Siapa yang Harus Bayar Saat Kencan: Cewek atau Cowok?

Alfi Kholisdinuka - wolipop Rabu, 24 Nov 2021 16:56 WIB
Nonton Bioskop Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Perkara split bill atau patungan saat kencan sempat ramai dibicarakan di sosial media, ada yang bilang laki-laki harus bayar pertama. Sebaliknya, banyak yang berpendapat bahwa kedua pihak harus membagi tagihan (split bill) saat kencan.

Kendati begitu, kedua pilihan tersebut normal untuk dilakukan oleh siapa saja selama itu hasil dari kesepakatan. Untuk itu, daripada kamu bingung dan cemas menentukan siapa yang harus bayar, alangkah baiknya pahami tips berkencan agar hubungan tetap baik-baik saja. Dilansir dari berbagai sumber, berikut di antaranya.

1. Laki-laki Harus Bayar saat Kencan Pertama

Kencan pertama merupakan salah satu momen yang membahagiakan bagi pasangan yang tengah kasmaran. Pasalnya, pertemuan itu biasanya akan menentukan apakah dua hati akan menjadi satu atau malah sebaliknya satu hati tetapi mendua.

Untuk itu, etikanya laki-laki sebagai calon imam harus bertanggung jawab membayar biaya saat kencan pertama, mulai dari nonton hingga makan. Ini no debate, pasalnya tindakan kecil seperti ini akan membuat diri kamu terlihat mengagumkan di mata perempuan.

2. Pasangan yang Mengajak Pergi Harus Bayar

Bukan rahasia lagi, kalau malam minggu merupakan malamnya orang pacaran. Apalagi, untuk pasangan yang nggak punya banyak waktu di hari Senin hingga Jumat karena kerja, momen ini bisa dimanfaatkan untuk mengajak pasangan bertemu.

Adapun untuk urusan bayar-membayar saat kencan di malam Minggu, baik perempuan atau laki-laki bisa melakukan seperti biasanya atau sesuai kesepakatan yakni yang mengajak yang harus membayar. Tindakan kecil ini tentu akan membuat hubungan menjadi lebih berwarna.

3. Pasangan Ulang Tahun yang Wajib Traktir

Rasa-rasanya sudah menjadi tradisi di Indonesia, bahwa seseorang yang ulang tahun wajib mentraktir. Hal ini tak hanya berlaku bagi teman tapi juga untuk pasangan. Pasalnya, pasangan kamu biasanya menghabiskan banyak biaya untuk memberikan kejutan di momen ini.

Jadi, nggak ada salahnya kalau perempuan atau laki-laki harus membayar biaya kencan saat ulang tahun sendiri. Toh, ini juga demi kebaikan hubungan kamu agar lebih langgeng ke depannya.

4. Bayar Berdua di Momen Tertentu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa tak ada salahnya jika perempuan harus mengeluarkan uang saat kencan. Terlebih, jika kondisi keuangan pasangan kamu sedang nggak baik-baik saja. Namun, yang perlu jadi catatan bahwa laki-laki punya gengsi yang tinggi.

Oleh karenanya, sudah menjadi tugas perempuan untuk meluluhkan kegengsian laki-laki dengan menyiasatinya untuk bayar berdua atau split bill saat kencan. Misalnya, kamu bayar biaya nonton, sedangkan laki-laki bisa traktir makannya. Jadi sama-sama enak bukan?

Itulah tips membayar biaya kencan yang perlu kamu lakukan agar hubungan bisa tetap langgeng. Adapun untuk menghindari kecemasan dan keribetan saat membayar kencan dengan split bill, kamu bisa memanfaatkan dompet digital DANA yang terbukti Bebas Cemas.

DANA Bebas CemasFoto: DANA

Pasalnya, DANA memiliki segudang fitur canggih yang memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk urusan transaksi apapun, kapan pun, di mana pun dan dijamin #BebasCemas. Sebab, DANA punya sistem keamanan DANA Protection yang bisa melindungi identitas diri, Saldo DANA maupun kartu bank yang tersimpan di aplikasi DANA hingga transaksi yang dilakukan.

Menariknya lagi, DANA memberikan 100% garansi uang kembali jika pengguna kehilangan uang yang disebabkan oleh gangguan atau permasalahan pada saat transaksi, tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang bisa Anda cek langsung di aplikasi DANA.

DANA juga memiliki dua sertifikasi yang menjamin transaksi penggunanya, yaitu sertifikasi keamanan informasi ISO 27001:2013 dan sertifikasi keamanan kartu bank yakni PCI DSS (The Payment Card Industry Data Security Standard).

PCI-DSS adalah standar keamanan informasi untuk organisasi yang menangani bank penerbit kartu dan jaringan kartu kredit terkemuka dunia. Sistem keamanan ini dikelola oleh Payment Card Industry Security Standard Council untuk meningkatkan kontrol seputar data untuk mengurangi penipuan kartu kredit.

Yuk download & manfaatkan semua fitur DANA, agar transaksimu lebih mudah, aman dan #BebasCemas, termasuk biar hubunganmu langgeng!



Simak Video "KuTips: Tips Aman Cari Jodoh di Aplikasi Kencan Online"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)