Viral Kisah Haru Pasangan Putus Karena Sama-sama Punya Thalasemia Minor

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 20 Okt 2021 08:00 WIB
Kisah pasangan viral yang terpaksa putus karena keduanya pembawa talasemia minor. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @szasacount.
Jakarta -

Beredar viral di media sosial tentang kisah pasangan yang terpaksa putus hubungan karena mereka jadi pembawa Thalasemia Minor (penyakit kelainan darah). Keduanya pun terlihat berlapang dada dan pasrah.

Kisah tersebut dibagikan oleh akun TikTok @szasaccount. Ia terpaksa mengakhiri hubungannya karena jika dirinya dan sang kekasih menikah, risiko untuk anak mereka kelak akan mengidap Thalasemia Major tinggi.

"Setelah tiga tahun berpacaran. Kami mengetahui bahwa kami berdua memiliki thalasemia minor. Setelah diskusi panjang, kami akhirnya memutuskan untuk putus. Dan ini adalah video hari terakhir kami sebagai pasangan. Pernikahan adiknya. Pelukan terakhir sebagai pasangan," tulis akun TikTok @szasaccount.

@szasaccount please spread awareness about thalasemia #thalasemia #thalasemiaindonesia #breakup #fyp ♬ Pesan Terakhir - Lyodra

Hingga Selasa (19/10/2021) video tersebut sudah ditonton lebih dari 3,4 juta Views, mendapat 365 ribu Likes dan 7.836 komentar. Warganet pun ikut sedih dan salut dengan keputusan pasangan tersebut yang memutuskan mengakhiri hubungan.

"Sumpah ini perpisahan tersakit, pisah dalam keadaan 'sadar', pisah bukan karena masalah, pisah saat sayang, sumpah ini sakit banget. sakit bangeetttt," ucap akun TikTok @ummafathan.

"Video ini jelas kasi edukasi buat kita biar kita lebih aware sebelum kita nikah dan memutuskan punya anak," takjub pengguna TikTok @Hizkia Haryo.

"Ka, thank you yaa udah spread awareness tentang thalasemia. Banyak yang belum paham tentang itu, padahal menurutku penting banget sebelum menikah & punya anak nanti," tutur akun @Lady Ciara.

"Definisi putus baik-baik, demi masa depan yang gak saling menyalahkan satu sama lain dikemudian hari. Dewasa banget ," kagum netizen lainnya.

"Smart banget. Harus dicontoh untuk seluruh pasangan. Checkup lab kedua belah pihak biar tau akan menghasilkan keturunan yang seperti apa dan risiko kedepannya," timpalnya.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah mewawancarai Szasza Gusmantara yang mengunggah video tersebut di TikTok. Ia menuturkan dirinya dan kekasihnya sudah pacaran selama tiga tahun. Dan mereka memutuskan untuk mengakhiri hubungan karena sama-sama memiliki thalasemia minor.

"Thalassemia menjadi alasannya kita putus. Banyak yang berpendapat bahwa itu hanya seputar masalah anak, tapi kenyataannya concern kita berdua nggak cuma di anak tapi juga memikirkan perihal finansial dan masalah yang mungkin akan timbul ketika kita tetap memaksakan untuk bersama," ungkap Sazasza kepada Wolipop, Selasa (19/10/2021).

Ia juga menjelaskan jika dia dan mantan kekasihnya memutuskan tidak melanjutkan hubungan agar tidak menganggu kesehatan. "Karena jika ditarik lebih jauh dan dilihat dari sisi yang lebih besar. Satu masalah yang dibilang orang hanya "thalassemia" bisa memunculkan banyak dampak lainnya yang mungkin tidak kita pikirkan," pungkasnya.

Kisah pasangan viral yang terpaksa putus karena keduanya pembawa talasemia minor.Kisah pasangan viral yang terpaksa putus karena keduanya pembawa talasemia minor. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @szasacount.


Informasi Tentang Thalasemia

Menurut Prof Dr dr Pustika Amalia Wahidayat, SpA., Thalasemia adalah kelainan sel darah merah akibat abnormalitas genetik, diturunkan orangtua kepada anaknya.

Thalasemia memiliki dua jenis yaitu thalasemia minor dan mayor. Menurut Pustika, individu dengan thalasemia minor tidak bergejala atau menunjukkan gejala anemia yang ringan.

Sedangkan untuk thalasemia mayor, umumnya anak mengalami kerusakan sel darah merah serius sehingga transfusi darah harus dilakukan seumur hidup. Kondisi anemia yang dialami oleh anak akan membuat tubuh kekurangan oksigen sehingga tumbuh kembang anak menjadi terganggu dan dapat menyebabkan gagal jantung. Kondisi gagal jantung terjadi akibat beban ekstra yang harus dikerjakan oleh jantung.

Maka dari itu, pemeriksaan kesehatan pranikah adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sedini mungkin. Hal ini bisa mencegah lahirnya anak dengan kelainan thalasemia.

(gaf/eny)