Manfaat Mengajak Bicara Tanaman Hias Menurut Riset

Tim Haibunda - wolipop Selasa, 06 Apr 2021 17:16 WIB
Plant care at home series with Japanese man, woman and child. Manfaat mengajak bicara tanaman hias. Foto: Getty Images/visualspace
Jakarta -

Pernahkah kamu mendengar nasihat dari sesama pecinta tanaman hias untuk mengajak bicara tanaman kamu? Saat mendengarnya kamu bisa jadi merasa nasihat tersebut mengada-ada. Namun ternyata riset membuktikan mengajak bicara tanaman hias ada manfaatnya untuk tanaman kesayangan kamu.

Dikutip laman The Spruce, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Royal Horticulturan Society menemukan bahwa mengajak bicara tanaman hias bisa membantunya tumbuh dengan cepat. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa tanaman hias akan lebih cepat lagi tumbuh jika mendengar suara wanita daripada laki-laki.

Penelitian ini dilakukan selama sebulan dengan sampel 10 orang termasuk laki-laki dan perempuan. Mereka kemudian mengajak tanaman berbicara mulai dari membacakan karya sastra hingga karya ilmiah.

Setiap rekaman diputar melalui satu headphone yang dipasang di setiap pot tanaman tomat. Varietas tomat yang digunakan oleh satu orang sama jenisnya dengan milik orang lain. Begitu juga dengan jenis tanah dan cara perawatannya.

Pada akhir bulan, tanaman hias yang tadinya yang diputarkan suara wanita tumbuh rata-rata 2,5 cm lebih tinggi daripada yang diperdengarkan suara laki-laki. Tomat yang tumbuh paling besar adalah milik Sarah Darwin, cicit dari Charles Darwin. Tanaman Sarah tumbuh sekitar 5 cm lebih tinggi dari yang lainnya.

Saat ditanyai mengenai tomatnya, Sarah hanya berkomentar bahwa ia tidak yakin apakah tanaman itu tumbuh karena suara merdu miliknya. Namun ia mengatakan bahwa penelitian ini sangat menyenangkan dan cukup bangga dengan hasilnya.

"Saya tidak yakin apakah itu nada merdu saya atau teks yang saya baca dari On the Origin of Species. Tapi bagaimanapun juga menurut saya ini sangat menyenangkan dan saya bangga dengan gelar baru saya," kata Sarah.

Lantas apa yang menjadi alasan tanaman hias bisa tumbuh lebih tinggi dengan suara perempuan? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)