ADVERTISEMENT

Keuntungan Bikin Dapur Serba Hitam, Tampilannya Mewah dan Mudah Dipadu

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 20 Mei 2022 11:18 WIB
Minimal style black kitchen 3d render.There are white floor and wall, Glossy white cabinet doors,Black refrigerator and oven,The room has large windows. lookink out to the city view. Dapur serba hitam (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Pernah terpikirkan untuk mengaplikasikan hanya satu warna buat dapur Anda? Jika masih ragu, warna hitam bisa menjadi pilihan. Selain timeless atau tak lekang oleh waktu, dapur serba hitam menciptakan kesan mewah dan fleksibel untuk segala tema interior rumah.

"You can never go wrong with black," ujar Principal Interior Designer Hadiprana Design William K. Patty saat acara peluncuran peralatan dapur Bosch Black Collection, Kamis (19/5/2022).

Minimal style black kitchen 3d render.There are white floor and wall, Glossy white cabinet doors,Black refrigerator and oven,The room has large windows. lookink out to the city view.Dapur bernuansa rustic dengan warna hitam yang mendominasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Dapur serba hitam, lanjut William, ibarat little black dress yang tetap relevan meski tren terus berganti. Oleh kerana itu, Anda tak perlu gonta-ganti desain dapur lagi dengan warna ini karena tetap sesuai dengan tren apapun.

Keuntungan lain, warna hitam sangat cocok untuk diaplikasikan pada tema interior apa saja. Mau itu minimalis, industrial, atau rustic.

Apapun tema interiornya, warna hitam akan meninggalkan sentuhan akhir yang mewah. "Dulu warna yang mewah adalah emas. Tapi sekarang emasnya justru adalah hitam," ujar William yang telah menggeluti dunia desain interior selama 21 tahun itu.

Warna hitam bikin dapur jadi sempit?

Sudah bukan rahasia lagi bila pengaplikasian warna hitam pada sebuah ruangan akan membuat ruangan terasa gelap dan sempit. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memakai warna ini.

Banyak faktor yang perlu dipertimbahkan sebelum memilih sebuah warna untuk interior. William sebagai desainer interior akan melihat karakter pemilik rumah atau kliennya. Menurut dia, warna hitam sangat cocok bagi mereka kaum urban yang aktif dan kekinian.

Minimal style black kitchen 3d render.There are white floor and wall, Glossy white cabinet doors,Black refrigerator and oven,The room has large windows. lookink out to the city view.(Foto: Getty Images/iStockphoto)

"Warna hitam tidak membutuhkan atensi khusus untuk perawatan karena tidak makan kotor. Jadi lebih praktis buat mereka yang sibuk," papar William.

Selain itu, ukuran ruangan juga menjadi acuan. Jika dapurnya mungil, ia menyarankan untuk tidak sepenuhnya menggunakan warna hitam.

"Bahwa hitam menggelapkan ruangan dan mengecilkan memang benar. Namun, desain interior itu tidak berdiri sendiri. Ada elemen jendela sehingga cahaya bisa masuk, lalu ada elemen tanaman. Itu bisa memberi suasana yang berbeda," tuturnya.

Minimal style black kitchen 3d render.There are white floor and wall, Glossy white cabinet doors,Black refrigerator and oven,The room has large windows. lookink out to the city view.Foto: Getty Images/iStockphoto

Tips lain dari William, gunakan nuansa dua warna atau two-tone. Misal area eye-level seperti dinding atau kabinet diwarnai hitam, sementara lantainya abu-abu untuk member kesan yang lapang.

Untuk menunjang estetika desain tersebut, Bosch menghadirkan Bosch Black Collection yang terdiri dari kitchen appliances berkonsep built-in mulai dari kompor induksi, tudung asap, kulkas, oven, hingga dishwasher.

"Warna gelap untuk semua koleksi kitchen appliances membuat Bosch Black Collection tidak mudah terlihat kotor, elegan dan timeless. Kami menyebutnya, a little black dress untuk dapur Anda," ujar Ernestine Mikha, Kitchen Retail Manager Bosch Home Appliances Indonesia.

Dapur Bosch Black CollectionPeralatan dapur Bosch Black Collection (Foto: Dok. Bosch Indonesia)



Simak Video "Tips Ampuh Bersihkan Dapur Biar Nggak Jadi Sarang Virus Corona!"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)