Liputan Khusus Open Relationship

Jalani Open Relationship, Pria Ini Merasa Kriminal

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 20 Sep 2020 10:46 WIB
ilustrasi pasangan selingkuh Ilustrasi open relationshiop (Foto: dok. Thinkstock)
Jakarta -

Sebut saja Rendi, pria yang pernah menjalani open relationship saat menikah. Rendi dan mantan istrinya Isti (bukan nama sebenarnya) kala itu sepakat menjalani hubungan pernikahan terbuka demi menyelamatkan hubungan pernikahan mereka yang dirasa telah hambar.

"Di 2015 ada ide open relationship. Dia (Isti) yang memulai ide seperti itu. Awalnya dia bilang sudah nggak nyaman sama gue, dia lebih pengen bebas. Dia juga bilang sudah flat perasaannya dengan gue," ungkap Rendi dalam wawancara dengan Wolipop baru-baru ini.

Saat Isti memintanya untuk menjalani open relationship, pria 28 tahun itu merasa kaget dan tidak percaya dengan ide istrinya. Rendi pun tidak percaya jika Isti memiliki pemikiran yang seterbuka itu.

"Open relationship masih tabu banget. Pertama kali reaksi gue kaget, takut, dan awalnya nggak mau. Gue mikirin ke depannya nanti pernikahan malah makin berantakan. Karena menurut gue kaya gitu sudah ada cacatnya, dan fixing-nya pasti susah. Tapi karena hubungan pernikahan kami in real life memang sudah nggak nyaman, jadi escape-nya seperti itu. Gue akhirnya menyetujui," urai Rendi.

Di 2016, Rendi akhirnya memiliki kekasih lagi dengan sepengetahuan sang istri kala itu. Sementara itu, Rendi tidak ingin tahu bagaimana kehidupan Isti di luar rumah. Dia mengaku berusaha tutup mata dan telinga karena di hati kecilnya, Rendi tetap tidak setuju dengan open relationship, dan merasa cemburu jika Isti memiliki kekasih.

Rendi pun menyebut bahwa melakukan open relationship sebenarnya tidak nyaman. Alih-alih menyelamatkan hubungan yang hambar, dia malah merasa bersalah. Rendi mengatakan bahwa menjalani open relationship membuatnya merasa kriminal.

"Secara general saat open relationship gue tidak menikmati. Feeling guilty. Menurut gue ini kayak kriminal. It doesn't feel right. Ibaratnya kayak pencuri kelaparan, dia mencuri demi dapat makan, tapi setelahnya merasa bersalah," aku Rendi.

Di 2018, Rendi dan Isti berakhir dengan perceraian. Hal tersebut karena di 2017 keduanya telah berkomitmen untuk menyelamatkan hubungan dengan tidak ada lagi open relationship. Namun komitmen tersebut dilanggar oleh sang istri yang ketahuan memiliki pria lain.

(kik/kik)