Gen Z dan Milenial, Apa Perbedaannya?

Puti Yasmin - wolipop Jumat, 09 Okt 2020 18:00 WIB
Staycation Jadi Tren Kekinian Bagi Milennial dan Gen Z Foto: iStock/Gen Z dan Milenial, Apa Perbedaannya?
Jakarta -

Ada banyak yang mengira gen Z dan milenial sama. Padahal, kenyataannya menurut ahli generasi ini berbeda sekali. Nah, apa saja perbedaannya?

Pada dasarnya, gen milenial jauh lebih dahulu dibanding dengan gen Z. Mereka yang lahir di rentang waktu 1980-1995 disebut dengan milenial atau generasi Y.

Sedangkan, gen Z tahun berapa? Tentu saja, predikat ini akan melekat pada mereka yang lahir dari rentang waktu 1996-2015 disebut dengan gen Z.

Berikut perbedaan gen Z dan milenial dikutip dari BBC:

1. Milenial

Karakteristik pertama generasi ini adalah mampu menggunakan teknologi. Bahkan, karena hal itu pula mereka berpikir bisa mandiri sebab tidak perlu lagi bergantung pada orang lain untuk memecahkan masalah maupun mengajari banyak hal dengan adanya internet.

Selain itu, mereka juga dikenal dengan rasa percaya diri, ingin tahu yang tinggi, dan mempertanyakan otoritas.

2. Gen Z

Generasi Z dikenal dengan grup yang masih mudah dan tidak pernah mengenal kehidupan tanpa adanya teknologi. Maka dari itu, gen Z juga dikenal dengan nama iGen.

Adapun, karakteristik dari Gen Z adalah ambisius, pengguna digital, dan percaya diri. Walaupun terlihat sama dan dekat tetapi sebenarnya ada perbedaan dalam keduanya.

Menurut Dr Alexis Abramson, pakar dari University of Southern California terdapat perbedaan metode komunikasi yang digunakan oleh setiap generasi. Bahkan, perbedaan ini digambarkan sebagai 'jurang' dalam komunikasi.

Contohnya saja, ketika di tempat kerja generasi yang lebih tua akan merasa frustasi jika terbiasa bertanya secara langsung. Tetapi, generasi yang muda lebih suka mengirim pesan.

Walaupun begitu, mereka bisa bekerja sama. Misalnya saja, orang yang lebih muda mau mengajari orang yang lebih tua dan juga sebaliknya.

Hayo, kamu termasuk gen Z atau milenial?



Simak Video "Blush On Wardah, Membuat Wajah Cerah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)