11 Jenis Tanaman Hias Sansevieria, Si Lidah Mertua yang Bisa Serap Racun

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 12 Jan 2021 19:30 WIB
Jenis tanaman hias lidah mertua. Foto: Dok. Istock Jenis tanaman hias lidah mertua. Foto: Dok. Istock
Jakarta -

Tanaman hias Sansevieria populer di Indonesia dengan nama lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Ciri-ciri tanaman hias Sansevieria memiliki bentuk unik, daun yang keras, tegak, sukulen, dan dengan ujung runcing.

Sansevieria memiliki keistimewaan dibanding tanaman hias lainnya, yaitu bisa menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene. Tanaman hias lidah mertua ini juga bisa menyaring udara kotor karena menghasilkan oksigen.

Tanaman hias Sansevieria memiliki beragam jenis yang unik dan cantik. Kamu bisa menaruh lidah mertua di dalam rumah sebagai pelengkap dekorasi ruangan.

Lidah mertua yang mudah dirawat ini memiliki beragam jenis. Wolipop berbincang dengan penjual tanaman hias Wuri Setyaningsih yang merupakan pemilik akun Instagram @kebunwuri untuk mengetahui jenis-jenis tanaman hias Sansevieria atau lidah mertua.

Jenis-jenis Tanaman Hias Lidah Mertua:

1. Sansevieria Trufasciata Lautentii

Tanaman hias Sansevieria Trufasciata LautentiiTanaman hias Sansevieria Trufasciata Lautentii Foto: Instagram @lestarifarming

Tanaman hias lidah mertua jenis Trufasciata Lautentii ini memiliki bentuk daun yang keras dan memanjang. Ciri khas Sansevieria Trufasciata Lautentii adalah warna hijau yang dikombinasikan dengan warna kuning di sisi daunnya.

2. Sansevieria Trufasciata

Tanaman hias Sansevieria TrufasciataTanaman hias Sansevieria Trufasciata Foto: Instagram @kebunwuri

Tanaman hias Sansevieria Trufasciata ini, daunya tegak runcing tapi warna hijau pada daunnya ada tutul-tutul atau garis-garis hijau tua.

3. Sansevieria Clundrica atau Lidah Mertua Tanduk

Tanaman hias Sansevieria ClundricaTanaman hias Sansevieria Clundrica Foto: Tokopedia-Sidodadi Lakalaka.

Selanjutnya, Sansevieria Clundrica atau lidah mertua tanduk yang bentuknya bulat runcing tegak seperti tanduk. Sansevieria Clundrica ini mudah patah jika ditekuk.

4. Sansevieria Hahnii atau Lidah Mertua Kerdil

Tanaman hias Sansevieria Hahnii.Tanaman hias Sansevieria Hahnii. Foto: Instagram @tanja.vo.

Sansevieria Hahnii atau lidah mertua kerdil merupakan tanaman hias yang bentuknya kecil sesuai namanya. Ukuran paling tingginya hanya sampai 20 cm. Tanaman hias lidah mertua ini lebarnya tebal dan sedikit bergelombang-gelombang. Tanaman hias ini sudah populer di kalangan kolektor tanaman hias.

5. Sansevieria Clyndrica

Tanaman hias Sansevieria CylindricaTanaman hias Sansevieria Cylindrica Foto: Instagram @croppit

Jenis tanaman hias Sansevieria selanjutnya ada Sansevieria Clyndrica. Nama lain tanaman ini adalah Dracaena angolensis. Bentuk tanaman lidah mertua ini seperti tabung tegak lurus dan berwarnanya hijau.

6. Sansevieria Pinguicula

Tanaman hias Sansevieria PinguiculaTanaman hias Sansevieria Pinguicula Foto: Instagram @newbieplanties

Ciri khas jenis tanaman lidah mertua ini adalah kombinasi warna daun biru dan hijau. Tampilan tanaman hias Sansevieria Pinguicula semakin cantik dengan warna cokelat kemerahan pada sisi daunnya.

7. Sansevieria Kirkii

Tanaman hias Sansevieria KirkiiTanaman hias Sansevieria Kirkii Foto: Instagram @cj.grows

Tanaman hias Sansevieria Kirkii, memiliki daun yang tebal, kaku dan agak keriting-keriting seperti bentuk bintang. Tanaman lidah mertua ini tidak bisa tumbuh besar alias kerdil dan mengeluarkan bau yang harum.

Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui jenis tanaman hias lidah mertua lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2