Ini 3 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 30 Des 2020 17:34 WIB
tinted glass in the house. window dimming by dark film. hands apply tint film to the window. tint film on sky background. sky view through tinted glass Tanaman hias pembawa keberuntungan menurut feng shui. (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Tanaman hias kini semakin diminati karena selain untuk mempercantik rumah juga bisa memperbaiki sirkulasi udara. Bagi kamu yang merujuk pada Feng Shui, wajib mengetahui tiga tanaman hias yang bisa membawa keberuntungan.

Wolipop mewawancarai Angelina Fang yang merupakan senior consultant - Feng Shui Consulting Indonesia, fengshui.co.id dan konsultasifengshui.com untuk mengetahui tanaman hias yang bagus sesuai Feng Shui. Ia menuturkan bahwa dalam Feng Shui otentik klasik yang ilmiah, tanaman hias bukanlah faktor penentu keberuntungan seseorang. Akan tetapi dengan memiliki tanaman tertentu dalam rumah, tidak secara langsung membuat seseorang menjadi lebih beruntung.

Penjelasan secara logis adalah tanaman dapat membantu menyerap karbondioksida, menghasilkan oksigen dan menjadi pembersih udara alami dari berbagai jenis polutan di dalam rumah. Dengan demikian, dalam Feng Shui, tanaman menjadi salah satu alat untuk menghasilkan Sheng Qi atau energi baik, seperti oksigen. Tanaman hias juga menetralisir Sha Qi atau energi perusak, seperti karbondioksida dan polutan di dalam rumah.

Saat udara dalam rumah lebih berkualitas, vitalitas penghuni dalam rumah dapat ditingkatkan menjadi lebih sehat dan bersemangat, pikiran lebih jernih dan bekerja lebih produktif. Dengan demikian, usaha dan kerja keras mencapai tujuan hidup menjadi relatif lebih harmonis dan diri merasa lebih beruntung. Dengan cara inilah tanaman hias bisa jadi pembawa kebetuntungan menurut fengshui.

Dalam menghias rumah dengan tanaman ini menurut Angelina ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sesuai Feng Shui. Mulai dari jenis, kondisi hingga jumlah tanaman.

"Penggunaan tanaman dalam rumah menurut Feng Shui perlu memperhatikan beberapa poin agar rumah tetap selaras yaitu jenis tanaman, bagaimana kondisinya, jumlah tanamannya dan diletakkan di lokasi yang tepat. Jenis tanaman yang baik menurut Feng Shui, sebaiknya memilih jenis yang tidak beracun, tidak berduri. Terutama jika ada anak kecil dalam rumah karena rawan kecelakaan dan membuat terluka, mudah dirawat dan berdaun hijau akan lebih baik. Tidak berbunga atau berbuah terlalu banyakm" papar Angelina Fang saat berbincang dengan Wolipop.

Tanaman dengan bunga atau buah yang terlalu banyak menurut Angelina memiliki kelemahan adanya serbuk polinasi yang dapat menimbulkan alergi bagi sebagian orang dan dapat mengundang serangga ke dalam rumah. Selama jenis tanaman yang dipilih sesuai kriteria yang disebutkan, maka menurut Feng Shui masih boleh dipilih untuk diletakkan dalam rumah.

Berikut tiga jenis tanaman hias pembawa keberuntungan menurut Feng Shui :

1. Chamaedorea elegans

Tanaman hias Chamaedorea elegansTanaman hias Chamaedorea elegans (Foto: Instagram @labotanicadellapioggia)

Tanaman hias ini mempunyai nama lain, yaitu palem komodoria, Camaedorea, Pacaya, Loung Palem, Parlour Palm atau yang biasa dikenal dengan palem ruang tamu. Tanaman hias chamaedorea elegans adalah salah satu tanaman hias sejenis palem, yang paling banyak dijual di dunia. Tanaman palem ini populer untuk tanaman dalam ruangan karena dapat bertahan dalam kondisi lembab dan tanpa sinar matahari langsung.

Pertumbuhannya cukup lambat sehingga tanaman tidak akan mudah lebat, menjadikannya sebagai salah satu tanaman yang mudah untuk dirawat. Angelina sang ahli feng shui mengatakan, tanaman hias yang terlalu lebat akan menjadi blokade Qi atau energi untuk bersirkulasi dengan baik di dalam rumah. Berdasarkan penelitian NASA Clean Air Study, dapat membersihkan udara dari polutan benzena, formaldehida, trikloroetilen, xylene, toluena dan amonia.

2. Rhapis excelsa (Palem Jari)

Tanaman hias jenis Rhapis excelsa (Palem Jari)Tanaman hias jenis Rhapis excelsa (Palem Jari). (Foto: Instagram @rockinmarvin)


Palem jari merupakan jenis palem yang banyak ditemukan hampir di seluruh dunia karena kemampuannya mudah beradaptasi terhadap tanah, iklim dan lingkungan tropis maupun subtropis. Perawatannya sangat mudah dan relatif tahan terhadap perubahan cuaca. Berdasarkan penelitian NASA Clean Air Study, tanaman hias palem jari dapat membersihkan udara dari polutan benzena, formaldehida, trikloroetilen, xylene, toluena dan amonia.

3. Chrysanthemum morifolium (Bunga Krisan/Serunai)

Colorful autumn chrysanthemum flowers on display at farm marketBunga Krisan (Foto: iStock)


Bunga Krisan dikenal sebagai tanaman obat di Tiongkok untuk meredakan peradangan dan panas serta toksin dalam tubuh. Berdasarkan penelitian NASA Clean Air Study, tanaman hias bunga krisan ini dapat membersihkan udara dari polutan benzena, formaldehida, trikloroetilen, xylene, toluena dan amonia.

Tanaman hias bunga ini mungkin dapat menyebabkan alergi dan iritasi bagi sebagian orang, sebaiknya dipastikan dahulu sebelum membeli dan meletakkan tanaman ini di dalam rumah.

Itulah tiga tanaman hias pembawa keberuntungan menurut fengshui. Apakah kamu tertarik memilikinya?



Simak Video "Tips Agar Tanaman Hias Aman dari Incaran Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)