Tanaman Hias Hoya Compacta Lagi Populer, Ini 5 Cara Merawatnya Agar Subur

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 07 Jan 2021 11:09 WIB
Tanaman hias Hoya Compacta Tanaman hias hoya compacta. Foto: Instagram @airy_garden
Jakarta -

Hoya Compacta termasuk salah satu tanaman hias yang populer sekarang ini. Hoya compacta yang berasal dari Asia merupakan tanaman hias gantung yang bisa diletakkan di dalam ruangan. Tanaman hias ini dikenal juga sebagai Hoya Carnosa 'Compacta'.

Tanaman hias Hoya Compacta merambat dan bentuknya menyerupai tali tebal melingkar. Ciri khas lainnya Hoya Compacta adalah daunnya yang hijau padat, mengkerut dan melengkung. Jika kamu rajin membersihkan daunnya, daun Hoya Compacta ini bisa mengkilap. Terdapat juga bunga kecil bulat yang memiliki warna merah muda.

Kamu tertarik memiliki tanaman Hias Hoya Compacta? Wolipop berbincang dengan penjual tanaman hias Wuri Setyaningsih yang merupakan pemilik akun Instagram @kebunwuri, untuk membahas cara perawatan tanaman hias Hoya Compacta agar tumbuh subur dan rimbun.

Cara Merawat Tanaman Hias Hoya Compacta

Perawatan Hoya Compacta

Hoya Compacta yang daunnya cantik bisa kamu taruh ditempat yang teduh. Akan tetapi cara ini memiliki kekurangan. Ketika kamu meletakkan tanaman hias Hoya Compacta di tempat teduh, bunganya tidak akan keluar. Kamu hanya bisa menikmati daunnya yang mengkerut dan cantik.

Jika kamu menaruh Hoya Compacta di tempat yang terang dan tetap di bawah naungan, tanaman hias ini bisa cepat berbunga. Namun jangan sampai Hoya Compacta langsung terkena sinar matahari karena daunnya akan terbakar alias gosong.

Tanaman hias Hoya CompactaTanaman hias Hoya Compacta Foto: Instagram @kebunwuri

Hoya Compacta rentan terkena hama

Menurut Wuri, perawatan Hoya Compacta susah-susah gampang, karena bentuk daunnya yang unik. Pastinya kamu harus ekstra perhatian. Kalau tidak, tanaman hias Hoya Compacta akan mudah terkena serangan hama kutu putih. Karena kutu putih sangat menyukai tinggal di daun Hoya Compacta.

"Jadi setiap dua minggu sekali itu, harus rutin dibersihkan dengan sikat, lalu diberikan detergen atau sabun cuci piring pada daun-daunnya secara halus. Untuk menghilangkan hama putih yang menempel pada daun," kata Wuri saat berbincang dengan Wolipop.

Tanaman hias Hoya CompactaTanaman hias Hoya Compacta Foto: Instagram @kebunwuri

Cara membasmi hama Hoya Compacta

Jika kutu putih susah dibersihkan, kamu bisa memakai pestisida. Sebelum itu tanaman hias Hoya Compacta sebaiknya diberikan vitamin terlebih dahulu. Setelahnya kamu perlu menunggu selama lima atau tujuh hari kemudian dibersihkan dengan pestisida. Lalu didiamkan selama 15 menit. Selanjutnya dibilas dengan air bersih.

Jika kutu putih membandel, kamu bisa mengganti media tanam Hoya Compacta dengan yang baru. Hoya Compacta harus lebih sering diperiksa daun dan akarnya, karena sangat rentan terkena hama kutu putih.

Daun Hoya Compacta yang ringkih

Saat daun tanaman hias Hoya Compacta terkena hama, kamu harus ekstra hati-hati. Kalau tidak daunnya akan sobek dan batangnya patah. Dari sekian jenis Hoya, menurut Wuri, Hoya Compacta yang paling membutuhkan kesabaran dan perawatan khusus.

Penyiraman Hoya Compacta

Tanaman hias Hoya Compacta cukup disiram selama dua hari sekali atau di saat tanah atas sudah mulai kering. Tanah yang bagus buat Hoya Compacta itu adalah agak poros. Kata Wuri, kamu juga bisa memakai andam, pakis cacah, cocopeat, pasir malang, dan sedikit serabut kelapa.

Pupuk alami lainnya untuk Hoya Compacta, kamu bisa menyiram dengan air cucian beras selama dua minggu sekali .

Bagaimana, sudah tahu tentang serba-serbi tanaman hias Hoya Compacta? Jangan sampai salah cara perawatannya ya!



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)