Panseksual, Mengenal Arti dan Perbedaannya dengan Orientasi Seks Lain

Hestianingsih - wolipop Senin, 12 Okt 2020 19:00 WIB
Brunei hari ini terapkan hukuman rajam LGBT hingga tewas, kaum gay merasa takut Foto: BBC World
Jakarta -

Istilah panseksual sempat banyak jadi perbincangan karena dilontarkan sejumlah selebriti. Mulai dari Miley Cyrus, Cara Delevingne hingga cosplayer Indonesia Lola Zieta mengaku sebagai panseksual.

"Saya akan tetap, sepertinya, menjadi panseksual," kata Cara Delevingne saat diwawancara Variety.

Apa itu panseksual?

Panseksual adalah orientasi seks yang tidak memandang seseorang berdasarkan gender. Seorang panseksual tertarik pada individu, jiwa dan kepribadian terlepas dari apakah mereka pria, wanita, transgender, dan sebagainya.

Prefiks 'pan' dalam kata panseksual sendiri berasal dari terminologi Yunani yang berarti 'semua'. Panseksualitas adalah kata benda, dan panseksual, bisa digunakan sebagai sebutan sebuah objek atau kata sifat untuk mendeskripsikan seseorang yang memiliki orientasi seks tersebut.

"Tidak ada definisi yang pasti untuk panseksualitas, dan orang-orang yang diidentifikasikan sebagai panseksual mungkin harus bersiap memberikan penjelasan tentang identitas seks ini kepada mereka yang masih bingung tentang implikasinya (dalam menjalin hubungan)," kata seksolog Carol Queen, seperti dikutip dari Teen Vogue.

Miley CyrusMiley Cyrus mengaku panseksual. Foto: Dok. Instagram/mileycyrus

Kapan Orang-orang Penasaran dengan Istilah Panseksual?

Dilansir Independent, istilah panseksual mulai banyak muncul pada 2015. Google mencatat ada peningkatan tren pencarian kata 'panseksual' pada Agustus, tak berapa lama setelah Miley Cyrus menyatakan kalau dirinya panseksual, kepada majalah Elle UK.

Miley Cyrus dan Cara Delevingne yang merupakan ikon budaya pop membuat kaum millennial dan Gen Z penasaran dengan kata tersebut dan mulai mencarinya di internet. Dari situlah istilah panseksual mulai menuai perhatian banyak orang.

Panseksual Berbeda dengan Biseksual

Panseksual berbeda dari biseksual tapi sering kali dipahami keliru oleh kebanyakan orang yang melihatnya punya kesamaan. Secara terminologi, 'bi' berarti 'dua'. Jadi bisa didefinisikan biseksual adalah mereka yang tertarik kepada lebih dari satu gender (biasanya dua), baik itu pria, wanita, transgender atau agender. Tapi mereka masih melihat 'gender' sebagai dasar ketetarikan seksual.

Sedangkan panseksual, seperti yang sudah dijelaskan di atas, 'tidak melihat gender'. Para panseksual bisa jatuh cinta pada individu karena cara bicaranya, pembawaan diri, kepribadian, penampilan atau hal-hal lainnya yang tak berkaitan dengan gender. Singkatnya, yang mereka utamakan adalah energi, getaran dan kesan yang dibawa orang tersebut saat memasuki ruangan atau berbincang.

LONDON, ENGLAND - AUGUST 28:  Cara Delevingne attends the Amazon Original series Cara Delevingne mengaku panseksual. Foto: Gareth Cattermole/Getty Images

Selebriti yang Mengaku Panseksual

Selain Miley Cyrus dan Cara Delevingne, sejumlah selebriti juga blak-blakan mengaku kalau mereka adalah panseksual. Beberapa di antaranya Penyanyi dan aktris Janelle Monae, penyanyi Angel Haze, aktris Bella Thorne dan Kristen Stewart.

Kepada majalah Nylon, Kristen Stewart yang pernah berpacaran dengan aktor Robert Pattinson dan aktris cantik Stella Maxwell, menyatakan bahwa dalam tiga hingga empat tahun ke depan ada kemungkinan lebih banyak orang yang menjalin hubungan asmara tanpa mempersoalkan gender.

"Akan ada lebih banyak orang yang tidak terlalu mementingkan apakah kamu gay atau straight. Seperti, ya sudah jalani saja sesuai yang kamu inginkan," tuturnya tentang panseksual.



Simak Video "Melania Trump Masih Batuk-batuk Usai Sembuh dari Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)