Cara Merawat Sirih Manjula, Jenis Tanaman Hias Sirih Gading yang Populer

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 16 Jun 2021 11:31 WIB
sirih manjula atau manjula pothos. Foto tanaman hias sirih manjula atau sirih keong. Foto: Dok. Instagram @airy_garden_official
Jakarta -

Tanaman hias sirih gading yang banyak diminati selama masa pandemi ini memiliki beberapa jenis. Salah satu yang populer adalah sirih manjula. Bagaimana cara merawat siri manjula?

Tanaman hias sirih gading jenis sirih manjula yang berbentuk hati ini memiliki warna yang unik. Keunikannya membuat tanaman tersebut cocok menjadi dekorasi rumah. Selain itu, rumah juga bisa terlihat lebih asri dan sejuk. Sirih gading manjula tak hanya mempercantik rumah, tanaman hias ini bisa untuk menyaring udara kotor, sirkulasi udara menjadi bersih.

Tertarik memiliki jenis tanaman hias sirih gading ini? Yuk mengenal tanaman hias sirih manjula.

sirih manjula atau manjula pothos.sirih manjula atau manjula pothos. Foto: Dok. Instagram @airy_garden_official

Wolipop mewawancarai Ekawati, pemilik toko tanaman hias Airy Garden untuk mengetahui cara merawat sirih manjula. Ia mengatakan tanaman hias sirih manjula atau manjula pothos merupakan salah satu anggota famili Araceae.

"Tumbuh merambat ke permukaan tembok, kayu atau turus. Sirih manjula mempunyai bentuk daun membulat dengan ujung daun bergelombang, berwarna perpaduan krem, hijau dan putih," kata Eka.

Sirih manjula bisa tumbuh secar optimal di kondisi lingkungan yang terang, tapi tidak terkena sinar matahari langsung. Sehingga sirih manjula cocok diletakan di area teras atau bahkan di ruangan indoor namun yang cukup terang.

Dalam segi penjualan, sirih manjula relatif mempunyai harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis sirih-sirihan lainnya. Biasanya 3-4 daun dihargai mulai kisaran harga Rp 50 ribu, karena keistimewaan warna dan bentuknya yang menarik.

sirih manjula atau manjula pothos.sirih manjula atau manjula pothos. Foto: Dok. Instagram @airy_garden_official

Cara Merawat Sirih Manjula

Menurut Eka perawatan sirih manjula tidak terlalu sulit. Penyiraman dilakukan jika kondisi media tanam sudah hampir kering atau sudah terlihat gejala daun mulai sedikit layu.

"Biasanya dilakukan setiap 2-3 hari sekali tergantung tingkat kelembapan di area tersebut. Pemupukan cukup dilakukan seminggu sekali dengan pupuk organik padat atau cair," jelas Eka.

Penyemprotan insektisida dilakukan jika terlihat ada gejala serangan hama ulat, belalang atau kutu putih. Dan penyemprotan fungisida dilakukan apabila diperlukan, setiap dua minggu sekali untuk mencegah serangan jamur.

Dari segi propagasi atau memperbanyak tanaman, cukup mudah dilakukan untuk sirih manjula. Caranya stek batang dengan memotong di setiap ruas batang yang sudah mempunyai akar angin.

Media tanam yang digunakan untuk sirih manjula, harus mempunyai tingkat porositas yang tinggi, untuk menghindari air terjebak dalam media yang nantinya akan menyebabkan busuk akar dan busuk batang. Biasanya media tanam yang dipakai terdiri dari campuran sekam mentah, sekam bakar, andam dan pupuk kandang atau pupuk kompos.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk memelihara tanaman hias sirih manjula?

(gaf/eny)