Mengungkap Kebiasaan Gen Z dari Fitur Tinder 'Swipe Night'

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 09 Okt 2020 19:37 WIB
Staycation Jadi Tren Kekinian Bagi Milennial dan Gen Z Foto: iStock
Jakarta -

Gen Z atau generasi Z adalah generasi setelah gen Y atau milenial. Gen Z didefinisikan sebagai orang-orang yang lahir dalam rentang tahun kelahiran 1998 sampai 2010. Kebiasaan gen Z dan generasi-generasi lainnya pun ada perbedaan.

Dalam sebuah penelitian yang dilihat dari fitur aplikasi Tinder terbaru 'Swipe Night', terungkap kebiasaan gen Z. Swipe Night adalah serial interaktif garapan Tinder, di mana kamu adalah bagian dari cerita itu sendiri. Kamu akan menentukan pilihan dan mengambil keputusan untuk menentukan akhir dari ceritamu dalam petualangan tersebut.

Pilihanmu juga akan menentukan siapa pasangan yang match denganmu. Selama game, kamu bisa menggunakan topik tersebut untuk mengobrol. Tinder pun telah melakukan riset kebiasaan-kebiasaan gen Z yang dilihat dari serial petualangan tersebut.

1. Gen Z Sangat Memahami Digital
Dalam penelitian berdasarkan serial interaktif Swipe Night di Tinder, disebutkan bahwa 31% Gen Z Indonesia yang menonton Swipe Night di Tinder lebih melek dengan digital. Mereka mengunggah foto komet di Instagram. Berbeda dengan penonton milenial yang 27%. Lahir dan hidup di dunia digital membuat generasi Z merasa nyaman dan menyatu dengan dunia digital.

2. Gen Z Suka Menolong
Karakter penolong gen Z terlihat saat mengikuti serial interaktif tersebut. Sebanyak 60% dari mereka memilih memberikan tumpangan kepada orang asing yang mereka temui di jalan. Selain itu 60% wanita berusaha menyelamatkan hidup pria, serta menghentikan perkelahian.

3. Gen Z Menghargai Teman & Orang Spesial
Gen Z menghargai pentingnya teman dan orang spesial. Dari alur cerita Swipe Night, 65% gen Z berakhir dengan menemukan orang yang spesial. Sementara hanya 35% yang memutuskan hanya untuk berpesta. Bisa dikatakan bahwa gen Z lebih senang membangun hubungan spesial.

4. Membangun Hubungan Spesial Bukan Berarti Jadi Kekasih
Karena sebagian besar penonton Swipe Night dari kelompok Gen Z akhirnya memilih menghabiskan detik-detik terakhir mereka dengan teman-teman terbaik (56% berakhir dengan 'Love for the Homies') dan memilih untuk menyaksikan komet jatuh bersama teman (85%) dibandingkan menyaksikannya sendiri (15%).

5. Gen Z Dekat dengan Pop Culture
Gen Z sangat dekat dengan pop culture. Terlihat dari referensi gen Z dengan budaya populer. Budaya pop dan meme sangat sangat tertanam. Terbukti 57% gen Z memilih kata-kata 'I Love You 3000' yang merupakan referensi dari film Avengers Endgame dibanding kata aku cinta kamu yang sederhana.



Simak Video "Awas! Jerat Fakboi di Aplikasi Kencan"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)