5 Kalimat Pujian yang Justru Bisa Bikin Orang Tersinggung

Hestianingsih - wolipop Kamis, 29 Okt 2020 08:00 WIB
Seorang pria sedang berbisik kepada teman perempuannya. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Siapa yang tidak suka dipuji? Kalimat pujian bisa membuat hati seseorang lebih senang bahkan membuat hari mereka terasa lebih baik.

Tapi ternyata tidak semua bentuk pujian berdampak positif. Jika dilontarkan di waktu atau orang yang tidak tepat justru bisa membuat tersinggung.

Ini lima kalimat pujian yang bisa membuat orang merasa tidak nyaman bahkan sakit hati.

1. "Potong rambut ya? Bagus jadi kelihatan lebih muda!"

Orang umumnya senang jika penampilan barunya dipuji. Tapi sebaiknya jangan menambahkan kata-kata seperti, 'potongan rambutmu membuat kamu terlihat lebih muda'.

Hal tersebut bisa ditangkap seolah-olah selama ini penampilan rambutnya membuat dia terlihat tua. Psikolog Wyatt Fisher menyarankan, cukup memujinya dengan kata-kata, 'potongan rambut kamu bagus' atau 'model rambut barunya cocok di wajah kamu.'

2. "Kamu orang yang tangguh dan kuat!"

Kalimat pujian ini sebaiknya tidak diucapkan saat memberi dukungan kepada seseorang yang sedang mengalami masa sulit. Bukannya meringankan hati tapi justru semakin mengingatkannya akan situasi atau momen sedih.

Menurut pakar kesehatan mental Caleb Backe, terkadang orang hanya ingin bertahan tanpa harus dipandang bahwa mereka kuat atau tangguh. Bahkan mungkin saja dia tidak sekuat yang dipikirkan orang dan justru ingin meluapkan sisi lemahnya.

3. "Kamu cantik banget!"

Siapa yang tidak suka dipuji cantik? Tentu banyak orang ingin mendapat pujian seperti itu. Tapi berkomentar tentang betapa cantik atau menariknya seseorang yang baru dikenal atau bahkan asing justru akan membuat suasana jadi canggung.

Kamu bisa memuji kecantikan seseorang jika hubungan sudah cukup dekat. Misalnya teman, keluarga atau rekan kerja. Jika kamu baru saja berkenalan dan langsung mengatakan kalau dia, 'cantik banget', 'keren banget', 'luar biasa bagus' justru dia akan merasa kurang nyaman dan menganggapmu berlebihan.

4. "Kamu terlihat cantik/tampan untuk orang seusiamu."

Mengucapkan pujian seperti ini sama saja dengan kamu mengatakan bahwa mereka sebenarnya tidak cantik atau menarik secara umum. Tapi hanya jika dibandingkan dengan orang-orang seusianya.

"Sebaiknya tidak usah menambahkan 'untuk orang seusiamu' tapi bilang saja 'kamu terlihat bagus,'" kata penulis Unconditional Truth Travis Chapman, seperti dikutip dari Reader's Digest.

5. "Kamu cantik banget kalau pakai makeup."

Pujian ini seolah mengatakan kalau dia tidak cantik saat tampil natural atau tanpa makeup. Bukannya merasa terpuji dia justru bisa tersinggung.

Jika ingin memuji makeup seseorang, cukup katakan kalau riasan wajahnya bagus atau dia berbakat dalam ber-makeup. Tak perlu menambahkan 'bumbu-bumbu' yang tidak perlu.

Itulah lima kalimat pujian yang bisa membuat orang tersinggung. Jadi lebih hati-hati ya dalam memuji seseorang.



Simak Video "Virtual Meeting Jadi Angin Segar Bagi EO di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)