Cara Jadi Menantu Idaman yang Disayang Mertua

Inkana Putri - wolipop Kamis, 22 Jul 2021 11:35 WIB
Ilustrasi menantu mertua Foto: Shutterstock
Jakarta -

Setelah menikah, keluarga pasangan tentunya akan jadi bagian dari keluargamu juga. Dengan begitu, bakti sebagai seorang istri tak hanya pada suami dan orang tua kandung, tetapi juga mertua.

Namun, tak jarang menantu wanita yang mengalami ketegangan atau tak akur dengan ibu mertua. Namun, hal ini sebenarnya dapat dihindari dengan menjalin hubungan yang rukun dan harmonis.

Penasaran cara biar jadi sosok menantu idaman yang disayang mertua? Melansir berbagai sumber, berikut hal-hal yang bisa bikin kamu jadi menantu idaman.

1. Lebih Peka

Ibu mertua sering kali memiliki perasaan sensitif saat ada orang lain yang menjadi pusat daya tarik kehidupan putranya. Apalagi mereka telah menghabiskan waktu yang lama untuk mengurus putranya. Untuk itu, cobalah untuk lebih peka terhadapnya. Jangan mencoba bersaing merebut perhatian suami atau bahkan menjauhkan suami dari ibu mertua. Hal ini tentu akan melukai perasaan ibu mertuamu.

2. Beri Perhatian

Saat ibu mertua kamu ada di rumah, cobalah untuk beria dia perhatian. Duduk dan ajak dirinya mengobrol tentang kesehariannya. Kamu juga bisa ajak dirinya berkeliling atau mengunjungi tempat tertentu. Jika dia ingin membantu kamu menyiapkan makanan, biarkan dia. Hal ini bisa jadi momen untuk saling mengenal dan memahami lebih baik satu sama lain.

3. Dengarkan Nasehat

Ibu mertua tentu memiliki pengalaman berumah tangga bertahun-tahun. Jadi, jangan ragu untuk menerima saran dan nasehatnya. Beberapa nasehat mungkin tidak sejalan dengan pendirian kamu, namun ada baiknya tetap terbuka terhadap hal tersebut. Setidaknya dengarkan, tunjukkan rasa hormat, dan jangan menganggap saran apa pun sebagai serangan atau sindiran.

4. Beri Waktu Bersama Cucu

Saat ibu mertua ingin merawat anak-anak Anda, jangan coba untuk melarangnya. Biarkanlah dia menghabiskan waktunya dengan cucu. Pasalnya, beberapa ibu mertua sering menganggap cucu lebih penting dibanding anaknya sendiri. Jika gaya parenting kamu berbeda dengan ibu mertua, cobalah untuk diskusikan dengan bahasa yang baik. Hindari menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung atau menyakiti perasaannya.

5. Berlaku Adil

Saat menikah, ibu mertua telah resmi menjadi orang tua kamu. Untuk itu, ada baiknya memperlakukan ibu mertua dan ibu kamu secara adil. Misalnya, kamu bisa berikan kado untuk ibu mertua layaknya kamu memberi hadiah ulang tahun ke ibu kamu. Jika tinggal di tempat berbeda, kunjungilah keduanya dengan frekuensi yang sama. Ini tentunya akan membuat ibu mertua kamu merasa lebih diperhatikan.

Nah itulah beberapa cara agar ibu mertua sayang kepada kamu. Selain sejumlah tips di atas, kamu juga bisa memberikan kado untuk mertua sebagai ucapan terima kasih karena telah membesarkan pasangan.

Yuk, tunjukkan bakti dan rasa sayang terhadap mertua dengan ikutan #NyatakanDenganFranknCo challenge! Lewat kampanye ini, Frank & co. mengajak kamu untuk berani menyatakan rasa sayang kepada siapa pun, termasuk ibu mertua lewat alunan lagu.

Caranya mudah, cukup pilih 1 dari 2 kategori pernyataan perasaan. Pertama, #CoverCintanyaAku dengan cara membuat cover lagu Arsy Widianto dan Tiara Andini berjudul 'Cintanya Aku' sekreatif mungkin. Namun sebelum mulai bernyanyi, nyatakan perasaanmu dulu dan sebutkan nama orang yang kamu tuju.

Lalu, upload video kamu ke Instagram. Tag akun @franknco_id, dan sertakan hashtag #NyatakanDenganFranknCo dan #CoverCintanyaAku. Jangan lupa mention orang yang kamu tuju pada caption dan pastikan kamu sudah mem-follow akun Instagram @franknco_id, @indomusikgram dan akunmu tidak dikunci.

Kedua yaitu challenge #DuetCintanyaAku dari akun TikTok @indomutiktok atau download template yang telah disediakan di bit.ly/nyatakandenganfranknco. Selanjutnya, nyatakan perasaanmu pada bagian intro dan sebutkan nama orang yang dituju.

Kemudian upload video ke Instagram, tag @franknco_id serta gunakan hashtag #NyatakanDenganFranknCo dan #DuetCintanyaAku. Mention juga orang yang kamu tuju pada caption, ya.

Dengan ikutan challenge ini, kamu punya kesempatan untuk menang hadiah, lho. Ada Cincin Berlian Alegria dan hadiah Rp 1 juta untuk 5 pemenang #CoverCintanyaAku. Sementara untuk 10 pemenang #DuetCintanyaAku bisa mendapatkan hadiah berupa uang senilai Rp 1 juta dan hamper spesial Frank & co.

Jadi, tunggu apa lagi, segara ikutan challenge-nya sebelum 28 Juli 2021 untuk bawa pulang deretan hadiah menarik tadi! Oh iya, challenge ini tidak terbatas untuk menyatakan jatuh cinta saja ya, tapi juga ucapan terima kasih, menyatakan janji, dan ungkapan perasaan lainnya.

(akn/eny)