kepada nasibmu. Kamu mengakses layanan PPA tapi mendapat respons lamban. Ayahmy baru saja meninggal, dan kamu meminta bantuan kepada paman-pamanmu, tapi mereka justru mengancam untuk membunuhmu dan bayimu karena dianggap mencoreng nama baik keluarga.

Kalis lalu membuat beberapa puisi untuk Novia Widyasari. Dalam puisinya Kalis menyebut Novia sebagai wanita yang tangguh. Pasalnya Novia sudah berani melawan kekerasan seksual yang dialami.

Novia Widyasari,

Kamu adalah petarung yang tangguh.
Kamu tela melakukan semua prosedur yang mesti kamu lakukan untuk memperjuangkan martabatmu sebagai manusia. Di tengah semua luka fisik dan batimu, kamu pun masih sempat membagikan kabar kepada kami secara kronologi lewat surat demi surat yang kau tulis.

Terima kasih,
Novia yang kuat,
Harum namamu.

[Gambas:Instagram]

Selain membuat surat untuk Novia Widyasari, Kalis juga memberikan pesannya bagi wanita yang mengalami kasus kekerasan dalam pacaran (KDP) yang sedang berada dalam situasi sulit. Dia meminta agar wanita yang bernasib serupa Novia segera melapor ke Komnas Perempuan atau lembaga lainnya agar mendapatkan penanganan yang tepat.

"Teman-teman korban kekerasan dalam pacaran (KDP) yang brasa dalam situasi sulit seperti Novia, silahkan mengakses 2carilayanan @KomnasPerempuan @LBHAPK/pengada layanan lain. Semoga masih banyak harapan buat kalian untuk dapat rumah aman, faslannkes gratis, konseling, bantuan hukum. Please bertahan. Saya butuh kalian agar kita bisa berjuang bersama-sama. Please bertahan," tutupnya.

Unggahan tersebut 472. 542 Likes dan 5.738 komentar. Warganet pun ikut larut dalam kesedihan atas kasus yang menimpa Novia.

"May she be among the beloved Insha'allah. Al Fatihah," ucap selebriti @hannahalrashid.

"Novia saudariku, seandainya kita mengenalmu sedikit lebih cepat, ingin rasanya memeluk dan memberikan dukungan. Kamu abadi di surga, Sayang. 😒," ujar pengguna Instagram @nandreans76.

"Nangis, pengen marah, gak terima banget πŸ’”," sedih akun @xyzhrld.

"Aku baca ceritanya sampek nangis. Miris banget. Jengkel ama keluarganya dan keluarga polisinya itu," saut akun @upikulinnikmah.

"Sedih ya mba.. Kasus riau, unsri, kaya ini puncaknya meskpun masih banyak soal kekerasan seksual yg blm ke angkat... 😒," tutur akun @agungadiitya.

"Sakit hati sekali sebagai sesama perempuanπŸ’”πŸ₯€," timpal akun @fitriaartatiz.

Wolipop sudah mendapatkan izin dari Kalis Mardiasih untuk mengutip suratnya tersebut. Selain surat untuk Novia, Kalis juga mengunggah kabar terbaru terkait status Randy sebagai tersangka.

Dear Novia Widyasari,

Hari ini pemerkosamu resmi menjadi tersangka, dipecat dari Kepolisian dan dijatuhi sanksi sosial oleh publik internet. Semoga kian terang dan tenang jalanmu, kawan tangguh kami semua.

"Selemah-lemah iman yang bisa kita perjuangkan untuk mengantar berpulangnya Novia Widyasari menuju keabadian. #savenoviawidyasari #justicefornoviawidyasari," ucap Kalis.

(gaf/eny)