Piyama atau Lingerie? Ini Tipe Kepribadian Berdasarkan Baju Tidur Favorit

Hestianingsih - wolipop Jumat, 21 Mei 2021 19:30 WIB
Beautiful Caucasian brunette in blue pajamas and with eyeglasses using tablet while sitting on the floor in bedroom. On floor is breeakfast. Morning time. Foto: iStock
Jakarta -

Kenyamanan adalah nomor satu untuk urusan memilih baju tidur. Tapi di samping nyaman, model baju tidur, biasanya juga jadi pertimbangan.

Sebagian orang menyukai baju tidur stylish seperti piyama dengan motif-motif atraktif. Sebagian lagi lebih nyaman memakai daster atau kaus dan celana pendek, bahkan ada yang lebih suka tidur tanpa busana.

Tahukah kamu, pemilihan baju tidur ternyata bisa menggambarkan sedikit banyak tentang kepribadian seseorang? Bahkan sudah ada penjelasan logisnya dalam ilmu psikologi.

Ini dia jenis-jenis baju tidur favorit yang mengungkapkan karakter pemakainya, seperti dikutip dari Daily Mail.

1. Setelan Piyama Berkancing

Photo of relaxed young European lady in pyjamas enjoys audio playlist, listens music romantic songs in earphones, uses modern cell phone, sits on comfortable bed against domestic atmosphere.Ilustrasi wanita memakai piyama. Foto: Getty Images/iStockphoto/Viorel Kurnosov

Bisa dibilang setelan piyama dengan kancing di depan merupakan baju tidur paling umum dan klasik. Orang yang menyukai busana tidur model ini mengindikasikan bahwa dia sangat memedulikan kesehatan dan kebersihan diri. Selain itu kemampuan organisasinya juga baik.

"Banyak orang yang suka memakai piyama berkancing cenderung punya bakat organisasi yang baik, tapi di sisi lain juga takut jika dia tidak bisa memegang kontrol penuh terhadap situasi tertentu," terang psikolog klinis Dr Matilda Moffett, seperti dikutip dari Daily Mail.

2. Setelan Satin atau Sutera

Ilustrasi wanita memakai baju tidur satin.Ilustrasi wanita memakai baju tidur satin. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tharakorn

Setelan piyama berupa kamisol dan celana berbahan licin seperti satin atau sutera juga salah satu baju tidur klasik. Penyuka busana tidur model ini menandakan dia orang yang aspiratif dan tradisional.

Menurut Dr Matilda, orang yang suka memakai piyama satin atau sutera cenderung ambisius dan ingin selalu mencapai sesuatun yang lebih dari target. Bahkan terkadang lebih mementingkan karier dibandingkan kebahagiaannya sendiri.

"Satin dan sutera adalah benda-benda yang aspiratif. Lewat sejarah mereka merefleksikan kehebatan dan kesuksesan," jelas Dr Matilda.

3. Baby Doll atau Lingerie Seksi

Ilustrasi wanita memakai babydoll.Ilustrasi wanita memakai babydoll. Foto: Getty Images/iStockphoto/KrisCole

Orang yang menyukai baju tidur bergaya feminin, seksi dan girlie ini biasanya punya kepercayaan diri tinggi dan mencintai dirinya sendiri. Mereka juga senang jika pencapaiannya diakui.

"Anda cenderung ingin jadi pusat perhatian," tuturnya.

"Membeli dan memakai model baju tidur seperti ini merefleksikan bahwa dia ingin dikagumi dan diinginkan," lanjutnya.

4. Kaus Longgar dan Celana Pendek

Ilustrasi wanita memakai kaus.Ilustrasi wanita memakai kaus. Foto: Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudios

"Kaus longgar bisa mengindikasikan bahwa kamu adalah individu yang berjiwa bebas. Nyaman dengan diri sendiri, tujuan kamu adalah menjalani hidup sesuai aturanmu sendiri," ucap Dr Matilda.

Kaus longgar merupakan gambaran bahwa kamu tidak terlalu peduli dengan opini atau pandangan orang lain. Intinya kamu sudah sangat nyaman dengan dirimu apa adanya, tanpa harus ada pembuktian ke orang lain.

5. Tidur Tanpa Busana

Sebagian orang ada yang merasa nyaman tidur tanpa busana, hanya dilapisi selimut yang nyaman. Pilihan 'busana' seperti ini ternyata juga mengandung arti. Biasanya mereka adalah orang-orang yang sudah mencapai kepuasan dalam berbagai aspek hidup.

"Banyak orang yang suka tidur telanjang sudah tidak takut lagi akan penilaian orang dan menganggap opini mereka lebih baik dari lainnya," ucap Dr Matilda.

Tidur tanpa busana juga mengindikasikan dia sudah nyaman dengan tubuhnya sendiri. Termasuk jika ada bekas luka atau cacat.

"Mereka bangga dengan ketidaksempurnaan, sama seperti mereka bangga dengan keunggulan fisik mereka," pungkasnya.

Jadi, seperti apa baju tidur favorit kamu?

(hst/hst)