ADVERTISEMENT

10 Trik Jitu Maksimalkan Ruang di Kulkas yang Kecil!

Hanifa Widyas - wolipop Selasa, 12 Jul 2022 11:49 WIB
Ilustrasi Isi Kulkas Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kulkas memiliki peran penting dan menjadi incaran orang rumah untuk menyimpan sesuatu, khususnya makanan. Banyak barang yang bisa disimpan di dalam kulkas, mulai dari sayuran, buah, makanan basah, hingga frozen food.

Dengan banyaknya hal yang bisa disimpan di kulkas, tentu memerlukan trik dan organisasi penempatan yang baik. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan ruang yang ada di dalam kulkas, apalagi jika ukuran kulkas tidak begitu luas.

Dilansir dari goodhousekeeping dan buzzfeed, berikut 10 trik jitu untuk memaksimalkan ruang di kulkas agar semua kebutuhan dapat disimpan dengan baik!

1. Memberi Label

Memiliki banyak jenis barang yang perlu disimpan di dalam kulkas dan tidak ditata dengan baik tentunya akan menimbulkan kekacauan. Siapkan wadah sesuai jenis barang masing-masing kemudian berilah label nama. Pindahkan barang-barang yang yang tidak terorganisir sesuai dengan wadah yang sudah diberi label.

Kamu juga bisa memilih wadah yang memiliki permukaan datar supaya mudah disusun di dalam kulkas. Dengan demikian, keberadaan wadah berlabel tersebut akan mudah dirapikan dan diidentifikasi.

2. Siapkan Wadah untuk Makanan Kedaluwarsa

Siapkan wadah tersendiri untuk makanan-makanan yang sudah mendekati tanggal kedaluwarsa. Kemudian, jangan lupa memberi label pada wadah. Jika sudah, simpan wadah di rak paling atas supaya mudah ditemukan dan dihabiskan terlebih dahulu.

3. Coba Trik Klip Binder

Tips ketiga ini bisa dilakukan jika kulkas memiliki rak kawat. Menata barang di dalam kulkas dengan cara menumpuk merupakan hal yang penting. Namun, seringkali tercecer karena permukaannya tidak datar, contohnya saat menata botol minum. Cegah barang, seperti botol minum, agar tidak berguling ke tempat lain dengan menempatkan klip pengikat secara strategis ke rak kawat.

4. Beri Alas Plastik di Rak

Rak transparan yang terdapat pada kulkas terkadang menjadi hambatan, khususnya saat membersihkan kulkas. Oleh sebab itu, lapisi rak dengan alas plastik untuk mengatur barang secara visual serta mempermudah pembersihan.

5. Gunakan Karton Telur untuk Rak

Karton telur kosong dapat digunakan untuk menyimpan botol-botol bumbu masakan di dalam kulkas. Selain menghemat tempat dan tidak tercecer, penggunaan karton telur juga merupakan upaya untuk mendaur ulang sampah agar tidak menumpuk.

6. Sediakan Tempat Sampah Plastik di Freezer

Keberadaan laci freezer yang terletak di bagian dalam kulkas belum bisa mengorganisasikan kulkas dengan baik. Gunakan tempat sampah plastik untuk menyimpan makanan sebelum diletakkan di laci freezer. Dengan demikian, makanan dapat tersortir ke wadah yang berbeda dengan baik.

7. Siapkan Catatan di Kulkas

Menulis catatan yang berisi hal-hal yang ada di dalam kulkas bisa membantu kita mengorganisir dengan baik. Tulislah catatan mengenai makanan yang akan segera kedaluwarsa, hal-hal yang perlu dibeli, dan sisa makanan.

8. Gunakan Magnet untuk Botol

Magnet merupakan opsi lain untuk menyimpan botol di dalam kulkas. Gantungkan magnet di langit-langit kulkas kemudian tempelkan botol. Pastikan magnet yang digunakan kuat agar botol tidak terjatuh.

9. Gunakan Zipper Bag

Jika tidak memiliki wadah, kamu dapat menggunakan zipper bag untuk menyortir makanan kemudian untuk disimpan dalam kulkas. Menggunakan Zipper Bag juga memudahkanmu mengakses barang yang dibutuhkan.

10. Gunakan Kedua Sisi Rak

Cantelkan makanan di kedua sisi rak menggunakan klip binder untuk memaksimalkan penempatan ruang di kulkasmu.

Ilustrasi Isi KulkasFoto: Polytron

Itulah 10 tips mengorganisasikan ruang kulkas agar dapat digunakan dengan maksimal. Untuk menjawab kebutuhan konsumen Indonesia akan kulkas yang memiliki kapasitas besar, Polytron menghadirkan kulkas Belleza Varia Big Liter Series.

Kulkas Belleza Varia Big Liter Series hadir dengan dua pintu serta desain yang cantik dengan sentuhan desain pintu Borderless yang terbuat dari Tempered Glass. Desain Belleza Varia Big Liter Series terinspirasi dari alam dengan menghadirkan gambar bunga yang indah dan berwarna.

Tidak hanya itu, Belleza Varia Big Liter Series dilengkapi dengan Vacuum Compartment yang mengurangi kadar oksigen sehingga pertumbuhan bakteri dan jamur juga terhambat dan hasilnya penyimpanan sayuran dan makanan akan lebih tahan lama sampai 21 hari.

Untuk mengetahui informasi detail mengenai Belleza Varia Big Liter Series, kamu bisa langsung mengunjungi website resmi Polytron atau di official store e-commerce Polytron.



Simak Video "Di Balik Kecanggihan Polytron Mini LED Quantum 85 Inch"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/eny)