ADVERTISEMENT

Perbedaan Air Purifier, Humidifier, Dehumidifier & Air Cooler

Danzel Samuel - wolipop Jumat, 11 Nov 2022 14:05 WIB
Air Cooler Foto: Ace Hardware
Jakarta -

Rata-rata jumlah udara yang kamu hirup setiap hari adalah sebanyak 11-12 ribu liter. Namun kualitas udara terkadang nggak baik dan harus diatasi agar nggak berdampak negatif bagi kesehatan kita. Apalagi jika kamu memiliki alergi debu hingga polusi udara yang bisa memperburuk kesehatan.

Selain harus berperan aktif dalam mengurangi polusi udara, kamu juga bisa menyiasati untuk menghirup udara bersih dan menciptakan ruangan yang sejuk dan nyaman. Kini sudah banyak ditemukan alat peralatan elektronik yang membuat udara lebih bersih lho.

Antara lain air purifier, air humidifier, dehumidifier dan air cooler. Meskipun mereka semua membuat udara lebih bersih, ternyata mereka memiliki fungsi dan cara kerja yang beda lho. Jadi apa aja ya bedanya? Yuk simak!

1. Air Purifier

Air PurifierAir Purifier (Foto: Ace Hardware)

Sering disebut penjernih udara, alat ini berfungsi untuk menjernihkan atau membersihkan udara dari debu, jamu, bakteri, bulu hewan peliharaan, serbuk dan partikel lain-lainnya. Cocok buat kamu yang ingin menghirup udara bersih, yang memiliki alergi terhadap debu, serta meredakan gejala asma.

Alat ini bekerja dengan menghisap udara yang ada di dalam ruangan dan menyaringnya dengan filter untuk dihembuskan kembali. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan air, bahkan ada juga yang nggak membutuhkan air. Kamu juga harus mempertimbangkan jumlah energi atau daya listrik yang dibutuhkan, sekaligus luas daya jangkau area yang dihasilkan sebelum membeli.

Pastikan kamu menggunakan alat penjernih udara yang berkualitas. Smart Air Purifier Kris dengan fitur kendali jarak jauh dapat kamu operasikan pakai smartphone melalui aplikasi SMART KLIC.

Air Purifier ini juga dilengkapi dengan tiger level kecepatan sensor debu PM2.5, indikator kualitas udara, child-lock, empat lapisan filtrasi (pre-filter, HEPA 13, karbon dan lampu UV-C) yang dapat menyaring kotoran hingga 99.97% Laju suplai udara bersih yang dimiliki juga sebesar 400 meter persegi per jam dengan cakupan area hingga 48 meter persegi sehingga cocok digunakan di dalam rumah.

2. Air Humidifier

Air HumidifierAir Humidifier (Foto: Ace Hardware)

Berfungsi untuk meningkatkan tingkat kelembaban dalam satu ruangan, alat ini menyemprotkan uap air ke udara sehingga cocok untuk digunakan pada ruangan yang kering. Ada beberapa tipe dibuat untuk menyesuaikan kebutuhanmu. Untuk mengoperasikannya, humidifier memerlukan air yang cukup banyak.

Air Humidifier Bear hadir dengan berbagai desain menarik dengan kapasitas yang bisa kamu sesuaikan dari 1 hingga 6 liter. Uap air yang dihasilkan sangat halus sehingga tidak membuat area sekitarnya basah dengan tingkat kebisingan sangat rendah.

3. Dehumidifier

DehumidifierDehumidifier (Foto: Ace Hardware)

Beda dengan humidifier dan air purifier, dehumidifier menurunkan kadar kelembaban di suatu ruangan. Udara yang terlalu lembab bisa menyebabkan tumbuhnya spora jamur, bakteri, tungau, debu, ngengat hingga rayap. Alat ini bekerja dengan cara menarik, yaitu air yang terkandung di udara ditarik sehingga kamu harus membuang air yang terkumpul di dalam alat secara berkala.

Untuk itu, kamu bisa memilih dehumidifier dari Kris yang tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 800 ml hingga 20 liter! Nggak usah khawatir karena dehumidifier ini memiliki fitur tingkat kebisingan serta daya energi yang rendah. Nggak perlu khawatir jika kamu lupa untuk membuang air didalam tangki, karena alat ini akan berhenti secara otomatis saat tangki terisi penuh.

4. Air Cooler

Air Cooler memberi hawa sejuk di dalam ruangan dengan menurunkan suhu melalui bantuan air atau es batu. Alat ini tidak terlalu besar dan bisa ditempatkan dimana saja seperti ruang tamu, ruang keluarga atau area lainnya.

Air Cooler Klaz dilengkapi dengan kontainer air berkapasitas 20 liter untuk pemakaian yang lebih lama. Tingkat kebisingan suaranya rendah, begitu pula dengan daya energinya yang hanya 100 watt. Ekonomis untuk pemakaian harian, kan?

Kamu juga memiliki air cooler dengan tiga fungsi sekaligus dengan memakai Air Cooler Anion 3 in Klaz. Kamu dapat menikmati fungsi dan air cooler, kipas angin dan humidifier. Terdapat empat mode kecepatan dan angin dengan kapasitas kontainer 7 liter. Alat ini juga memiliki daya energi yang rendah 110 watt, yang tidak membuat tagihan listrik besar.

Setelah mengetahui fungsi empat produk ini, tentunya kamu bisa lebih bijak untuk memilih produk yang tepat untuk digunakan sesuai kebutuhan. Seluruh produk di atas bisa kamu temukan dengan lengkap di seluruh toko ACE terdekat atau belanja secara online di aplikasi MISS ACE atau ruparupa.com

Nikmati juga ya penawaran belanja hemat karena ACE sedang menghadirkan program annivesary ke-27 tahun! Kamu yang lagi belanja online dapat menikmati penawaran cashback hingga Rp 2.7 juta dengan menggunakan kode voucher 'ACEANNIV27.' Syarat dan kententuan berlaku. Untuk informasi dan inspirasi terbaru, kunjungi media sosial @ACEindonesia.



Simak Video "Hyun Bin dan Son Ye Jin Sambut Kelahiran Anak Pertama"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)