10 Penyebab Tanaman Hias Layu dan Cara Mengobatinya

Tim MommiesDaily - wolipop Selasa, 25 Mei 2021 06:30 WIB
Cara merawat Caladium agar tidak mudah layu Penyebab tanaman hias layu. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tharakorn
Jakarta -

Buat kamu yang sedang hobi tanaman hias tentu akan sedih saat mendapati tanaman layu. Apa penyebab tanaman hias layu?

Tanaman hias yang sehat terkadang bisa menjadi layu dalam hitungan hari. Bahkan kamupun tidak menyadarinya karena tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan tanaman hias itu akan layu.

Ketika tanaman hias kesayangan layu, jangan pantang menyerah. Jadikan pelajaran untuk merawat tanaman hias lainnya atau yang baru.

Berikut berbagai penyebab tanaman hias layu dan cara mengobatinya:

1. Lupa membaca panduan perawatan


Jangan pernah abaikan instruksi cara merawat tanaman. Biasanya, tanaman yang baru dibeli, punya instruksi yang jika diikuti dengan tepat, akan membuat tanaman selalu sehat. Mengapa penting mengikuti panduan? Karena setiap tanaman punya kebutuhan yang berbeda. Jika tak ada panduan atau instruksinya, bisa cari tahu via Google, lihat di blog, atau forum para pecinta tanaman.

2. Tidak mendapat air sesuai yang dibutuhkan


Penyebab tanaman hias layu berikutnya karena tak mendapatkan air yang sesuai kebutuhan. Setiap tanaman memiliki kebutuhan penyiraman yang berbeda, berdasarkan musim, jumlah cahaya, dan suhu. Beberapa tanaman suka kering, yang lainnya perlu dijaga agar tetap lembap.

Solusinya adalah membeli alat pengukur kelembapan tanah. Atau, kamu bisa memasukkan jari ke dalam tanah sekitar 1 inci untuk merasakan apakah tanah dalam kondisi kering atau lembap. Air yang berlebihan bisa menyebabkan busuk akar.

Pastikan pot kamu memiliki lubang drainase. Kekurangan air sama buruknya. Ketika kekeringan, daun-daunnya akan layu, tapi akan segar kembali setelah mendapatkan siraman air.

Begonia maculata. Plant in blue pot. White background.Penyebab tanaman hias layu. Foto: Getty Images/iStockphoto/patnowa

3. Tidak mendapatkan jumlah cahaya yang tepat


Semua tanaman membutuhkan cahaya pada tingkat yang berbeda-beda. Terlalu banyak cahaya, daun akan 'terbakar matahari', berubah warna menjadi cokelat. Jika tanaman condong ke arah cahaya, atau menghasilkan daun yang sangat kecil dan pucat itu berarti ia tidak mendapatkan cahaya yang cukup.

4. Tanaman terpapar suhu ekstrim


Suhu yang ekstrem bisa menjadi penyebab tanaman hias layu. Kebanyakan tanaman menyukai suhu yang sama dengan yang kita suka. Jika kamu merasa nyaman, mereka juga. Suhu yang dapat diterima adalah 18-38 derajat Celcius.

Jika kamu letakkan di dekat jendela, perlu diingat bahwa cuaca di luar memengaruhi kehidupan tanaman. Selain itu, pemanas ruangan dan AC dapat menyebabkan tanaman mengering.

5. Tidak membuang daun dan bunga layu


Penyebab tanaman hias layu karena daun atau bunganya yang sudah tidak sehat, tidak dibuang. Mayoritas tanaman berbunga mengharuskan kamu membuang bunga dan daun tua untuk mendorong pertumbuhan tanaman baru.

Ketika mekar dan daun menjadi cokelat, itu berarti mereka sedang sekarat. Jepit dengan memegang batang dengan satu tangan dan gunakan tangan kamu yang lain atau gunting kebun untuk memetik seluruh bunga atau daun yang mulai layu.

Temukan lima penyebab lainnya yang membuat tanaman hias layu dengan KLIK DI SINI.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)