7 Tanaman Hias Ini Tidak Mudah Dirawat, Pikir Dulu Sebelum Beli

Tim Haibunda - wolipop Jumat, 15 Jan 2021 15:30 WIB
Fake flowers in a wicker pot with stand for Interior.Artificial flowers  made by fabric and plastic use decorated. Fiddle Fig is a tropical plant in the Banyan family.Ficus Lyrata Tanaman hias tidak mudah dirawat. Foto: iStock
Jakarta -

Hobi merawat tanaman hias yang menjadi tren selama pandemi membuat berbagai jenis tanaman laris manis. Namun tak semua tanaman hias mudah dirawat.

Tanaman hias yang tak mudah dirawat ini perlu ketelatenan pemiliknya. Ketika memiliki tanaman hias berikut kamu perlu mengetahui apakah tanaman itu perlu sering disiram atau jangan terlalu sering. Begitu juga penempatannya, apakah harus ditempat redup atau terkena sinar matahari langsing.

Pakar tanaman hias dan pemandu The Great Courses How to Grow Anything, Melinda Myers, mengatakan ada beberapa sebab mengapa tanaman hias sampai sulit dirawat. Seperti dikutip dari Real Simple, bisa karena lingkungan yang tidak tepat, seperti cahaya, dan kelembapan di ruangan yang ditempati tanaman hias.

Daftar Tanaman Hias yang Tidak Mudah Dirawat:

1. Peace lily

Siapa yang tak kenal dengan peace lily? Tanaman hias yang satu ini termasuk ke dalam jajaran populer dan diburu banyak orang. Peace lily kerap kali digunakan sebagai dekorasi di ruang indoor, karena bunga dan dedaunannya yang cantik.

Peace Lily in white flower pot on wood with black background. spathiphyllum houseplant for Valentines DayTanaman hias peace lily. Foto: Dok. Istock

Meski memiliki bunga yang cantik, faktanya tanaman hias ini sulit dirawat lho. Apalagi jika kamu termasuk tak bisa rutin menyiramnya.

"Tanaman ini cepat layu, subur ketika disiram dengan air, namun ketika layu lagi mereka tidak akan pernah hidup lagi," ujar Myers.

Tanaman hias bunga ini tak cocok diletakkan di jendela yang berangin. Peace lily juga sensitif terhadap bahan kimia seperti klorin dan fluorida dalam air yang bisa menyebabkan warna kecokelatan pada daun.

2. Pakis Boston

Pakis Boston atau paku gunung termasuk tanaman hias yang tidak mudah dirawat. Myers mengatakan, ketika daunnya berguguran mereka akan mengotori lantai.

Fake flowers in a wicker pot with stand for Interior.Artificial flowers  made by fabric and plastic use decorated. Fiddle Fig is a tropical plant in the Banyan family.Ficus LyrataTanaman hias tidak mudah dirawat, pakis boston. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nalin Prutimongkol

Dia juga mencatat, bahwa tanaman hias gantung ini menyukai kelembapan, karena itu pakis Boston populer di musim panas. Akan tetapi, tanaman hias ini akan menderita di musim yang lebih dingin.

Ada cara agar dapat mempertahankan kesuburannya, yaitu dengan menjaga rumah tetap hangat dan lembap. Selain itu, pakis Boston ini juga tak boleh terkena sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, sebaiknya diletakkan di teras atau dalam ruangan.

3. Ara biola

Tanaman hias ini populer dan sempat menjajaki trending di media sosial. Meski demikian, Myers mengungkapkan cara merawat tanaman hias ini cukup sulit.

Fake flowers in a wicker pot with stand for Interior.Artificial flowers  made by fabric and plastic use decorated. Fiddle Fig is a tropical plant in the Banyan family.Ficus LyrataTanaman hias ara biola. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nalin Prutimongkol

"Semua jenis ficus, termasuk tanaman karet (rubber plant) dan weeping fig, membutuhkan cahaya matahari yang cerah dan merata agar dapat tumbuh dengan baik," kata Myers.

Ia menegaskan, perubahan sekecil apapun dapat membuat daunnya layu dan rontok. Selain itu, ara biola juga menyukai tanah dan udara yang lembap, tetapi, tidak boleh terlalu sering disiram.

4. Madagaskar dragon tree

Pohon naga Madagaskar atau Dracaena marginata populer untuk interior karena memiliki ukuran yang tinggi dan ramping. Walaupun begitu, tanaman hias ini sebetulnya cukup rewel.

Fake flowers in a wicker pot with stand for Interior.Artificial flowers  made by fabric and plastic use decorated. Fiddle Fig is a tropical plant in the Banyan family.Ficus Lyratatanaman hias dragon tree Foto: Getty Images/iStockphoto/Nalin Prutimongkol

"Mereka membutuhkan kondisi yang tepat, tanah mereka harus sedikit lembap. Jika tidak, mereka akan kehilangan daun dan ujung daunnya akan berwarna cokelat," terang Myers.

Tanaman hias yang satu ini juga menyukai naungan cahaya. Namun, hindari paparan sinar matahari langsung, sebab akan menghanguskan daunnya.

Apalagi tanaman hias yang tidak mudah dirawat? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)