Mahasiswi Bikin Pohon Natal Terkecil di Dunia dari 51 Atom, Seperti Apa?

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 25 Des 2020 06:42 WIB
Small Christmas tree in a bucket with childrens toys background Ilustrasi Pohon Natal. Foto: Getty Images/iStockphoto/Pridannikov
Jakarta -

Pohon Natal menjadi salah satu ornamen yang wajib hadir dalam perayaan Hari Natal. Banyak orang memodifikasinya sedemikian rupa untuk bisa terlihat cantik dan unik. Seorang mahasiswi pun membuat pohon Natal yang benar-benar berbeda. Bukan dari pohon cemara atau material plastik, wanita tersebut membuat pohon Natal terkecil di dunia yang terdiri dari 51 atom.

Atom adalah partikel terkecil yang bahkan tidak bisa dibagi lagi. Lalu bagaimana atom bisa dikumpulkan bahkan dibuat menjadi pohon Natal? Seorang mahasiswi bernama Maura Williams dari Delft University of Technology menggunakan alat untuk memindai setiap atom lalu menata posisinya hingga terbentuk seperti pohon.

pohon natal terkecil di duniapohon natal terkecil di dunia Foto: Delft University of Technology

Dikatakan jika pohon Natal terkecil yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang ini dibuat dengan atom dari serpihan kristal sempurna yang dibuat menjadi sekecil DNA. Atom itu pun 40 ribu kali lebih kecil dari pada rambut manusia.

Untuk menyusunnya, mahasiswi asal Belanda tersebut menggunakan mikroskop khusus yang didesain untuk mengganti posisi atom. Teknologi ini sendiri biasa digunakan untuk mempelajari sifat mekanis setiap atom. Karena itu, meski kecil pembuatannya bisa lebih rumit daripada pohon Natal terbesar di dunia.

pohon natal terkecil di duniapohon natal terkecil di dunia Foto: Delft University of Technology

Pohon Natal terkecil di dunia ini adalah proyek kelulusan Maura. Bersama para peneliti lain yang terlibat dalam proyek tersebut, dikatakan jika eksperimen ini bertujuan untuk mengerti lebih baik di dunia sekitar kita.

Di masa depan, teknologi yang mereka gunakan bisa dipakai untuk menganalisa dalam tubuh manusia atau mengantarkan obat ke tempat yang ingin disembuhkan secara lebih akurat.

(ami/ami)