Wajib Punya, Ini 5 Tanaman Hias Sukulen yang Mudah Dirawat di Rumah

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 29 Des 2020 11:46 WIB
Succulent in the geometry glass terrarium Tanaman hias sukulen. Foto: Instagram @airy_garden_official.
Jakarta -

Tanaman hias sukulen dikenal karena penampilannya yang mencolok dan tidak biasa, serta kemampuannya untuk tumbuh subur dengan perawatan yang relatif minim alias gak ribet. Tanaman sukulen memiliki kemampuan untuk tumbuh subur pada sumber air yang terbatas, seperti kabut dan embun, sehingga dapat bertahan hidup dalam ekosistem memiliki sumber air terbatas.

Tanaman sukulen adalah tanaman tahan kekeringan dengan daun, batang, atau akar berdaging dan memiliki jaringan penyimpan air. Dikutip dari Hai Bunda, berikut ini daftarnya tanaman hias sukulen yang mudah di rawat :


1. Bunga 8 dewa

Bunga 8 dewa.Bunga 8 dewa. Foto: Dok. Instagram @yoyosudiono.

Tanaman hias sukulen pertama yang cantik sekaligus mudah dirawat adalah bunga 8 dewa. Nah, bunga 8 dewa memiliki daun seperti sendok dengan batang berduri. Bunganya juga beragam, warnanya mulai dari oranye, salmon, hingga merah.

Bunga 8 dewa ini termasuk tanaman hias sukulen asli Madagaskar. Tanaman hias yang cantik ini perlu sinar matahari selama sekira 3-4 jam per harinya supaya subur.


2. Lidah buaya

Tanaman hias sukulen, lidah buaya.Tanaman hias sukulen, lidah buaya. Foto: Dok. Instagram @stepinutopia.

Bicara soal tanaman hias sukulen, kurang lengkap tanpa lidah buaya. Jenis sukulen yang satu ini memiliki daun tebal dan runcing yang memanjang. Pada permukaannya terdapat beberapa duri berwarna putih. Sedangkan sisi dalamnya penuh dengan gel yang unik.

Lidah buaya mempunyai banyak manfaat. Tanaman hias ini biasa dimanfaatkan untuk menyembuhkan kulit terbakar hingga membantu menumbuhkan rambut.


3. Sukulen panda

Tanaman hias sukulen panda.Tanaman hias sukulen panda. Foto: Dok. Instagram @lihatkebunku_gallery.

Berikutnya ada tanaman hias sukulen. panda. Bentuknya begitu unik dan lucu. Tanaman hias ini berdaun tebal dengan warna hijau. Tapi pinggirannya tampak merah kehitaman. Sukulen panda cocok banget ditaruh di halaman maupun menjadi hiasan dalam kamar. Tanam saja dalam pot kecil, lalu letakkan dekat jendela supaya mendapat sinar mentari.


4. Ball cactus

tanaman sukulen ball cactus.tanaman sukulen ball cactus. Foto: Dok. Instagram @plantjourni.

Tanaman hias sukulen jenis kaktus ini memiliki postur yang menggemaskan. Tanaman hias bola berduri ini cocok untuk pemanis rumah. Ball cactus memiliki warna duri kekuningan hingga keemasan. Jika berbunga, akan menghasilkan bunga kecil berwarna kuning. Meskipun cantik, tetap jauhkan tanaman hias berduri ini dari jangkauan si kecil. Durinya yang tajam bisa berbahaya buat anak-anak.


5. Medusa cactus

Tanaman sukulen medusa cactus.Tanaman sukulen medusa cactus. Foto: Dok. Instagram @ajabwildflower.

Medusa cactus bisa dibilang tanaman hias sukulen yang begitu unik. Postur daunnya memanjang, keras, dan menjuntai ke atas. Sekilas tampak seperti kaki cumi yang diletakkan pada pot. Tanaman hias sukulen ini cocok ditanam dalam pot lalu digantung. Bisa buat di teras maupun halaman rumah. Perawatannya juga tak sulit lho. Cukup letakkan media cactus di area yang banyak terkena sinar matahari dan siram secukupnya ketika tanah pot sudah kering.


Bagaimana? Tanaman hias sukulen mana yang jadi favorit kamu?

(gaf/gaf)