ADVERTISEMENT

5 Kebiasaan Eco-Friendly buat Jaga Bumi, Mudah Diterapkan di Rumah

Erika Dyah - wolipop Senin, 11 Jul 2022 20:09 WIB
Foto: Dok. Polytron Foto: Dok. Polytron
Jakarta -

Bumi yang kita tinggali beserta lingkungan di dalamnya kian hari makin terancam dengan pertumbuhan populasi manusia yang tiada henti. Namun, tanpa disadari kebiasaan masyarakat sehari-hari juga berkontribusi membuat kondisi bumi makin terancam dampak iklim.

Untuk itu, kamu perlu melakukan perubahan agar dapat menjaga bumi demi keberlangsungan generasi masa depan. Tak perlu melakukan aksi besar, beberapa kebiasaan eco-friendly di rumah juga bisa membantu menjaga bumi agar tetap menjadi tempat nyaman untuk ditempati.

Ingin tahu apa saja kebiasaan eco-friendly tersebut? Simak 5 hal penting berikut yang dilansir dari ecomasteryproject.

1. Kurangi Sampah Makanan

Mungkin tak banyak dari Anda yang sadar bahwa limbah makanan merupakan salah satu masalah terbesar dalam hal keberlanjutan. Selain membuang-buang uang, makanan yang terbuang juga menjadi tanda terbuangnya sumber daya yang digunakan untuk memproduksi dan mengangkut makanan, baik itu air, tenaga kerja, hingga berbagai energi lainnya.

Selain itu, saat Anda membuat makanan, terjadi proses dekomposisi yang melepaskan gas metana ke atmosfer serta berkontribusi signifikan terhadap pemanasan global. Bahaya bukan? Untuk dapat mengurangi dampaknya, Anda dapat mengurangi sampah makanan atau membuat kompos demi mengembalikan sampah organik sisa makanan ke tanah. Selain bisa menjaga bumi, cara sederhana ini dapat membantu proses pemupukan tanaman di sekitar Anda.

2. Hindari Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Penggunaan plastik sekali pakai sejak lama telah berkontribusi terhadap menumpuknya sampah yang tak dapat terurai. Untuk mengurangi dampaknya, Anda dapat memulai kebiasaan sederhana dari rumah. Mulai dari membawa botol air minum dari rumah saat bepergian daripada membeli air mineral botolan terus menerus, menggunakan kain serbet atau lap sisa saat ingin mengeringkan tangan atau piring dibandingkan memakai tisu dalam jumlah banyak. Serta membiasakan penggunaan tas belanja yang dapat digunakan kembali sehingga bisa mengurangi penggunaan kantong belanja plastik yang berbahaya.

3. Beli Pakaian Bekas Layak Pakai

Thrifting atau berhemat dengan membeli pakaian bekas layak pakai menjadi tren tersendiri bagi anak zaman now. Selain bisa berhemat, cara yang satu ini ternyata berkontribusi dalam menjaga lingkungan lho! Pasalnya, industri fesyen merupakan sebuah bidang yang memerlukan modal, energi, dan sumber daya alam melimpah untuk menghasilkan satu barang. Sehingga, proses pembuatan sebuah baju dan pendistribusiannya bisa turut berdampak terhadap pencemaran lingkungan hingga mengancam ekosistem bumi ini.

Dengan membeli pakaian bekas layak pakai, baik secara langsung di pasar maupun secara online, Anda bisa bantu mengurangi banyak sumber daya serta bantu mengurangi dampak limbah manufaktur. Siapa tahu, pakaian bekas yang Anda beli juga memiliki model vintage yang nyentrik dan bisa bikin tampilan makin menarik!

Halaman Selanjutnya: Rutinitas Daur Ulang

Selanjutnya
Halaman
1 2