Terbukti Secara Ilmiah, Wajah yang Bikin Pria Langsung Sadar Kamu Naksir Dia

Hestianingsih - wolipop Selasa, 06 Okt 2020 17:48 WIB
ilustrasi pasangan Foto: iStock
Jakarta -

Bahasa tubuh jadi faktor penting saat dua orang melakukan PDKT atau pendekatan. Di samping kata-kata rayuan manis, cara kita bersikap pun ikut menentukan daya tarik, terhadap lawan bicara.

Seni merayu saat PDKT ini ternyata ada ilmunya. Para ilmuwan di University of Kansas telah menemukan teknik merayu atau flirting yang efektif bagi wanita saat PDKT dengan pria berdasarkan ilmu ilmiah.

Secara alamiah, wanita cenderung menggunakan sinyal-sinyal yang umum ketika merayu pria. Bahasa tubuh inilah yang membuat pria sadar kalau sosok yang ada di depannya sedang menunjukkan ketertarikan. Seperti apa?

Dilansir dari Metro.co.uk, teknik flirting paling efektif meliputi gerakan kepala, senyuman dan sorot mata. Saat PDKT, para peneliti menyarankan, agar memiringkan kepala ke samping --kiri maupun kanan-- dan sedikit menunduk. Berikanlah senyuman tipis dan tataplah langsung matanya ketika bercakap-cakap. Bukan dengan sorot mata tajam tapi lebih terlihat fokus kepada lawan bicara.

Berdasarkan penelitian, gerak tubuh dan ekspresi wajah seperti ini paling efektif mengaktifkan 'radar' tentang hubungan romantis dan seks di otak pria. Dengan begitu mereka akan sadar bahwa seseorang yang ada di hadapannya naksir padanya.

Peneliti menggunakan metode yang dinamakan sistem Facial Action Coding untuk mendefinisikan 'wajah merayu yang paling sempurna'. Dalam artian, ekspresi wajah tersebut akan langsung dipersepsikan pria sebagai petunjuk yang seolah mengatakan, 'aku naksir/tertarik padamu'.

"Dari enam studi, kami menemukan kebanyakan pria bisa mengenali ekspresi wajah tertentu wanita yang merepresentasikan sebuah rayuan. Dia punya morfologi (bahasa) yang unik, membedakan dari ekspresi dengan fitur yang serupa --misalnya senyuman-- tapi tidak dipersepsikan sebagai rayuan bagi pria," jelas Profesor Psikologi University of Kansas Omri Gillath.

Jadi jika kamu berniat menunjukkan ketertarikan pada pria yang ditaksir, mungkin bisa coba tiga teknik ini. Miringkan kepala ke samping dan condongkan sedikit ke bawah, berikan senyum tipis yang manis, serta tatap matanya dengan tulus.

(hst/hst)