3 Tips Merawat Lidah Mertua Agar Menarik dan Tumbuh Subur

Tim Haibunda - wolipop Jumat, 26 Mar 2021 05:30 WIB
Tanaman Hias Sansevieria Tanaman hias lidah mertua. Foto: iStock
Jakarta -

Lidah mertua dikenal sebagai tanaman hias yang bermanfaat menyerap racun di udara. Mau memiliki tanaman hias ini? Berikut tips merawat lidah mertua.

Tanaman hias sansevieria atau lidah mertua ciri khasnya adalah bentuknya yang tajam, unik, daun yang keras, tegak, sukulen, dan dengan ujung runcing. Manfaat tanaman hias ini menyerap racun seperti karbondioksida, formaldehida, benzena, sekaligus berfungsi sebagai penyaring udara kotor karena menghasilkan oksigen.

Lidah mertua termasuk tanaman hias yang mudah dirawat karena tidak membutuhkan banyak air dan tahan terhadap intensitas cahaya tinggi hingga rendah. Meski mudah dirawat kamu tetap perlu memberikan perhatian pada si lidah mertua.

Berikut tips merawat lidah mertua seperti dikutip dari buku Pintar Tanaman Hias:

1. Pemilihan Media Tanam Lidah Mertua

Lidah mertua membutuhkan media tanam yang bersifat porous dan kering. Jenis dan komposisi medianya ditentukan oleh sifat, rencana penanaman, dan penempatan tanaman tersebut.

Tanaman hias Sansevieria Trufasciata LautentiiTanaman hias lidah mertua Foto: Instagram @lestarifarming

Media tanam terbaik untuk lidah mertua yang bisa dipilih, di antaranya sekam bakar, kompos atau pupuk kandang, dan pasir malang dengan perbandingan 1:1:1. Dan sebaiknya pergantian media tanam cukup dilakukan setahun sekali saja.

2. Penempatan Pot

Tips merawat lidah mertua, pastikan kamu memilih pot yang sesuai dengan ukuran tanaman. Menanam lidah mertua berukuran mini di pot yang besar akan membuat tanaman menjadi tertutupi oleh timbunan tanah sehingga akan menyebabkan tanaman mudah berjamur dan membusuk.

Pilih pot besar untuk tanaman induk (soliter) atau gabungan beberapa individu tanaman (grouping). Sementara itu, tanaman lidah mertua yang dihasilkan dari setek daun atau berukuran mini lebih cocok diletakkan pada pot berukuran kecil.

Wooden boxes with sansevieria plants on white backgroundTanaman hias lidah mertua. Foto: Dok. Istock

Kamu bisa meletakkan tanaman lidah mertua dalam pot yang terbuat dari tanah liat, semen, plastik, dan keramik, Pemilihan pot yang terbuat dari tanah liat dianggap yang terbaik karena pot ini memiliki dinding yang dapat menyerap dan membuang kelebihan air pada tanaman hias (porous), serta bisa menjaga kestabilan temperatur media.

Jika kamu meletakkan lidah mertua pada pot plastik maka pastikan pot tersebut memiliki lubang pembuangan air di dasar atau disamping pot guna memastikan tanah tidak terlalu tergenang atau basah.

Namun, jika kamu ingin mengikuti tren maka memilih pot keramik bisa jadi andalan yang bisa dipertimbangkan. Hal ini karena pot keramik memiliki daya tarik yang bisa menambah keanggunan tampilan tanaman hias lidah mertua.

Apalagi tips merawat lidah mertua? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "Aksi Wanita Korsel Bela Atlet yang Dikritik Gegara Rambut Pendek"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)