5 Tanaman Hias Bisa Jadi Pembersih Udara Ruangan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 01 Jan 2021 07:00 WIB
Wooden boxes with sansevieria plants on white background Tanaman hias lidah mertua bisa jadi pembersih udara ruangan. Foto: Adelia Putri/detikHealth
Jakarta -

Kamu ingin mendapatkan kualitas udara yang baik di dalam rumah? Kamu bisa merawat tanaman hias yang bisa menghasilkan oksigen dan menyerap racun, sehingga udara rumah menjadi segar. Dan bonusnya tanaman hias juga membuat rumah lebih enak dipandang mata.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa kamu rawat untuk membersihkan udara di dalam rumah. Tanaman hias ini juga bisa diletakkan di dalam kamar tidur.

Berikut tanaman hias pembersih udara ruangan:

1. Sirih Gading

Seperti dikutip dari CNBCIndonesia.com, tanaman hias sirih gading yang tumbuh merambat bisa menjadi pembersih udara rumah. Sebaiknya tanam sirih gading di pot gantung. Sirih gading tumbuh dengan batang yang menjuntai tanpa bunga. Cocok untuk digantung di dekat jendela rumah.

Devils Ivy or Rapunzel house plant on the windowsillTanaman hias sirih gading bisa jadi pembersih udara ruangan. Foto: Dok. Istock

Sirih gading bisa dibilang termasuk tanaman hias indoor yang terbaik untuk menghasilkan oksigen dengan cepat. Dikutip Balcon Garden Web, dalam sebuah penelitian, tanaman hias sirih gading disebut dapat menyerap 17,10% karbon dioksida.

2. Sansevieria (Lidah Mertua)

Sansevieria atau lidah mertua, tanaman hias ini dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan, asalkan disimpan di dekat jendela. Jadi, sansevieria sangat cocok untuk membuat rumah menjadi lebih segar.

Wooden boxes with sansevieria plants on white backgroundTanaman hias lidah mertua. Foto: Dok. Istock

Dilansir dari Lung Health Institute, tanaman hias ini memang dikenal sangat baik untuk lingkungan. Tanaman hias sansevieria dianggap sangat efisien dalam memproduksi oksigen, termasuk di malam hari.

Selain itu, tanaman hias indoor yang satu ini bisa menjernihkan udara. Sansevieria dapat menyerap benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan toluene.

3. Palem Kuning

Tanaman hias indoor pembersih udara ruangan ini sering dijadikan dekorasi di dalam ruangan untuk rumah, kantor, bahkan mal. Palem kuning secara biologis mengambil karbondioksida dan melepaskan oksigen. Sama seperti sansevieria, palem kuning dapat menghilangkan bahan kimia berbahaya, seperti formaldehida, xilena, dan toluena.

Areca palm isolated on white background. Butterfly palm.Tanaman hias palem kuning. Foto: iStock

Tanaman hias ini tumbuh dengan baik di tempat dengan cahaya tidak langsung. Anda harus sering menyiram palem kuning supaya bisa tumbuh tinggi.

4. Anggrek

Untuk perawatan tidak terlalu sulit hanya diberikan pupuk dan juga disiram sehari dua kaliAnggrek, tanaman hias pembersih udara ruangan. Foto: DEDY ISTANTO

Tanaman hias anggrek punya bunga yang cantik dan harum. Riset yang dilakukan South Dakota State University mengungkapkan tanaman hias bunga anggrek melepaskan oksigen di malam hari. Makanya, anggrek menjadi salah satu tanaman hias terbaik untuk disimpan dalam rumah.

Namun, anggrek tidak disarankan untuk kamu yang masih pemula dalam berkebun tanaman hias. Hal ini tak lain karena perawatannya cukup sulit.

5. Sri Rejeki

Menanam sri rejeki di rumah merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan oksigen di ruangan. Tanaman hias sri rejeki juga bisa memurnikan udara di rumah.

Aglaonema Maria houseplant cuttings in a red glass vase in front of a white wall, Chinese EvergreenTanaman hias Sri Rejeki bisa jadi pembersih udara ruangan. Foto: Dok. Istock

Sri rejeki dapat menyerap bahan kimia, seperti benzena, formaldehida, dan racun lainnya. Tanaman hias ini memang begitu efisien dalam menghilangkan polutan berbahaya.

Bagaimana, tanaman hias pembersih udara ruangan yang mana menjadi favoritmu?



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)