ADVERTISEMENT

Selain Cantik, Ini 5 Kelebihan Pakai Lampu LED untuk Akuarium

Sukma Nur - wolipop Kamis, 15 Sep 2022 12:56 WIB
ACE Hardware Foto: ACE Hardware
Jakarta -

Untuk menciptakan akuarium air tawar yang sehat, kita perlu menggunakan pencahayaan yang baik. Sebab, cahaya yang terlalu sedikit bisa membuat karang dan tanaman jadi mati karena tidak bisa berfotosintesis. Sedangkan, intensitas cahaya yang terlalu banyak malah bisa menghasilkan banyak alga atau tanaman yang menyerupai lumut.

Maka dari itu, kita perlu memilih lampu yang tepat untuk meminimalisir kemungkinan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan memakai lampu LED. Jika dibandingkan dengan lampu lainnya, ada berbagai kelebihan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan lampu LED di dalam akuarium.

1. Aliran Listrik Rendah

Pencahayaan akuarium yang berasal dari lampu LED hanya menggunakan sedikit aliran listrik daripada jenis lampu lainnya. Bahkan, kamu bisa menghemat biaya energi, meskipun lampu tersebut dinyalakan setiap hari.

2. Panas yang Rendah

Sebagian besar spesies hewan air membutuhkan cahaya untuk mendeteksi dan menangkap makanan. Namun, mereka tidak bisa terkena pijaran lampu yang terlalu panas karena bisa membahayakan kehidupannya. Nah, penggunaan lampu LED bisa menghasilkan panas yang rendah. Jadi, tidak akan membuat air aquarium panas.

3. Tahan Lama

Lampu LED mampu bertahan hingga 50.000 jam atau hampir enam tahun jika dibandingkan dengan lampu lainnya. Umumnya, lampu pijar yang hanya bisa digunakan selama 12 bulan, sedangkan lampu neon hanya 18 bulan. Meskipun harganya lebih mahal, tentu kita akan menghemat uang bila memakai lampu LED.

4. Intensitas Cahaya Bisa Diatur

Intensitas cahaya dari lampu LED bisa kita atur sendiri sesuai kebutuhan, dari yang agak redup hingga terang-benderang. Fitur ini sangat bermanfaat untuk ikan berjenis nokturnal seperti ikan lele.

Soalnya, cahaya biru redup dapat memudahkan mereka saat berenang dan mencari makanan. Bahkan, ada jenis lampu LED yang intensitas cahayanya bisa kamu atur menggunakan remote atau aplikasi di ponsel.

5. Warna yang Bervariasi

Warna lampu LED cukup beragam dan bisa menonjolkan isi akuarium. Namun, pilih warna lampu yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, lampu bohlam putih bisa digunakan buat meningkatkan proses fotosintesis tanaman akuarium dan menonjolkan koleksi ikan yang berwarna. Sedangkan untuk menciptakan tampilan akuarium yang natural, kita bisa menggunakan bohlam warna biru.

Itu dia lima keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan lampu led di dalam akuarium. Jadi, kamu bisa membuat akuarium sebagai titik fokus ruangan.

Nah, kamu bisa menemukan berbagai aksesoris akuarium yang menarik, dari lampu led hingga pompa air berkualitas dengan harga terjangkau melalui situs belanja ACE Online atau toko offline ACE Hardware. Yuk, belanja sekarang dan dapatkan keuntungan dari berbagai promonya.

(akn/ega)