ADVERTISEMENT

Tren Sticker Vinyl Buat Lantai Rusak, Ini Solusi Untuk Rumah Estetik

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 09 Des 2022 11:33 WIB
Laminate Flooring Laminate Flooring. Foto: dok. R Chairini Putong/Wolipop
Jakarta -

Memasuki akhir tahun, sudahkah terpikir untuk mengubah dekorasi rumah? Selain mengganti warna cat dinding, kamu bisa menambah dekorasi lantai yang tak kalah ampuh untuk menghadirkan suasana baru.

Belakangan muncul tren dekorasi lantai menggunakan vinyl sticker sebagai pelapis lantai. Meskipun membawa kesan aesthetic, tak sedikit warganet yang mengeluhkan lantainya sulit dibersihkan setelah mengikuti tren yang viral di TikTok tersebut.

Pasalnya vinyl sticker meninggalkan bekas lem berwarna hitam saat dilepas setelah pemakaian yang cukup lama. Namun kamu tak perlu khawatir karena ada dekorasi lantai yang mudah digunakan, dengan motif dan desain kayu serupa vinyl sticker.

Alih-alih memakai vinyl sticker kamu bisa memilih laminate flooring. Dekorasi lantai tersebut memberikan nuansa kayu secara alami dan pemasangannya tanpa lem, karena bisa dipasang dan dilepas bak puzzle.

Laminate FlooringLaminate flooring bisa menjadi pilihan untuk dekorasi lantai Foto: dok. R Chairini Putong/Wolipop

Dari segi harga laminate flooring mungkin lebih mahal daripada vinyl sticker. Namun menurut Ricky Sukono, Merchandising Manager ACE Indonesia yang telah berkecimpung 11 tahun di bidang flooring, produk laminate flooring seperti keluaran Quickstep tidak memerlukan banyak perawatan karena punya lapisan khusus yang tahan terhadap air dan goresan.

Lebih lanjut, dia mengingatkan agar tidak tergoda membeli dekorasi lantai dengan harga miring jika mempertimbangkan kualitas dan daya tahan untuk pemakaian lama. Terlebih vinyl sticker dapat dibeli di e-commerce dengan kisaran harga Rp 6 ribu per meter.

Laminate FlooringLaminate flooring keluaran Quickstep Foto: dok. R Chairini Putong/Wolipop

"Misalnya Quickstep harganya sekitar Rp 280 ribu per meter. Tapi kalau bisa dipakai untuk jangka waktu di atas lima tahun, sebenarnya untuk hitungan biayanya jauh lebih murah. Kadang-kadang orang melihat bayar di awalnya mungkin agak mahal tapi durabilty-nya (daya tahan) lebih lama."

"Kadang-kadang produk di luar menawarkan harga yang sangat murah tapi 1-2 tahun sudah harus ganti. Sehingga ada biaya lagi yang harus dikeluarkan ke depannya," jelas Ricky Sukono dalam acara talkshow Quickstep yang digelar di Ace Kota Kasablanka Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Rubi Roesli, arsitektur di balik pembangunan Bamboo Dome KTT G20 Bali menambahkan ada banyak variabel yang dapat mempengaruhi saat bingung memilih vinyl sticker atau laminate flooring. Bila vinyl sticker lebih masuk budget, tak ada salahnya dipakai sebagai dekorasi lantai dengan mempertimbangkan risiko yang ada. Namun vinyl sticker akan lebih cocok jika digunakan untuk estetika kafe ketimbang hunian.



Simak Video "Gen Halilintar Masuk Nominasi Nickelodeon Kids Choice Awards 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)