8 Tanaman Hias Tahan Panas Sinar Matahari, Mudah Dirawat

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 16 Nov 2020 18:00 WIB
Potted red begonia. Isolated on white background.Deep focus. No dust. No pollen. Tanaman hias tahan panas sinar matahari. Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario
Jakarta -

Mengoleksi tanaman hias pun menjadi tren di masa pandemi Corona. Bagi kamu yang mengoleksi tanaman hias, apakah mencari jenis tanaman hias yang tahan panas sinar matahari?

Tanaman hias tidak semuanya tahan sinar matahari. Tanaman hias populer seperti janda bolong malah disarankan diletakkan di area yang tidak terlalu terpapar sinar matahari.

Tanaman Hias Tahan Panas Sinar Matahari

Tidak punya area di rumah untuk menaruh tanaman hias? Kamu bisa memanfaatkan area outdoor rumah. Seperti dikutip dari cnbcindonesia.com, berikut tanaman hias tahan panas sinar matahari yang mudah dirawat:

1.Bunga Pentas

Bunga pentas lanceolata, tanaman hias ini dapat bertahan di cuaca ekstrem sekalipun. Cuaca panas ataupun dingin, tanaman hias bunga pentas akan tetap segar dan indah.

Photo taken in a little garden in Hong KongTanaman hias bunga pentas. Foto: iStock

Menariknya lagi, tanaman hias ini bisa berbunga indah. Bunga pentas dapat berbunga empat kali dalam setahun.

2. Cemara Norfolk

Tanaman hias tahan panas sinar matahari yang satu ini memiliki nama yang sedikit rumit, yakni Araucaria Heterophylla atau cemara norfolk. Tapi jangan salah, walaupun namanya susah diingat, tanaman hias ini banyak disukai.

Araucaria treeCemara norfolk. Foto: iStock

Cemara norfolk sangat cocok ditanam di rumah yang memiliki halaman atau kebun cukup luas. Kenapa? Ini karena tinggi cemara norfolk bisa mencapai 6 meter. Cemara norfolk bisa meneduhkan rumah, serta membuat halaman atau kebun jadi lebih segar dipandang.

3. Kaktus

Green cactus plants in beautiful concrete planters on white shelf isolated on white background.Tanaman hias kaktus. Foto: iStock

Kaktus merupakan tanaman hias yang bisa hidup dan tahan terhadap cuaca panas. Uniknya, kaktus hanya membutuhkan sedikit air. Karena tanaman hias kaktus memiliki duri tajam, kamu harus berhati-hati saat menaruh tanaman hias kaktus berukuran kecil di dalam rumah. Usahakan anak-anak tidak terlalu dekat dengan tanaman ini. Meski tajam, bentuk tanaman hias ini memang unik.

4. Bunga Pukul Sembilan

Portulaca grandiflora atau bunga pukul sembilan, tanaman hias yang satu ini memiliki nama unik lain yakni krokot. Bunga pukul sembilan cocok untuk kamu yang tidak memiliki waktu luang untuk merawat tanaman hias, atau ingin merawat namun sibuk dengan urusan lain.

Portulaca Oleracea other names include; Common Purslane, Little Hogweed, Pigweed, Duckweed, Pusley, Verdolaga, Mossrose. Lovely small flower with red and pink stripes.Bunga pukul sembilan, tanaman hias tahan panas sinar matahari. Foto: iStock

Cara merawat bunga pukul sembilan, tanaman hias yang tahan panas sinar matahari ini, kamu hanya perlu menyiramnya kalau tanahnya sudah mengering. Tanaman hias bunga pukul sembilan akan tumbuh sempurna jika terpapar sinar matahari langsung.

5. Petunia

Tanaman hias ini bisa tumbuh di segala kondisi cuaca, baik panas maupun dingin. Tanaman hias ini bisa membuat rumah terkesan minimalis dan cantik. Cukup taruh di sudut ruang yang menurut Anda cocok.

Vivid purple petunia flowers in summer gardenTanaman hias petunia. Foto: iStock

Tanaman hias petunia bisa dijemur selama kurang lebih 5 jam, dan akan tumbuh subur jika terkena sinar matahari langsung. Namun, jika Anda menjemur kurang dari 5 jam, tidak perlu risau karena tanaman ini akan tetap tumbuh.

6. Begonia

Ingin memiliki tanaman hias di rumah? Begonia solusinya. Tanaman ini bisa tumbuh di cuaca panas dan mudah untuk dirawat. Hanya saja, tanaman hias begonia lebih baik ditaruh di dalam rumah karena tidak terlalu suka terpapar langsung sinar matahari.

Potted red begonia. Isolated on white background.Deep focus. No dust. No pollen.Begonia. Foto: iStock

Cara merawatnya, cukup siram tanaman hias begonia ini dengan air secukupnya. Ketika bermekaran, tanaman hias begonia akan membuat rumah makin berwarna.

7. Epiphyllum Cactus

Tanaman hias Epiphyllum Cactus, sesuai namanya, memang keluarga kaktus. Hanya saja kaktus yang satu ini memiliki bunga. Tanaman hias ini mirip dengan bunga wijaya kusuma. Bedanya terletak pada ukuran.

Cactus Echinopsis Kermesina with opening two pink blossoms against white background, isolatedEpiphyllum Cactus. Foto: iStock

Tanaman hias epiphyllum cactus memiliki ukuran lebih kecil. Tanaman hias ini bisa digantung di teras rumah, untuk memberikan kesan indah serta sedap dipandang.

8. Tanaman Giok (Jade plant)

Dengan daunnya yang tebal dan mengkilap, jade plant sangat populer sebagai tanaman hias dalam ruangan. Untuk tumbuh subur dan sehat, tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari. Jadi, pilih ruangan paling terang untuk meletakkannya.

Succulent houseplant Crassula ovata in a pot on rustic backgroundJade plant. Foto: iStock

Salah satu hal rumit dalam memelihara jade plant adalah kamu harus memastikan tanaman ini mendapatkan pasokan air yang tepat. Terlalu banyak air akan membuat akarnya membusuk. Sementara terlalu sedikit air akan membuat daunnya berjatuhan.

Itulah delapan tanaman hias yang tahan panas sinar matahari. Mana yang tertarik kamu rawat?



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)