5 Tanaman Hias Herbal, Bisa Mempercantik Rumah Sekaligus Bumbu Masakan

Tim Haibunda - wolipop Jumat, 21 Mei 2021 05:30 WIB
holy basil Tanaman hias herbal. Foto: Getty Images/iStockphoto/SITTHIPONG
Jakarta -

Tanaman hias beragam jenisnya. Bagi kamu yang ingin merawat tanaman hias bukan hanya sekadar mempercantik rumah, tanaman hias herbal bisa jadi pilihan.

Dedaunan herbal dapat bermanfaat untuk obat dan bahan masakan. Seperti kucai, termasuk tanaman hias herbal yang bisa menjadi penyedap aroma masakan.

Tanaman hias herbal khas Indonesia yang juga bisa kamu rawat di rumah adalah kemangi. Ada juga tanaman hias herbal jenis oregano.

Berikut selengkapnya tanaman hias herbal yang bukan hanya bermanfaat mempercantik rumah tapi juga bisa menjadi obat hingga penyedap masakan:

1. Kemangi

Kemangi leaves grows on the groundKemangi Foto: Dok. iStock

Kamu bisa memilih kemangi dan meletakkannya di dalam pot dekat jendela yang menghadap ke arah sinar matahari, sebab tanaman hias herbal ini menyukai banyak sinar matahari dan hangat. Daun kemangi butuh banyak air untuk tumbuh. Pastikan tanahnya selalu lembap .Namun, jangan sampai jenuh air.

Sebagai pelengkap hidangan, kamu selalu bisa menambahkan kemangi segar di atas pizza, pasta, ratatouille, salad, maupun lalapan khas Sunda.

2. Sweet Bay

Paling dikenal sebagai bumbu masakan, sweet bay adalah pohon cemara kecil dan ramping dengan bentuk kerucut. Dedaunannya berwarna hijau tua dan sangat aromatik.

Seperti dikutip dari Good House Keeping, sweet bay termasuk tumbuhan yang lambat mekar, oleh karena itu tanaman ini lebih cocok bila ditanam di pot, terutama bila dijadikan desk plant atau tanaman hias teras rumah.

3. Kucai

white flower pot with fresh chives on the kitchen deskTanaman hias herbal, kucai Foto: Dok. iStock

Bentuk kucai atau chives menyerupai bawang namun pada bagian tangkai yang paling ujung lebih panjang dan berwarna putih. Tanaman ini cukup bagus bila diletakkan di bawah sinar matahari penuh.

Daun kucai juga dapat dipakai sebagai rempah masakan dan penyedap aroma masakan, misalnya menaburkannya ke dalam sup atau salad. Selain sebagai rempah masakan, daun kucai juga memiliki beberapa kandungan zat penting dan vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh, diantaranya vitamin C, K, E, dan asam folat.

Untuk jenis tanaman hias herbal lainnya, KLIK DI SINI.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)