Simak, Ini 8 Cara Ampuh Hilangkan Jamur di Lemari Pakaian

Erika Dyah - wolipop Kamis, 28 Okt 2021 16:22 WIB
Foto: Getty Images/iStockphoto/LENblR Foto: Getty Images/iStockphoto/LENblR
Jakarta -

Selain mudah terkena rayap, kelemahan lain dari lemari baju berbahan kayu adalah rentan terserang jamur. Umumnya, masalah ini muncul karena kondisi lemari yang terlalu lembap sehingga membuat jamur mudah tumbuh di lemari dan akhirnya dapat merusaknya dengan cepat.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi lemari yang mudah berjamur ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi lemari yang mudah berjamur.

1. Mengoleskan Alkohol pada Lemari

Mengoleskan alkohol dengan kadar 70% pada dinding lemari secara merata ampuh menghilangkan jamur di dalam lemari. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu gunakan lap kering dan teteskan alkohol tersebut. Lalu, usapkan pada dinding lemari yang terkena jamur.

Pastikan semua baju sudah dikeluarkan dari lemari sebelum mengoleskan alkohol agar tidak bau. Setelah itu, biarkan selama beberapa menit sampai lemari kering, baru masukkan kembali pakaian.

2. Gunakan Kamper untuk Mengusir Kelembapan

Cara berikutnya yang cukup mudah dilakukan untuk menghilangkan jamur pada lemari adalah menggunakan kapur barus atau kamper. Namun, sebelum meletakkan kamper di dalam lemari, kamu perlu membersihkan jamur yang menempel terlebih dahulu.

Pilihlah kamper yang berada dalam kemasan agar tidak menodai pakaian. Nah, dengan menggunakan kamper ini, lemari pakaian pun akan lebih wangi.

3. Beri Jarak Antara Lemari Pakaian dengan Dinding

Agar lemari tidak mudah berjamur, pastikan memberikan jarak antara lemari pakaian dengan dinding. Biasanya, saat musim hujan tiba, dinding bisa menjadi lembap.

Bila lemari benar-benar menempel pada dinding, inilah yang membuat jamur mudah tumbuh. Intinya, pastikan lemari benar-benar kering dan tidak lembap.

4. Gunakan Pernis atau Melamin

Meskipun lemari kayu sudah dilapisi pernis atau melamin sebelumnya, bukan berarti hal tersebut dapat mencegah pertumbuhan jamur. Apalagi, bila lemari diletakkan di tempat yang lembap.

Nah, bila sudah terlanjur berjamur, bersihkan terlebih dahulu jamur di lemari, lalu oleskan kembali dengan pernis atau melamin. Bahan pelapis bening ini terbukti ampuh mematikan jamur dan mencegahnya datang kembali tanpa merusak lemari.

Klik halaman selanjutnya >>

Selanjutnya
Halaman
1 2