ADVERTISEMENT

TikTok Viral Verificator

Viral Pria Bangun Rumah Budget Tak Masuk Logika 'Rp 70 Juta', Begini Hasilnya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 28 Agu 2022 07:00 WIB
Pria ini menceritakan pengalamannya membangun rumah dengan budget Rp 70 juta, viral di media sosial. Pria ini menceritakan pengalamannya membangun rumah dengan budget Rp 70 juta. Foto: Dok. TikTok @wakjon5.
Medan -

Berapa biaya untuk membangun sebuah rumah? Pastinya tidak sedikit membutuhkan biaya puluhan hingga miliaran rupiah. Bahkan merenovasi rumah pun saat ini bisa mencapai puluhan juta.

Namun bagaimana jadinya jika untuk membangun sebuah rumah hanya mengeluarkan Rp 70 juta? Hal inilah yang dilakukan pria viral karena nekat membangun rumah dengan budget Rp 70 juta. Dalam unggahan yang viral, dia merekam tanah kosong yang akan dijadikan rumah miliknya.

"Memberanikan diri membangun rumah dengan budget Rp 70 juta," tulis akun TikTok @wakjon5.

Dalam video yang berdurasi 2.17 menit itu, ia memperlihatkan sedikit demi sedikit rumahnya sedang dalam proses pembangunan. Mulai dari pekerjaan tahap awal, pondasi, pemasangan dinding, pengerjaan kusen, pintu, dan jendela. Rangkap bagian atap, pengerjaan listrik dan finishing. Hingga akhirnya ia bisa mewujudkan impiannya mempunyai rumah dan mendekor bagian dalam rumah. Dia mengklaim budget pembangunan rumahnya hanya Rp 70 juta.

Pria ini menceritakan pengalamannya membangun rumah dengan budget Rp 70 juta, viral di media sosial.Pria ini menceritakan pengalamannya membangun rumah dengan budget Rp 70 juta, viral di media sosial. Foto: Dok. TikTok @wakjon5.

Unggahan pria yang membangun rumah dengan budget Rp 70 juta itu viral ditonton lebih dari 4,1 juta Views. Rata-rata warganet tidak percaya dengan budget yang dipakai oleh pria itu dalam membangun rumah.

"Maksudnya Rp 70 juta untuk upah tukang aja belum termasuk material bangunan," bingung akun @Tsha egar.

"Di luar logika sama bahan dan ongkos upah," bingung akun @AbLeh DroepTz.

"Lah gue bangun dapur belum jadi aja sudah habis Rp 50 juta😭," saut akun @🦸🏻♀️✨.

"Gak yakin ah segitu Rp 70 juta," kata akun @dheden.

"Sederhananya rumah, Rp 70 juta cuman rangka aja, belum plesteran, karena tukang lebih mahal dari harga bahan🤣🤣," kata akun @27Arhyhanni.

"Bismillah tahun 2023 bisa terwujud rumah impian🥰🥰," harap akun @Nserwinda.

@wakjon5 Rumah minimalis no budget #rumahminimalis #rumahidaman #dekorasirumah ♬ All Day All Night - Tripov

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Hanafi atau akrab disapa Wak Jon yang viral membangun rumah dengan budget Rp 70 juta di TikTok. Ia menjelaskan konsep rumah impian yang ada di video TikTok miliknya.

"Mengambil konsep rumah minimalis dan desain ala Eropa, yang bernuansa serba putih. Ide dan konsep kebetulan dari saya sendiri, saya sudah lama mendesain rumah ini," ungkap Hanafi kepada Wolipop, Jumat (26/8/2022).

Pria yang berusia 31 tahun ini menjelaskan membangun rumah di Kecamatan Sunggal, Medan, Sumatera Utara. Video rumahnya tersebut ia rekam pada 9 Juni 2022.

Foto rumah Hanafi yang berada di Medan.Foto rumah Hanafi yang berada di Medan. Foto: Dok. pribadi Hanafi.

Hanafi membenarkan unggahannya yang memberanikan diri membangun rumah dengan budget Rp 70 juta. Ia juga menanggapi berbagai komentar warganet tentang biaya pembangunan rumahnya yang dianggap tak masuk logika.

"Seperti yang di dalam video (budgetnya) Rp 70 juta beserta dekor simpelnya. Kalau di lokasi saya si cukup. Karena saya membangun rumah, sudah diberikan tanah oleh orang tua saya. Buat bangunanya lebih dari cukup, malah bisa buat beli dekor ruangnya lagi. Karena ada beberapa daerah yang material bangunan mahal," kata Hanafi.

Budget Rp 70 juta untuk membangun rumah menuai pro dan kontra. Ia mengungkapkan rincian pembangunan rumah miliknya.

"Jadi di sini ada pro dan kontra, kalau saya pribadi dan sudah saya lakukan sih lebih dari cukup. Karena saya ada buat video juga penjelasan tentang rincian bangunanya juga, kebetulan keluarga saya pekerjaanya kuli bangunan. Jadi saya bisa banyak menghemat dana untuk proses pembangunanya, memang kalah di tenaga sih karena saya turut serta menjadi tukang plus arsitek rumah saya sendiri," lanjut Hanafi.

Anak bungsu dari empat orang bersaudara ini mengaku ikut menjadi tukang dalam pembangunan rumahnya. "Terkadang ketika wawak saya dan paman saya sudah selesai kerja pukul 17.00 WIB, saya masih lanjut kerja sampai petang. Apa yang bisa saya kerjakan saya kerjakan, tujuanya untuk mempercepat penyelesaian bangunan, agar dana tidak lagi dipakai untuk biaya tukang, untung banyak dong saya. Maka dari itu uang Rp 70 juta itu lebih dari cukup," lanjutnya lagi.

Sehari-hari Hanafi bekerja sebagai pengusaha pakaian pria. Bagi kamu uang ingin mempunyai rumah, Hanafi menyebutkan sisihkan uang untuk ditabung.

"Berapa pun gaji kamu, sisihkan dan ditabung, menikah tidak perlu mewah, pikirkan masa depan kamu dan istrimu kelak," pungkasnya.

(gaf/eny)