Penelitian Ungkap Alasan Wanita Lebih Tertarik Pada Pria yang Jarang Senyum

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 22 Apr 2021 08:35 WIB
LOS ANGELES, CA - OCTOBER 20:  Robert Pattinson attends the GO Campaign Gala 2018 at City Market Social House on October 20, 2018 in Los Angeles, California.  (Photo by David Livingston/Getty Images) Foto: Getty Images
Jakarta -

Senyuman bisa menjadi salah satu hal yang memikat seseorang untuk jatuh cinta. Tapi tampaknya hal tersebut tak selalu berlaku untuk wanita. Berdasarkan penelitian, pria yang terlalu banyak senyum justru kurang menarik bagi mereka. Tidak bermaksud mendorong pria untuk bersikap jutek dan menahan senyum tapi memang ada alasan di baliknya berdasarkan penelitian.

Pria dan wanita punya pendapat berbeda mengenai faktor-faktor fisik yang membuat mereka tertarik satu sama lain. Menurut penelitian mengenai ekspresi non verbal yang dilakukan oleh Universitas British Columbia, terungkap jika pria bisa terlihat kurang menarik ketika banyak menampilkan senyuman. Sedangkan di sisi lain pria lebih memilih wanita yang tersenyum. Apa sebabnya?

Dalam studi yang melibatkan seribu orang dewasa ini, para partisipan diminta untuk menilai foto pria seperti apa yang tampaknya akan menjadi pacar atau suami yang baik. Cukup mengejutkan bahwa respon pertama wanita bukanlah berpikir siapa yang punya kepribadian paling baik. Insting pertama mereka adalah memilih pria yang tampak berdaya tapi cemberut atau muram.

Dikatakan bahwa wanita hingga zaman ini masih cenderung tertarik dengan pria yang tampak seperti bad boy. Sesuai dengan berbagai teori, wanita menyukai pria yang menampilkan kebanggaan atau kekuatan karena itu melambangkan status dan kemampuan untuk menafkahi sebagai pasangan.

Ekspresi pride atau kebanggaan itu lah yang sering dilihat sebagai fitur maskulin. Dan maskulinitas merupakan salah satu hal yang membuat kebanyakan wanita tertarik pada pria.

Sedangkan menurut studi psikologis dan sosio-kultural, norma gender memang bisa mempengaruhi apa yang tampak menarik bagi seseorang. Bagi wanita mungkin pria yang terlalu banyak senyum menandakan ia kurang mendominasi. Sedangkan wanita yang tersenyum tampak menurut dan rapuh sehingga mereka sukai. Adapun pria yang tidak terlalu banyak bicara atau berekspresi dinilai lebih kuat. Tapi tentu hal tersebut hanyalah stereotip saja.

Selain terlihat kurang maskulin, pria dengan penampilan 'dark' dianggap punya performa lebih baik. Menariknya, sikap yang dianggap kurang baik seperti narsis justru diasosiasikan dengan kesehatan fisik dan psikologi pada pria. Karena itu, pria berwajah muram dengan kesan bangga atau narsis kadang tampak lebih menarik bagi wanita. Namun sayangnya hal tersebut tidak selalu berarti bagus karena justru kurang diasosiasikan dengan kesuksesan secara reproduksi. Kamu pilih pria murah senyum atau cemberut?

(ami/ami)