ADVERTISEMENT

Inspirasi Alam untuk Warna Cat Rumah Minimalis 2023, Beri Energi Positif

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 25 Jan 2023 08:37 WIB
Tren Warna Cat Rumah 2023 Dulux Wild Wonder Palet Flow dari 'Wild Wonder', tren warna tahun ini untuk cat rumah dekoratif dari Dulux. Palet tersebut cocok untuk warna cat rumah minimalis 2023. (Foto: Dok. Dulux)
Jakarta -

Tren warna untuk rumah terus berganti setiap tahun mengikuti perubahan yang terjadi di tengah masyarakat. Lantas, warna cat apa yang menjadi tren untuk tahun ini? Atau lebih spesifik, adakah rekomendasi khusus untuk warna cat rumah minimalis 2023?

Tak bisa dimungkiri, pandemi COVID-19 membuat manusia lebih sadar pentingnya peran alam demi menjaga keseimbangan hidup. Kebutuhan manusia untuk menyatu dengan alam ini lantas menginspirasi Dulux, salah satu merek cat internasional, untuk meluncurkan tren warna cat 2023 bertajuk 'Wild Wonder'.

Dulux, yang berada di bawah naungan AkzoNobel Decorative Paints, memilih 'Wild Wonder' berdasarkan hasil riset yang melibatkan para pakar mulai dari arsitek, ahli warna hingga desainer interior dari berbagai penjuru dunia.

Melakukan penelitian terhadap tren global yang terjadi dalam berbagai aspek masyarakat, mereka sepakat bahwa betapa pentingnya peran warna cat rumah untuk membuat penghuninya betah sekaligus optimis di tengah berbagai tantangan hidup sebagai dampak dari pandemi yang belum sepenuhnya usai.

Tren Warna Cat Rumah 2023 Dulux 'Wild Wonder'Palet Buzz dari Wild Wonder. (Foto: Dok. Dulux)

"Wild Wonder merupakan campuran dari warna kuning dan hijau. Kuning adalah warna yang membawa keceriaan, sementara hijau memberi ketenangan. Jadi, ini adalah kombinasi warna yang bisa membuat orang bahagia dan membawa energi positif," ujar Nikki Hunt, seorang desainer interior asal Singapura, saat acara peluncuran Colour of the Year 2023 'Wild Wonder' di Fairmont Hotel Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Nikki Hunt termasuk salah satu pakar yang diundang ke AkzoNobel Global Aesthetic Centre di Amsterdam, Belanda, dan terlibat dalam menentukan tren warna tersebut.

Sadar dengan selera dan kebutuhan konsumen yang semakin kompleks, Dulux membagi 'Wild Wonder' empat palet warna cat dekoratif yang terdiri dari Lush, Buzz, Raw, dan Flow.

Tren Warna Cat Rumah 2023 Dulux 'Wild Wonder'Palet Raw 'Wild Wonder' (Foto: Dok. Dulux)

Terinspirasi warna hutan, Lush hadir dengan dominasi elemen kehijauan. Sementara itu, Buzz dengan inspirasi warna bunga liar menonjolkan perpaduan warna yang lebih cerah seperti pink dan oranye. Kemudian Raw merupakan kombinasi warna-warna tanah. Adapun Flow yang disebut juga 'warna pantai' hadir dengan unsur kebiruan.

Kehadiran Wild Wonder sekaligus menandai 20 tahun AkzoNobel Decorative Paints secara konsisten menghadirkan tren warna setiap tahunnya.

Managing Director of AkzoNobel Decorative Paints South East & South Asia Oscar Wezenbeek melihat ada fenomena menarik dari perjalanan tren warna dalam kurun waktu tersebut. "Selama 10 tahun terakhir ini, warna-warna alam mendominasi," ujarnya. Bukan tidak mungkin bila tren warna tahun depan masih terinspirasi dengan alam.


Cocok Sebagai Warna Cat Rumah Minimalis 2023

Nikki mengatakan, sejatinya tidak ada yang benar atau salah dalam memilih cat rumah selama warna tersebut membuat suasana hati lebih baik. Dengan kata lain, Wild Wonder cocok untuk segala gaya arsitektur rumah, tanpa terkecuali desain minimalis yang marak ditemui di rumah-rumah Indonesia masa kini.

"Minimalis bukan berarti tidak ada warna. Tetap berwarna, tapi yang kalem dan menenangkan. Kebetulan, Wild Wonder terdiri dari warna-warna tersebut," terang Nikki.

Tren Warna Cat Rumah 2023 Dulux 'Wild Wonder'Palet Lush 'Wild Wonder' (Foto: Dok. Dulux)


Ia menambahkan, palet tersebut tetap dapat dipadukan dengan warna lain untuk menciptakan suasana atau kesan tertentu. Misal, kombinasi dengan warna yang cerah akan membuat atmosfer ruangan terasa lebih energik.

Jika ingin mempertegas kesan yang sederhana, sesama palet lembut bisa dipasangkan. "Jangan terlalu banyak campur warna untun mempertahankan unsur minimalisnya," tambah Nikki.

Kira-kira warna cat rumah minimalis 2023 seperti apa yang cocok buat kamu?



Simak Video "Keren! Aksi Robot Animatronik Yayoi Kusama Lagi Melukis"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)