Cara Bantu Teman yang Putus Cinta agar Cepat Move On

Jihaan Khoirunnisa - wolipop Sabtu, 24 Jul 2021 17:45 WIB
Ilustrasi Curhat Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Semua orang pasti tidak ingin mengalami putus cinta. Sebab putus dari pasangan jadi fase yang paling galau dan menyedihkan. Bahkan tak jarang meninggalkan trauma yang mendalam.

Apalagi untuk move on dari hubungan yang sudah terjalin lama tidaklah mudah. Di saat-saat seperti ini, dukungan dari orang terdekat seperti sahabat sangat dibutuhkan untuk membantu meredakan kesedihan orang yang sedang patah hati.

Lalu, kira-kira apa saja ya bentuk dukungan yang bisa membuat perasaan sedih lantaran putus cinta hilang? Berikut 9 cara yang bisa membantu orang terdekat, termasuk sahabat, melalui masa tersuram pasca putus cintanya.

Jika sahabatmu sedang patah hati, yuk, lakukan sejumlah cara berikut untuk memperbaiki suasana hatinya, seperti dilansir dari Elite Dating.

Ajak Dia Ngobrol

Sebagai sahabat baik, kamu bisa coba untuk mengajaknya mengobrol. Biarkan mereka curhat dan menumpahkan segala kesedihan. Kamu cukup menjadi pendengar yang baik, serta tunjukkan bahwa kamu benar-benar memahami perasaannya. Jika sahabatmu ingin menangis, biarkan saja. Kuatkan mereka dengan memberikan pelukan hangat supaya bisa merasa lebih tenang.

Jangan Menyalahkan

Setelah mendengarkan curhat sahabat tentang putus cintanya, mungkin kamu sudah bisa melihat di mana letak kesalahan dan siapa yang melakukannya. Namun, sebaiknya kamu harus menahan dulu. Sebab saat itu bukanlah waktu yang tepat untuk membahas kesalahan dalam hubungan percintaan mereka. Bisa jadi pendapatmu justru disalahartikan.

Hindari Membandingkan

Kondisi hubungan setiap pasangan tidak sama. Hubungan kamu dan pasangan tidak bisa disamakan dengan hubungan percintaan sahabat. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari membanding-bandingan sebuah hubungan percintaan.

Apalagi dengan membandingkan akan membuat mereka merasa kamu hanya ingin menceritakan hubunganmu dengan pacar. Bukan hadir untuk membantu mereka move on dari putus cinta.

Rutin Mengecek Kondisinya, tapi Ingat Batasan

Kehadiran sahabat sangat dibutuhkan apalagi setelah hubungan dengan orang yang tersayang kandas di tengah jalan. Untuk menghibur sahabat kamu nggak harus selalu hadir secara fisik. Kamu bisa menemaninya dengan mengirimkan pesan singkat agar ia tidak merasa sendiri.

Namun, kamu juga tetap perlu memperhatikan batasan kemampuan diri. Apabila menemukan kesulitan untuk membantu sahabat, kamu bisa menyarankannya untuk mendapatkan bantuan dari seorang ahli seperti psikolog lewat konseling atau terapi.

Beri Ruang untuk Sendiri

Tiap orang punya cara berbeda untuk mengatasi permasalahannya masing-masing. Jika sahabatmu bukan tipe orang yang curhat untuk membuat suasana hati mereka membaik, maka biarkan saja. Beri jeda dan waktu untuk dia menenangkan diri. Siapa tahu ia hanya perlu waktu dan ruang sendiri untuk memulihkan perasaan sakit hatinya tersebut.

Atau kamu juga bisa menunjukkan kepedulianmu sebagai sahabat dengan ikutan #NyatakanDenganFranknCo challenge dari Frank & co! Lewat kampanye ini, kamu bisa menunjukkan bahwa sebagai sahabat kamu peduli dan tetap setia menemaninya dalam keadaan apapun. Sebab tidak hanya rasa sayang saja yang perlu dinyatakan, tapi dukungan serta kepedulian terhadap orang lain juga perlu disampaikan.

Caranya mudah, cukup pilih 1 dari 2 kategori pernyataan perasaan. Pertama, #CoverCintanyaAku dengan cara membuat cover lagu Arsy Widianto dan Tiara Andini berjudul 'Cintanya Aku' sekreatif mungkin. Namun sebelum mulai bernyanyi, nyatakan perasaanmu dulu dan sebutkan nama orang yang kamu tuju.

Lalu, upload video kamu ke Instagram. Tag akun @franknco_id, dan sertakan hashtag #NyatakanDenganFranknCo dan #CoverCintanyaAku. Jangan lupa mention orang yang kamu tuju pada caption dan pastikan kamu sudah mem-follow akun Instagram @franknco_id, @indomusikgram dan akunmu tidak dikunci.

Kedua yaitu challenge #DuetCintanyaAku dari akun TikTok @indomutiktok atau download template yang telah disediakan di bit.ly/nyatakandenganfranknco. Selanjutnya, nyatakan perasaanmu pada bagian intro dan sebutkan nama orang yang dituju.

Kemudian upload video ke Instagram, tag @franknco_id serta gunakan hashtag #NyatakanDenganFranknCo dan #DuetCintanyaAku. Mention juga orang yang kamu tuju pada caption, ya.

Dengan ikutan challenge ini, kamu punya kesempatan untuk menang hadiah, lho. Ada Cincin Berlian Alegria dan hadiah Rp 1 juta untuk 5 pemenang #CoverCintanyaAku. Sementara untuk 10 pemenang #DuetCintanyaAku bisa mendapatkan hadiah berupa uang senilai Rp 1 juta dan hamper spesial Frank & co.

Jadi, tunggu apa lagi, segara ikutan challenge-nya sebelum 28 Juli 2021 untuk bawa pulang deretan hadiah menariknya! Oh iya, challenge ini tidak terbatas untuk menyatakan jatuh cinta saja ya, tapi juga ucapan terima kasih, menyatakan janji, dan ungkapan perasaan lainnya.

(ncm/ega)