11 Tanaman Hias Tahan Panas Matahari yang Mudah Dirawat

Lukita Wardhani - wolipop Senin, 06 Des 2021 14:31 WIB
Tanaman hias tahan panas matahari. Foto: Getty Images/schnuddel Tanaman hias tahan panas matahari. Foto: Getty Images/schnuddel
Jakarta -

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia membuat tanaman hias tahan panas menjadi pilihan untuk di rumah. Berikut referensi tanaman hias tahan panas matahari, cocok untuk pemula yang ingin mengoleksi tanaman.

Tanaman hias tahan panas ini sebagian besar menyukai sinar matahari. Tanaman-tanaman tersebut akan tumbuh subur jika terkena panasnya matahari dan tidak perlu terlalu sering disiram.

Berikut 11 tanaman hias tahan panas matahari:

1. Bottlebrush

Tanaman Hias Tahan PanasTanaman Hias Tahan Panas Matahari Foto: Dok. iStock

Bunga bottlebrush yang relatif tahan kekeringan adalah tanaman keras gurun yang populer. Mereka menyukai sinar matahari penuh dan tanah yang lembab juga berdrainase baik. Bunga ini berasal dari Australia dan datang dalam berbagai ukuran dengan yang terbesar mencapai sekitar 15 kaki tingginya.

2. Bunga Putri/Princess Flower

Tanaman Hias Tahan PanasTanaman Hias Tahan Panas Foto: Dok. iStock

Bunga putri, tanaman tahunan tropis ini, juga dikenal sebagai Tibouchina Urvilleana atau bunga laba-laba. Ciri khasnya, memiliki daun hijau dan bunga berwarna ungu tua. Tanaman hias tahan panas matahari ini tumbuh subur di bawah sinar matahari dan tanah yang dikeringkan dengan baik.

3. Hibiscus/ Kembang Sepatu

Flowers backgroundsTanaman hias tahan panas matahari Foto: Getty Images/iStockphoto/Iurii Garmash

Kembang sepatu berasal dari daerah beriklim hangat, subtropis, dan tropis. Itulah sebabnya bunga ini menyukai sinar matahari penuh dan kelembapan. Bunga sepatu hadir dalam berbagai warna termasuk merah, merah muda, oranye, kuning, ungu, putih, dan hijau.

4. Cuphea

Tanaman Hias Tahan PanasTanaman Hias Tahan Panas Foto: Dok. iStock

Bunga Cuphea yang menarik perhatian burung kolibri ini menyukai sinar matahari penuh. Dikenal sebagai tanaman cerutu atau tanaman petasan (Cuphea ignea), tanaman hias tahan panas ini bisa hidup tahunan di sebagian besar zona, tetapi abadi di beberapa zona. Tanam ini hidup di tanah yang dikeringkan dengan baik dengan kelembaban sedang.

5. Lantana

Tanaman Hias Tahan PanasTanaman Hias Tahan Panas Foto: Dok. iStock

Sebagai tanaman asli daerah tropis, lantana suka panas dan lembab. Tanaman hias tahan panas ini tumbuh subur di bawah sinar matahari, terutama matahari sore, dan mekar sepanjang tahun dalam kelompok warna seperti merah, oranye, kuning, merah muda, atau putih. Bunga ini ideal untuk ditanam di sepanjang tepi kebun sayur, karena tidak dapat ditolak oleh lebah, kupu-kupu, dan burung kolibri. Tempatkan mereka di dekat tanaman yang perlu diserbuki, seperti labu dan melon.

6. Lemon Verbena

Tanaman Hias Tahan PanasTanaman Hias Tahan Panas Foto: Dok. iStock

Tanaman hias Lemon Verbena yang berasal dari Amerika Selatan menyukai sinar matahari. Pada zaman dulu, pada saat musim panas, wanita Victoria biasanya menemukan kelegaan dari panas terik dengan mengemas daun lemon verbena di saputangan mereka dan menghirup aroma jeruk yang manis. Kamu bisa menanam lemon verbena di dekat pintu dan jendela untuk mencium aroma yang menyenangkan. Dalam perawatannya, tanamanya ini hanya membutuhkan penyiraman mingguan.

7. Cosmos

Tanaman hias Cosmos yang mencolok dengan bunga seperti sutra atau bunga aster ini berasal dari Meksiko. Tanaman hias tahan panas ini mampu menahan terik sinar matahari dan kekeringan, sehingga menjadikannya ideal untuk taman gurun atau area dengan tanah yang buruk. Faktanya, tanah yang terlalu kaya akan membuatnya bertangkai lemah dan terkulai.

Tanaman hias tahan panas matahari lainnya lanjut di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2