Mengenal Sirih Gading, Tanaman Hias Pembersih Udara yang Mudah Dirawat

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 15 Jan 2021 07:30 WIB
Tanaman hias sirih gading yang digemari para pecinta tanaman Tanaman hias sirih gading. Foto: Getty Images/iStockphoto/FeelPic
Jakarta -

Keluarga sirih-sirihan adalah jenis tanaman hias yang menjadi favorit sepanjang masa. Tanaman hias yang salah satu jenisnya adalah sirih gading ini bentuknya menyerupai hati dengan motif marble, bisa memikat para plant lovers untuk meminangnya.

Dari dulu sampai sekarang keluarga sirih-sirihan termasuk sirih gading eksis menghiasi hampir setiap sudut rumah-rumah hijau. Tumbuhan yang merambat ini mudah dikenal dari warna daunnya yang belang warna kuning cerah hingga kuning pucat, merambat di batang pohon dengan daun yang besar sehingga menutupi batang pohon yang dirambatnya.

Tanaman hias sirih gading tumbuh merambat dan sebaiknya di taruh pot gantung. Sirih gading tumbuh dengan batang yang menjuntai tanpa bunga, cocok untuk digantung di dekat jendela rumah.

Sirih gading bisa dibilang termasuk tanaman hias indoor yang terbaik untuk menghasilkan oksigen dengan cepat. Dikutip Balcon Garden Web, dalam sebuah penelitian, tanaman hias sirih gading disebut dapat menyerap 17,10% karbondioksida. Makanya, tanaman sirih gading sangat cocok untuk disimpan di dalam ruangan. Selain mempercantik rumah, sirih gading juga bisa membuat rumah lebih segar.

Wolipop berbincang dengan kolektor tanaman sultan, Mira Medyaningrum untuk membahas serba serbi tanaman hias sirih gading. Mira mengungkapkan alasan mengapa tanaman hias sirih gading sangat digandrungi oleh plant lovers.

Tanaman hias sirih gading yang digemari para pecinta tanamanTanaman hias sirih gading yang digemari para pecinta tanaman Foto: Instagram @airy_garden_official

5 serba-serbi tentang tanaman hias sirih gading:

1. Sirih gading tahan banting dalam segala cuaca dan kondisi

Tanaman hias sirih gading dapat bertahan lebih lama daripada tanaman hias indoor lainnya. Namun tanaman hias ini tetap harus dirotasi keluar sesekali untuk dapat melakukan proses fotosintesis dan pertumbuhan yang baik. Penempatan sirih gading di bawah naungan atap atau paranet akan lebih baik, mendapat asupan sinar matahari yang cukup terutama sinar matahari pagi.

2. Pertumbuhan sirih gading cepat

Tidak perlu memakan waktu lama untuk mendapatkan sirih gading yang sehat dan menjuntai dengan pemupukan yang sesuai. Kamu akan melihat perkembangan daunnya yang cantik.

3. Perawatan sirih gading minimalis

Tidak perlu perawatan khusus dalam memelihara sirih gading. Cukup dengan intensitas penyiraman yang sesuai dengan kondisinya, sirih gading bisa tumbuh merambat.

4. Anti gagal club

Karena ketahanan dan kebandelannya menanam sirih gading bisa dipastikan anti gagal. Tanaman hias sirih gading, apabila ditanam di dalam pot, daunnya mengecil. Potongan cabangnya dapat bertahan hidup cukup lama apabila bagian pangkalnya dicelupkan ke air.

5. Harga sirih gading yang relatif murah

Harga tanaman hias sirih gading ini pun terjangkau, dibandingkan tanaman hias lainnya, sehingga diburu oleh plants lovers. Jadi sirih gading cocok buat kamu yang ingin menambah koleksi tanaman hias.

Bagaimana, menyenangkan kan memelihara tanaman hias sirih gading. Apakah kamu sudah punya atau tertarik merawat tanaman hias sirih gading?



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)