Cara Membuat dan Fungsi Turus Tanaman Buat Pemula Pecinta Tanaman Hias

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 04 Agu 2021 14:45 WIB
Tanaman hias yang memakai turus. Fungsi dan cara membuat turus tanaman. Foto: Dok. Instagram @nyonyadestira.
Jakarta -

Bagi kamu pecinta tanaman hias, tentu sudah tak asing dengan turus tanaman. Turus adalah tiang, penyangga atau tonggak untuk tempat merambat tanaman yang menjalar. Apa manfaat turus tanaman? Bagaimana cara membuat turus tanaman?

Turus digunakan untuk tanaman hias agar tumbuh tegak lurus ke atas dan menyuburkan tanaman. Selain itu dengan turus, tanaman kamu bisa semakin rimbun dan tertata rapi.

Tanaman hias yang membutuhkan turus tanaman di antaranya monstera, janda bolong dan semua jenis tanaman philodenron. Selain itu tanaman jenis sirih sirih dan tanaman rambat lainnya juga perlu turus.

Fungsi Turus Tanaman

Wolipop berbincang dengan penjual tanaman hias, Wuri Setyaningsih yang merupakan pemilik akun Instagram @kebunwuri untuk mengetahui manfaat turus. Wuri menjelaskan fungsi sebenarnya turus tanaman.

"Fungsi turus tanaman itu sebenernya untuk mengatur pertumbuhan tanaman yang sifatnya merambat. Karena di alam aslinya tanaman merambat ini butuh penopang untuk akar-akar anginnya, kalau di alam kan mereka menopang pohon lainnya, jadi karena tanaman yang kita punya tidak hidup di alam aslinya jadi disiasati dengan memakai turus," kata Wuri kepada Wolipop, Jumat (30/7/2021).

Sesuai perkembangan zaman, Wuri menuturkan banyak pecinta tanaman yang memakai turus untuk menopang batang tanaman yang tidak merambat supaya tetap tumbuh lurus. Selain itu turus juga bisa membuat tanaman menjadi tidak mengering.

Tanaman hias yang memakai turus.Tanaman hias yang memakai turus. Foto: Dok. Instagram @kebunwuri.

Cara Membuat Turus Tanaman

Wuri mengatakan cara membuat turus tanaman bisa dengan kayu saja. Tapi saat ini sudah banyak plant lovers yang berinovasi membuat turus tanaman memakai pipa paralon dan ditambah serabut kelapa.

"Bahkan sekarang lumut supaya dapat menopang akar angin dan tetap mendapatkan nutrisi seperti dia menopang di batang pohon. Ada turus dari cocopeat dan serabut karung goni," jelasnya.

Turus yang awalnya hanya tegak lurus, semakin lama terus berinovasi dengan bentuknya ada yang beraneka ragam. Ada yang membuat turus tanaman melengkung, bentuk 'hati' yang biasanya dari kawat bahan dasarnya dan ada juga yang berbentuk tangga.

Wuri menjelaskan ukuran turus tanaman beraneka ragam, mulai dari 20 cm - 70 cm. Dan ada turus tanaman yang lebih panjang lagi di pasaran sesuai dengan kebutuhan pecinta tanaman.

Jika tidak bisa membuat sendiri, kamu bisa membeli turus mulai dari harga Rp 10 ribu- Rp 40 ribu. Harganya tergantung tinggi turus serta bahan luar turus yang digunakan seperti lumut, cocopeat atau lilitan tali bahan goni.

Turus tanaman praktis digunakan, kamu bisa langsung tancapkan pada pot tanaman yang berisi media tanam. Pastikan sudah tertancap dengan kuat sehingga tidak jatuh ketika digunakan pada tanaman. Dan perhatikan agar tidak merusak bagian akar pada tanaman hias.

Itulah fungsi dan cara membuat turus tanaman. Selamat mencoba.

Tanaman hias yang memakai turus.Tanaman hias yang memakai turus. Foto: Dok. Instagram @nyonyadestira.
(gaf/eny)