Ketika Anak Hamil di Luar Nikah, Ini yang Sebaiknya Dilakukan Orangtua

Tim Mommiesdaily - wolipop Minggu, 13 Jun 2021 15:36 WIB
young woman with pregnancy test kit Ketika anak hamil di luar nikah. Foto: thinkstock
Jakarta -

Kasus anak hamil di luar nikah kerap dianggap tabu. Nyatanya peristiwa ini terjadi dalam kehidupan dan bisa saja dialami orang-orang terdekat.

Ketika kasus anak hamil di luar nikah dianggap tabu, orangtua atau pihak keluarga berusaha menutup-nutupi masalah tersebut karena dianggap aib. Pastinya memang orangtua dan keluarga akan kecewa ketika peristiwa tersebut terjadi.

Berbagai perasaan berkecamuk mulai dari merasa malu, gagal hingga harus siap menerima omongan tetangga atau keluarga lainnya. Dan saat hal ini terjadi orangtua cenderung melakukan keputusan sepihak tanpa adanya diskusi dengan anak.

Lantas apa yang sebaiknya dilakukan ketika anak hamil di luar nikah terjadi?

Kepada MommiesDaily.com, Psikolog Anak dan Remaja Firesta Farizal, M.Psi, Psikolog,memberikan penjelasan bagaimana orangtua harus bersikap jika menghadapi hal seperti ini. Berikut uraiannya:

Tes kehamilanilustrasi hamil di luar nikah Foto: Thinkstock

1. Apa saja yang bisa menjadi penyebab seorang anak nekat atau tergiur untuk melakukan hubungan seksual pranikah?

Faktornya sangat beragam. Seperti kita ketahui, memasuki di masa remaja, anak-anak sudah mulai tertarik dengan lawan jenis. Dalam diri mereka sudah tumbuh dorongan dan kebutuhan untuk eksplorasi dan mencari tahu hal-hal yang terkait dengan seksualitas. Penyebabnya bisa multifaktor, tapi bila dibuat simpel, ada tiga hal yang menjadi penyebabnya:

Faktor pendidikan seksual: ada kemungkinan kurangnya pendidikan seks yang diberikan ke anak oleh orang tua.

Faktor hubungan anak orangtua: misalnya, kurang komunikasi, pengawasan, pendampingan dari orang tua ke anak sehingga anak cukup leluasa melakukan banyak hal tanpa pengawasan orang tua sehingga akhirnya anak melangkah terlalu jauh.

Faktor psikis dan karakter anak: misalnya anak adalah tipe yang sulit untuk bilang tidak atau sangat bergantung dengan pacarnya.

2. Apakah bisa dikatakan ada unsur atau andil kelalaian orangtua saat anak hamil di luar nikah?

Mungkin saja, tapi ini bukan untuk menghakimi orangtua, ya! Remaja belum betul-betul bisa memikirkan segala sesuatu dalam jangka panjang. Masih impulsif, masih dalam tahap berusaha mengontrol dan meregulasi dirinya.

Tentunya pada masa ini, mereka masih perlu sekali pendampingan orang tua. Namun, ada pula kasus di mana orang tua sudah sangat dekat dan percaya sekali dengan anak, malah terjadi. Biasanya ini semacam "kecolongan" atau ada hal yang luput dari perhatian orangtua.

Jika sudah terlanjur hamil di luar nikah apa yang harus dilakukan orangtua? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca penjelasan dari psikolog.

(eny/eny)