Cara Merawat Tanaman Hias Aglonema Red Peacock Agar Cepat Rimbun

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 10 Sep 2021 14:15 WIB
Aglonema Red Peacock Foto tanaman hias aglonema red peacock. Foto: Dok. Instagram @ngebon.ahh.
Bogor -

Bagi pecinta tanaman hias, tentu sudah tak asing dengan tanaman hias aglonema. Selain memiliki bentuk yang khas dan memiliki warna yang cantik. Tanaman ini termasuk mudah untuk dipelihara. Bagaimana cara merawat tanaman hias aglonema?

Salah satu jenis aglonema yang paling banyak diburu oleh penggemar tanaman hias, adalah aglonema red peacock. Kamu tertarik untuk memelihara jenis aglonema ini? Yuk simak serba-serbi tentang aglonema red peacock.

Cara Merawat Tanaman Hias Aglonema Red Peacock

Aglonema red peacock seperti namanya memiliki keunikan warna merah di bagian tengah daun. Bagaimana cara perawatan aglonema red peacock agar cepat rimbun?

Menurut penjual dan kolektor tanaman hias Willyana Kissara, perawatan aglonema red peaacock sama saja dengan tanaman hias lainnya. Hanya saja media tanamnya saja yang berbeda-beda setiap tanaman.

Media tanam atau metan untuk aglonema red peacock biasa memakai cocopit campur sekam fermentasi. Cocopit bagus untuk kamu yang malas menyiram tanaman karena sudah lembab. Kamu bisa memakai andam campur sekam bakar dan sekam mentah yang sudah diferementasi.

"Tanaman ini biasanya warna daun hijau dan urat merah. Perawatannya siram sehari sekali cukup, jangan terlalu banyak air supaya akar tidak busuk. Hindari matahari siang langsung, karena bisa bikin gosong daun. Pilih media yang porous jadi sirkukasi air bagus, tidak tergenang. Kalau gak porous bisa menyebabkan pembusukan pada akar," kata Willy kepada Wolipop, Selasa (7/9/2021).

"Metan porous tidak mengendapkan air terlalu lama pada bagian media tanam dipot. Jadi ketika disiram kalau medianya porous, ketika disiram bisa langsung melalui media tanam dan keluar melalui lubang pot," tambahnya.

Willy yang mengoleksi tanaman hias sejak 2007 itu menuturkan ada ratusan jenis tanaman hias aglonema dan mempunyai keunikannya masing-masing.

Foto Aglonema widuri atau red peacock.Foto Aglonema red peacock. Foto: Dok. Instagram @ngebon.ahh.

Tips Agar Aglonema Red Peacock Semakin Mahal

Pemilik akun Instagram @ngebon.ahh. ini memberikan tips jika kamu ingin membudidayakan aglonema red peacock dan ingin menjualnya dengan harga yang fantastis. Willy menjelaskan bahwa harga aglonema red peacock semakin mahal, jika urat warna merahnya semakin cerah dan mendominasi serta memiliki warna yang cantik.

"Nah, biasanya kalau mau keluar warnanya makin merah dijemur, antara jam 07.00-10.00 WIB," lanjut Willy.

Willy meyebutkan jika harga aglonema red peacock ini beragam. Harga tanaman tersebut tergantung ukuran dan warnanya.

"Harganya ratusan ribu. Paling mahal sekitar Rp 800 ribu yang daunnya rimbun," ujarnya.

Foto Willyana Kissara, pemilik akun Instagram @ngebon.ahh.Foto Willyana Kissara, pemilik akun Instagram @ngebon.ahh. Foto: Dok. pribadi Willyana Kissara.

Tata Letak Aglonema Red Peacock

Cara merawat tanaman hias aglonema red peacock berikutnya adalah dengan memerhatikan tata letaknya. Willy mengatakan jika tanaman ini bisa diletakkan di dalam ruangan.

"Sebetulnya bisa di dalam ruangan, tapi harus tetap sesekali dikeluarin untuk dapat siar matahari pagi. Kalau tanaman kurang matahari warnanya juga kurang cantik," jelasnya.

"Seminggu tiga kali lah kalau di dalam ruangan. Jemur matahari pagi agar warnanya keluar," lanjut Willy.

Bagaimana sudah tahu kan cara merawat tanaman hias aglonema red peacock? Selamat mencoba.

(gaf/eny)