8 Dekorasi Natal untuk Meriahkan Suasana Rumah

Inkana Izatifiqa R Putri - wolipop Rabu, 13 Okt 2021 11:26 WIB
2020 New Year Alternative Christmas trees homemade cookies Christmas-tree decorations-balls lying on a blue background. Close-up, horizontal layout, copy space. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Belum sempurna rasanya jika menyambut kemeriahan Natal tanpa dekorasi yang tepat. Mengingat dekorasi Natal memberi efek hangat dan keceriaan dalam ruangan, serta membuat siapa pun tersenyum saat melihatnya.

Jadi, tak ada salahnya untuk meramaikan sudut rumah Anda dengan beberapa dekorasi, seperti lampu, ornamen, bunga artifisial, dan sebagainya. Dari berbagai jenis ornamen yang ada, Anda bisa memilih beberapa ide yang dapat mempercantik pohon natal secara maksimal, seperti berikut.

1. Lampu natal

Lampu natal merupakan salah satu dekorasi yang paling dasar yang wajib dimiliki karena berperan sangat penting. Alasannya, lampu natal dapat menghadirkan kehangatan dan keindahan dalam waktu bersamaan saat berkumpul bareng keluarga. Selain bisa diletakkan pada pohon natal, Anda juga bisa memakai untaian lampu natal ini pada beberapa sudut rumah lainnya, seperti tirai, rak buku, dan kabinet.

2. Ornamen Natal

Keindahan pohon natal belum sempurna tanpa adanya ornamen khas natal. Anda dapat memilih variasi ornamen natal, seperti gantungan bola warna-warni, miniatur hewan, kaos kaki, dan hiasan lainnya. Agar semakin indah, Anda bisa memadukan beberapa hiasan natal dengan warna yang senada atau warna khas natal, yakni hijau dan merah.

3. Pohon Natal

Pohon natal, baik besar atau kecil, bisa menjadi dekorasi utama untuk memeriahkan hari Natal. Adapun di negara empat musim, pohon Natal biasanya menggunakan pohon cemara asli. Namun, di negara Asia seperti Indonesia, Anda bisa menggunakan tanaman pohon artificial yang terbuat dari kayu atau plastik untuk menghiasi ruangan.

Untuk itu, Anda perlu memilih pohon natal dengan bahan, ukuran, dan kualitas terbaik agar bisa digunakan setiap tahunnya.

4. Lilin

Hiasan Natal satu ini sering kali dianggap menjadi simbol cahaya yang menerangi dalam kegelapan dan memberikan kehangatan bagi sekelilingnya. Tak heran kalau dekorasi Natal ini cocok menghiasi hunian rumah saat natal. Saat ini, Anda bisa menggunakan lilin elektronik yang lebih praktis dan efisien. Selain itu, lilin listrik ini juga lebih awet dan tahan lama sehingga dapat dipakai setiap tahunnya.

5. Lentera Natal

Sama seperti lilin, lentera Natal juga menjadi simbol cahaya di tengah kegelapan. Lentera juga membuat suasana natal terasa spesial. Tak hanya itu, dekorasi natal yang satu ini juga banyak digunakan karena dinilai lebih praktis dan tak berbahaya. Agar semakin cantik, letakkan lentera Natal dekat dengan jendela atau meja ruang tamu.

6. Kado Natal

Tak hanya identik dengan warna merah, Natal juga terkenal dengan kado-kado menggemaskan. Layaknya warna khas Natal, kado natal biasanya juga dibungkus dengan kertas kado berwarna merah dan hijau. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin memadukannya dengan kertas kado berwarna lain, seperti warna perak, emas dan putih, agar lebih ceria dan menawan.

Anda juga bisa menjadikan kado Natal ini sebagai dekorasi dengan meletakkannya di bawah pohon Natal atau pada sudut ruangan untuk memeriahkan suasana.

7. Kaus Kaki Natal

Selain identik dengan acara tukar kado Natal, meletakkan kaos kaki dekat pohon Natal juga menjadi hal yang sering dilakukan. Hal ini bermula dari cerita Santa Claus yang biasanya turun melalui cerobong atap rumah untuk meletakkan kado di dalam kaos kaki. Cerita ini kemudian membuat banyak orang meletakkan kaus kaki sebagai hiasan Natal di salah satu sudut rumah.

8. Bunga Artificial

Bunga artificial memang jadi pilihan tepat untuk mendekorasi rumah di hari besar, termasuk Natal. Jika dibandingkan dengan bunga asli, dekorasi yang satu ini lebih awet dan bisa digunakan berkali-kali. Apalagi, saat ini sudah banyak rangkaian bunga yang tersedia dengan berbagai model cantik untuk menghiasi dinding atau pintu rumah sebelum hari raya Natal tiba.

Nah, itulah beberapa dekorasi Natal yang wajib dimiliki. Untuk mendapatkan dekorasi natal yang unik dan berkualitas, Anda bisa menemukannya melalui Ruparupa, situs e-commerce resmi yang menjual produk ACE, Toys Kingdom, Kawan Lama Sejahtera, dan Krisbow. Selain lengkap dan mudah digunakan, Anda juga bisa mendapatkan beragam penawaran dan promo menarik dengan bergabung menjadi Ruppers. Yuk, belanja sekarang juga!

(ncm/ega)