4 Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Minimalis agar Kesan Ruang Lebih Lega

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 17 Apr 2021 10:00 WIB
Modern living room. Render image. Ilustrasi rumah minimalis. Foto: Getty Images/NelleG
Jakarta -

Menata rumah minimalis memiliki tantangan tersendiri. Lahan dan ruang yang terbatas membuat kita harus memutar otak agar rumah terlihat rapi, terkesan lapang dan tetap menarik.

Pemilihan furnitur pun menjadi faktor penting saat menata rumah minimalis. Salah-salah, rumah jadi terkesan sempit, berantakan dan sumpek.

Bagaimana memilih furnitur yang tepat untuk rumah minimalis? Menurut buku 'Ide Penataan: Interior Rumah Mungil Simpel Minimalis', pilihan dan penempatan furnitur sebaiknya difokuskan pada pertimbangan fungsional.

Misalnya saja jika ingin menempatkan meja atau kursi, harus benar-benar dipertimbangkan, apakah keberadaan furnitur tersebut penting dalam ruangan? Jika nantinya hanya sebagai elemen dekoratif maka sebaiknya dipertimbangkan kembali untuk membelinya atau tidak.

Ini beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat menata furnitur untuk rumah minimalis yang mungil:

1. Bentuk Geometri

Wooden chairs and table on gray  background, rattan pot and trendy home accessories , Scandinavian dining room interior design with empty wooden frame template.Foto: Getty Images/iStockphoto/Lilas Gh

Tiga penulis buku yakni Devi Arisza, Wendi Konafi dan Nia Noorrahmah menyarankan agar kamu memilih furnitur bentuk geometri tanpa ornamen rumit. Furnitur yang simpel dan dirancang sesuai fungsi akan memberi kesan bersih dan mempertegas ruang yang lapang.

2. Kesesuaian Tema Warna

Render of a beautiful and modern living room for young family. Concrete and wood desing with yellow color furniture to enrich the room. Foto: Getty Images/FluxFactory

Sesuaikan warna furnitur dengan tema warna ruangan. Tidak perlu persis sama, tapi usahakan paletnya senada dan tidak 'bertabrakan' yang akan membuat ruangan terlihat semakin 'menyusut'.

"Kehadiran furnitur dapat dijadikan elemen harmonis yang tampil senada dengan elemen interior lainnya, atau justru tampil kontras sebagai aksen untuk mempercantik tampilan interior," saran penulis dalam bukunya.

3. Furnitur Multifungsi

Bohemian living room interior 3d render with  beige colored furniture and wooden elementsFoto: Getty Images/CreativaStudio

Saat ini kita banyak mendapati furnitur bergaya Skandinavia yang dirancang multifungsi. Satu furnitur bisa difungsikan untuk lebih dari satu kebutuhan. Furnitur seperti ini bisa jadi alternatif dalam menata rumah minimalis untuk menghemat ruang.

"Misalnya dengan memanfaatkan bagian bawah kursi sebagai tempat penyimpanan, atau merancang sofa yang dapat dijadikan tempat tidur atau sofabed," jelasnya.

4. Lemari atau Rak Sebagai Partisi

modern interior room with nice furniture. 3d illustrationFoto: Thinkstock

Sekat pada rumah minimalis tidak harus dibangun secara permanen. Kamu bisa memanfaatkan lemari buku, rak pajangan bahkan cermin yang dipasang vertikal sebagai partisi ruangan.

"Bagaimanapun bentuknya, tampilan partisi diupayakan terkesan ringan dan tidak solid agar kedua ruang yang disekat tetap terasa berhubungan."

Demikian tips memilih furnitur untuk rumah minimalis. Setiap pemilihan bisa disesuaikan tergantung selera dan tema ruangan yang ingin dihadirkan agar mendapatkan nuansa estetik dan nyaman sekaligus.

(hst/hst)