7 Langkah Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Hestianingsih - wolipop Rabu, 27 Apr 2022 06:30 WIB
Ilustrasi Mudik Lebaran Foto: Shutterstock

Jakarta -

Dua tahun setelah pandemi virus Corona, pemerintah Indonesia memperbolehkan mudik Lebaran di 2022 ini. Kelonggaran ini tentu saja disambut dengan sukacita oleh warga karena akhirnya bisa berkumpul bersama keluarga besar.

Jika kamu dan seluruh keluarga termasuk yang berencana mudik Lebaran, sebaiknya jangan meninggalkan rumah kosong begitu saja. Rumah yang tak dihuni selama mudik bisa jadi sasaran empuk maling hingga perampok.

Agar rumah tetap aman selama ditinggal mudik Lebaran, ada tujuh hal yang penting dilakukan baik sebelum maupun saat bepergian:

1. Jangan Simpan Barang Berharga di Rumah

Selama mudik Lebaran, pastikan tidak meninggalkan barang berharga seperti uang dan perhiasan di rumah. Agar lebih aman, simpan perhiasan dan uang di bank.

2. Kunci Rapat Pintu dan Jendela

Pastikan semua pintu dan jendela rumah terkunci rapat sebelum meninggalkan rumah. Sebaiknya tidak meninggalkan kunci rumah cadangan di bawah pot, keset atau tempat-tempat tersembunyi lainnya karena sangat berisiko dapat diketahui pelaku kejahatan.

3. Matikan Lampu

Banyak orang menyarankan untuk menyalakan lampu ketika meninggalkan rumah kosong dalam waktu lama. Tujuannya, agar terkesan seperti ada orang di dalam rumah. Tapi cara ini hanya akan membuat tagihan listrik membengkak dan tentunya tidak mendukung gerakan ramah lingkungan. Hitung saja berapa energi yang terbuang sia-sia selama lampu tersebut dinyalakan dalam waktu lama.

Ditambah lagi, lampu yang menyala tidak akan menjamin rumah kamu terlihat ada orang di dalamnya. Rumah yang terang benderang di malam hari, justru akan dicurigai perampok dan maling.

Akan lebih baik jika kamu memasang pengatur waktu yang bisa mematikan dan menyalakan lampu secara otomatis. Beberapa toko perkakas dan perangkat rumah modern sudah menyediakan timer seperti ini. Tak ada salahnya mengeluarkan biaya lebih demi keamanan rumah saat mudik Lebaran.

(hst/hst)