ADVERTISEMENT

Begini Cara Meletakkan Kulkas di Dapur yang Ideal

Jihaan Khoirunnissa - wolipop Jumat, 29 Apr 2022 13:24 WIB
Polytron Foto: Polytron
Jakarta -

Kulkas merupakan salah satu alat elektronik yang wajib ada di dapur. Karena fungsinya terbilang cukup vital, yakni untuk menyimpan bahan makanan, seperti sayur, buah, dan daging yang akan diolah menjadi masakan.

Namun ternyata, meletakkan kulkas di dapur tak boleh sembarangan lho. Selain untuk mempercantik desain, hal ini demi menjaga fungsi dan keamanan kulkas serta mempermudah kegiatan memasak di dapur. Melansir berbagai sumber, berikut panduan tata letak kulkas ideal yang bisa Anda ikuti.

1. Kulkas Built-in untuk Dapur yang Kecil

Hal yang perlu dipertimbangkan yaitu ukuran dapur di rumah. Jika dapur cenderung kecil dan minimalis, maka kulkas built-in adalah pilihan yang pas. Sesuai namanya, yakni built-in, kulkas ini sengaja dibuat terintegrasi atau tergabung dengan kabinet dapur. Selain desainnya yang menyatu, ukuran kulkas ini juga tergolong ramping sehingga menghemat ruang.

2. Letakkan di Dekat Pintu Dapur

Posisi terbaik untuk meletakkan kulkas yaitu di dekat pintu masuk dapur. Cara ini dapat mempermudah proses penyimpanan bahan makanan segar ke dalam freezer setelah berbelanja. Selain itu juga menciptakan ilusi ruang yang luas di area dapur. Untuk mempermudah kegiatan menata bahan makanan, sebaiknya letakkan meja di samping untuk menaruh tas belanjaan.

3. Hindari Dekat Jendela

Tahukah Anda, hawa panas bisa merusak kulkas di rumah. Oleh karena itu, saat menyimpan kulkas harus memilih area yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Hindari menaruh kulkas di dekat jendela. Selain itu, jangan meletakkan kulkas di samping kompor.

4. Pertimbangkan Segitiga Kerja

Para desainer interior biasanya menggunakan segitiga kerja sebagai panduan dalam menata dapur. Segitiga kerja atau working triangle pada dasarnya mencakup 3 komponen penting yang wajib ada pada dapur. Yakni tempat penyimpanan atau kulkas, tempat mencuci atau wastafel, serta tempat mengolah makanan. Coba terapkan konsep ini untuk menciptakan penempatan yang ideal demi meningkatkan efisiensi, terlepas dari ukuran atau bentuk dapur di rumah.

Selain fungsinya, salah satu faktor penting dalam memilih kulkas ialah desainnya. Agar dapur terlihat rapi, sebaiknya pilih jenis kulkas yang sesuai serta memiliki desain modern. Seperti kulkas Belleza Varia dari Polytron. Dengan corak bunga yang terinspirasi dari alam, lemari es ini bisa mempercantik tampilan dapur rumah Anda.

PolytronFoto: Polytron

Selain itu, lemari es dua pintu dengan tempered glass door ini juga dilengkapi tempered glass rack yang 20x lebih kuat dari rak plastik biasa. Sehingga membantu dalam menyimpan beragam stok makanan.

Kulkas Belleza Varia dari Polytron juga memiliki Vacuum Compartment yang dapat menyedot kadar oksigen dalam ruangan. Sehingga dapat membantu menjaga sayur dan buah tetap segar dan awet hingga 21 hari. Nggak cuma itu saja, kulkas ini juga dilengkapi inverter yang membuatnya hemat listrik sampai 30%, jadi Anda bisa bebas dari tagihan yang membengkak.

(ads/ads)