Ini Beda Usia Ideal Pasangan, Lebih dari 10 Tahun Berisiko Tak Langgeng

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 10 Agu 2021 09:02 WIB
LOS ANGELES, CALIFORNIA - Priyanka Chopra dan Nick Jonas di Billboard Music Awards 2021 Foto: Getty Images via AFP/RICH FURY
Jakarta -

Saat ingin memulai hubungan dengan seseorang banyak hal yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kecocokan, karakter, sampai nilai hidup. Tapi ada faktor lain yang juga perlu diperhatikan, yakni perbedaan usia.

Tidak ada resep khusus dalam kesuksesan hubungan, namum jarak usia tertentu menjadi salah satu kontribusi langgengnya hubungan. Lalu adakah batas usia ideal antar pasangan?

Tidak sedikit dari dunia selebriti yang punya pasangan yang beda usianya cukup luas. Seperti Joe Jonas dan Priyanka Chopra yang beda usia 10 tahun. Begitu juga dengan Lady Kitty Spencer, keponakan Lady Diana yang baru-baru ini menikah dengan miliarder yang usianya lebih tua 32 tahun darinya.

Menurut studi yang ditulis di Journal of Population Economics, pasangan dengan jarak umur nol sampai tiga tahun lebih puas dibanding dengan mereka yang berjarak empat sampai enam tahun. Meski begitu, mereka yang berjarak empat sampai enam tahun akan merasa lebih puas dibanding yang jaraknya lebih dari tujuh tahun.

Setuju dengan penelitian tersebut, pakar hubungan Seth Meyers mengklaim bahwa perbedaan usia yang lebih dari 10 tahun akan memiliki lebih banyak tantangan. Hal-hal yang tidak terduga mungkin bisa terjadi.

"Berkencan dengan seseorang yang lebih dari 10 tahun akan menghadirkan tantangan sekarang atau nanti yang akan menambah tantangan yang sudah ada sebelumnya dalam hubungan apapun," ucap Seth Meyers, seperti dikutip dari Glamour.

Menurut pakar pernikahan Rachel Sussman, pasangan yang beda usianya terlalu jauh berisiko dalam banyak hal. Mereka cenderung lebih banyak berkonflik dalam segala hal.

"Belum lagi dengan pihak keluarga dan teman yang tidak menyetujui hubungan tersebut," ucap Rachel.



Simak Video "Jika Jodohku Jauh Lebih Tua Dariku..."
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)