Pahami Lagi Arti Komitmen Dalam Hubungan Biar Bisa Setia, Nggak Selingkuh

Arina Yulistara - wolipop Senin, 06 Des 2021 08:17 WIB
Ilustrasi arti komitmen dalam hubungan. Foto: dok. tvN Ilustrasi arti komitmen dalam hubungan. Foto: dok. tvN
Jakarta -

Kamu pernah selingkuh saat menjalin hubungan asmara? Mungkin sudah saatnya memahami lagi arti komitmen dalam hubungan agar bisa lebih setia.

Dengan memahami arti komitmen dalam hubungan akan membuatmu lebih bertanggung jawab atas apa yang sudah dijanjikan selama ini bersama pasangan. Kalau arti komitmen dalam hubungan saja tidak bisa diresapi, bagaimana mungkin menjalani ikatan janji suci pernikahan yang hingga kakek-nenek.

Selamanya mungkin kamu akan selalu tidak setia jika tak meresapi apa itu arti komitmen dalam hubungan. Buat kamu yang sedang terikat dalam hubungan asmara baik masih pacaran apalagi sudah menikah, pahami lebih lanjut arti komitmen dalam hubungan.

Setelah memahami arti komitmen dalam hubungan bisa membuatmu lebih sadar akan tanggung jawab kepada diri sendiri maupun pasangan. Kamu juga bisa menjaga hubungan itu sendiri agar lebih sehat serta tidak ada ikut campur orang ketiga.

Di samping itu, kamu pun dapat belajar dengan pasangan untuk memahami arti komitmen dalam hubungan supaya perjalanan kasih kalian selalu langgeng. Yuk memahami dan meresapi arti komitmen dalam hubungan agar bisa selalu setia.

Pasangan IU di drama KoreaIlustrasi arti komitmen dalam hubungan. Foto: (dok. ist)

Arti Komitmen Dalam Hubungan

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti komitmen adalah perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu, kontrak, atau tanggung jawab. Ini berarti arti komitmen dalam hubungan adalah tanggung jawab terhadap hubungan itu sendiri.

Sementara arti komitmen dalam hubungan pernikahan bisa juga berupa perjanjian atau keterikatan untuk melakukan sesuatu bersama pasangan yang disetujui kedua belah pihak. Tak heran jika sering muncul prenuptial agreement atau perjanjian pernikahan sebelum menikah agar kamu dan pasangan bisa lebih berkomitmen (bertanggung jawab).

Kait Scalisi, seorang sex educator bersertifikat asal New York mengatakan bahwa arti komitmen dalam hubungan adalah ketika kamu dan pasangan setuju memiliki masa depan bersama serta sudah didiskusikan sebelumnya.

"Arti komitmen dalam hubungan adalah di mana Anda dan pasangan dengan sengaja mengatakan ya untuk masa depan bersama, dan sudah didahului dengan percakapan tentang harapan, impian, dan rencana masa depan untuk diri sendiri dan hubungan itu sendiri," jelas Kait seperti dilansir dari The Knot.

Kelly Campbell, Ph.D., profesor psikologi di California State University, San Bernardino, meneliti tentang hubungan instan antara teman dan pasangan romantis, mengatakan bahwa penting memahami arti komitmen dalam hubungan. Tidak hanya memahaminya sendiri tapi harus bersama pasangan.

"Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa arti komitmen dalam hubungan bagi diri sendiri dan belajar tentang arti komitmen bagi pasangan Anda. Meskipun arti komitmen dalam hubungan mungkin tampak jelas, penting untuk mendapatkan kejelasan lagi," papar Kelly, mengutip dari Brides.

Sampai sini, sudah paham arti komitmen dalam hubungan? Jika sudah paham, yuk cek apakah kamu dan pasangan telah memiliki hubungan yang berkomitmen atau tidak.

Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Hubungan yang Berkomitmen

Kalau kamu dan pasangan telah memahami arti komitmen dalam hubungan maka cenderung menggambarkan satu sama lain secara positif. Kalian akan meminimalkan kekurangan dan menekankan kelebihan masing-masing di depan orang lain.

Arti komitmen dalam hubungan lanjut di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2