10 Tanaman Hias Ini Mudah Dirawat, Cocok Buat Pemula yang Mau Berkebun

Lukita Wardani - wolipop Kamis, 03 Sep 2020 11:24 WIB
White shasta daisies grow at the edge of a Cape Cod meadow Tanaman hias mudah dirawat. Foto: Getty Images/iStockphoto/serezniy
Jakarta -

Berkebun saat ini tengah digemari karena bisa jadi penghilang stres di saat harus terus berada di rumah karena pandemi Corona. Namun berkebun bagi semua orang ternyata juga bisa membuat stres apalagi jika tanaman yang ditanam mati atau susah merawatnya.

Buat kamu yang tidak cukup sabar merawat tanaman namun ingin memiliki taman, berikut 10 tanaman hias yang mudah dirawat:

1. Shasta Daisy

White shasta daisies grow at the edge of a Cape Cod meadowTanaman hias mudah dirawat. Foto: Getty Images/iStockphoto/KenWiedemann

Tanaman bunga Shasta Daisy ini mudah tumbuh. Tanaman ini emiliki bunga berwarna putih besar yang di negara empat musim bisa bertahan hingga musim gugur. Tanaman ini lebih menyukai tanah yang kering namun berkualitas baik. Merawatnya juga tidak sulit namun memiliki kualitas bunga yang cantik.

2. Coneflower

White shasta daisies grow at the edge of a Cape Cod meadowConeflower, tanaman hias mudah dirawat. Foto: Getty Images/iStockphoto/KenWiedemann

Coneflower merupakan bunga yang mekar di pertengahan musim panas. Ada banyak varian berbeda dan banyak warna Conflower. Tanaman ini dapat menarik kupu-kupu dan akan lebih bagus jika ditanam di bawah matahari langsung.

3. Hardy Hibiscus atau Kembang Sepatu

White shasta daisies grow at the edge of a Cape Cod meadowKembang sepatu. Foto: Getty Images/iStockphoto/KenWiedemann

Tanaman ini sangat menyukai sinar matahari langsung dan bisa menarik kupu-kupu. Kembang sepatu mulai mekar di akhir musim panas dan menghasilkan bunga yang besar bernuansa merah, merah muda atau putih.

4. Geranium Abadi

White shasta daisies grow at the edge of a Cape Cod meadowBunga geranium, tanaman hias mudah dirawat. Foto: Getty Images/iStockphoto/KenWiedemann

Perennial Geranium termasuk tanaman hias yang mudah dirawat. Bahkan bunga ini bisa tumbuh dengan mudah di pinggir-pinggir jalan. Menyenangkannya meski tidak memerlukan perawatan intens, Geranium Abadi akan menghasilkan bunga cantik berwarna cerah. Tanaman ini biasanya hidup di tempat teduh dan dapat menarik kupu-kupu.

5. Hosta

White shasta daisies grow at the edge of a Cape Cod meadowHosta. Foto: Getty Images/iStockphoto/KenWiedemann

Hosta adalah 'ratu' dari tanaman teduh. Terutama pada jenis tanaman dedaunan, hosta hadir dalam ratusan variasi yang berbeda dari warna hijau hingga biru. Tanaman ini sangat toleran terhadap sinar matahari langsung maupun di dalam ruangan.

6. Pakis

White shasta daisies grow at the edge of a Cape Cod meadowPakis. Foto: Getty Images/iStockphoto/KenWiedemann

Pakis sangat cocok untuk tanaman rindang. Tanaman tersebut memiliki beragam variasi, tumbuh dengan ukuran yang pendek hingga tinggi, sangat bagus dari tekstur untuk menjadi tanaman hias.

7. Catmint

White shasta daisies grow at the edge of a Cape Cod meadowCatmint. Foto: Getty Images/iStockphoto/KenWiedemann

Catmint menghasilkan bunga berwarna biru yang cantik. Tanaman tersebut tumbuh dengan ukuran tinggi dan kuat. Catmint juga termasuk tanaman yang tahan dari kekeringan. Namun sebaiknya tanam di bawah sinar matahari langsung agar kecantikannya tahan lama.

8. Coreopsis

Tanaman Coreopsis ini memiliki bunga seperti daisy yang mekar dalam berbagai warna seperti kuning, merah mudah, merah atau dua warna. Bunganya mekar pada awal hingga pertengahan musim panas. Tanaman ini bisa tumbuh dengan tinggi sekitar 30 hingga 90 cm.

9. Rudbeckia atau Black Eyed Susan

White shasta daisies grow at the edge of a Cape Cod meadow10 Tanaman Hias Ini Mudah Dirawat, Cocok Buat Pemula yang Mau Berkebun Foto: Getty Images/iStockphoto/KenWiedemann

Rudbeckia merupakan tanaman musim panas sehingga cocok ditanam di bawah sinar matahari langsung. Namun pastikan untuk memotong habis bunga yang sudah layu agar tumbuh lebih banyak bunga.

10. Sedum

White shasta daisies grow at the edge of a Cape Cod meadowSedum. Foto: Getty Images/iStockphoto/KenWiedemann

Tanaman sedum yang memiliki bunga sempurna ini masuk dalam kategori bunga yang tumbuh pada akhir musim panas. Sedum juga tahan terhadap kekeringan dan hanya membutuhkan sedikit perawatan.

Itulah 10 tanaman hias yang mudah dirawat. Kamu tertarik menanam yang mana?

(eny/eny)