Ini Arti Hubungan Friends With Benefits dan 5 Aturan Saat Menjalaninya

Lukita Wardani - wolipop Selasa, 01 Sep 2020 11:10 WIB
Precious moments of love. Close up portrait of handsome bearded guy kissing his girlfriend in cheek while she hugging him. Lady closing eyes with pleasure and smiling Arti friends with benefits. Foto: iStock
Jakarta -

Kamu pasti pernah dengar tentang friends with benefits (fwb) kan? Tapi tahukah kamu apa sebenarnya arti friends with benefits tersebut?

Melansir dari mydomaine, friends with benefits adalah hubungan di mana dua orang saling berhubungan (biasanya melibatkan seks), namun tidak terikat komitmen satu sama lain dengan cara apapun. Biasanya orang yang terlibat hubungan tersebut hanya ingin mengambil keuntungan dengan menikmati dan menghabiskan waktu bersama namun setelahnya tidak terikat apapun.

Hubungan friends with benefits ini memiliki aturan sendiri bagi para pelakunya. Sebelum kamu memutuskan melakukannya karena biasanya merugikan, ketahui dulu apa saja syarat melakukan friends with benefits:

1. Kamu tidak ingin berkomitmen dengan orang tersebut atau mengharapkan mereka berkomitmen kepada kamu. Untuk melakukannya pelaku friends with benefits perlu memiliki pemahaman yang sama bahwa, saat menjalin hubungan, pasangan kamu tidak akan memberikan dukungan dan perhatian emosional seperti yang biasa ditunjukan oleh pasangan dalam hubungan berkomitmen. Hal itu termasuk kencan formal, memberikan bahu saat menangis, mengenalkan keluarga dan lainnya.

2. Kamu dan pasangan harus mendiskusikan dari awal secara terbuka dan jujur tentang sifat koneksi atau hubungan kalian. Hal tersebut untuk menghindari kebingungan, perasaan sakit hati dan sinyal yang salah diartikan. Dengan begitu koneksi tanpa ikatan bisa sebebas mungkin dari masalah.

Duh! Kisah Kencan Sambil Makan Ini Gagal dan Bikin NgakakIlustrasi friends with benefits. Foto: Istimewa

3. Jangan setuju menjalankan hubungan friends with benefits hanya karena salah satu pihak yang setuju dan bersedia. Untuk menghindari sakit hati di masa mendatang, kamu harus memahami sepenuhnya alasan menjalani hubungan tersebut. Meskipun hubungan friends with benefits bisa saja berubah menjadi yang lebih tapi kemungkinan besar kamu akan patah hati kalau ini menjadi tujuan awal. Jangan taruh ekspektasi terlalu tinggi dengan hubungan friends with benefits.

4. Pahami bahwa pasangan friends with benefist kamu mungkin bersama orang lain. Jika kamu berpikir menjalin hubungan friends with benefits, penting juga untuk diingat bahwa hubungan kalian bukanlah hubungan monogami. Karena faktanya, salah satu di antara kalian bebas berkencan dengan banyak orang. Hubungan ini juga bisa berakhir kapan saja dengan alasan apapun.

5. Hubungan friends with benefits harus memenuhi kebutuhan kamu juga. Jadi kamu juga senang saat berhubungan dan dekat. Tetapi jenis hubungan ini hanya bisa berhasil jika kamu dan pasangan benar-benar puas dengan peraturannya. Misalnya kalian menjalani hubungan friends with benefits tetapi kemudian salah satu di antara kalian kecewa dan menyesal itu tandanya tidak berhasil. Kamu harus melihat jangka panjang sebelum menjalankan hubungan friends with benefit, jika kamu ingin ada komitmen maka mundur adalah solusi terbaik.

Itulah lima aturan dan arti friends with benefits. Jika kamu selama ini merasakan hal-hal di atas dengan seseorang yang sedang dekat denganmu, namun dia tidak pernah menyatakan komitmennya, artinya dia hanya menjadikanmu sebagai friends with benefits. Kalau kamu tidak ingin sakit hati terlalu dalam, sebaiknya sudahi saja jenis hubungan seperti ini.

(eny/eny)