Mengenal Jade Plant, Tanaman Hias Pembawa Hoki di Drakor Start-Up

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 15 Des 2020 18:00 WIB
Tanaman hias jade plant Tanaman hias jade plant atau tanaman giok eksis di drama Korea Start-Up. Foto: Dok. tvN
Jakarta -

Penonton drama Korea Start-Up pasti ingat dengan adegan Seo Dal Mi menghadiahi Nam Do San tanaman hias saat berkunjung ke 'kantor' Samsan Tech. Tanaman hias yang pada akhirnya dirawat Han Ji Pyeong itu adalah jade plant, yang dikenal sebagai tanaman pembawa hoki.

Pada adegan drama Korea Start-Up, Seo Dal mi yang diperankan Bae Suzy memberikan pot berisi tanaman hias berwarna hijau itu kepada Nam Do San. Pada pot tersebut Seo Dal Mi juga menuliskan pesan singkat berbunyi 'Semoga Sukses.'

Tanaman hias yang ditaruh di 'kantor' Samsam Tech yang sebenarnya adalah apartemen Han Ji Pyeong itu akhirnya bukan dirawat Nam Do San. Han Ji Pyeong lah yang merawat tanaman hias jenis jade plant tersebut.

Tanaman hias jade plantTanaman hias jade plant Foto: Dok. tvN

Apa Itu Tanaman Jade Plant?

Seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, jade plant dikenal sebagai tanaman yang dianggap membawa keberuntungan. Tanaman dengan nama latin Crassula ovata ini diyakini membawa kekayaan dan keberuntungan bagi pemiliknya dan sering diberikan sebagai hadiah pindah rumah.

Tanaman jade plant di Indonesia lebih dikenal sebagai "tanaman giok", "tanaman keberuntungan" atau "pohon uang". Dikutip dari BHG, tanaman giok atau jade plant merupakan tanaman rumah yang sangat populer dan mudah dirawat.

Tanaman hias jade plant disebut sebagai tanaman giok karena daunnya yang berwarna hijau cerah menyerupai batu giok yang merupakan simbol kekayaan dan kemakmuran. Berdasar feng shui, tanaman ini akan sangat baik diletakkan di dekat pintu depan rumah. Artinya untuk menerima uang masuk ke rumah.

Tanaman hias jade plantHan Ji Pyeong dalam drama Korea Start-Up merawat tanaman hias jade plant Foto: Dok. tvN

Dengan batang kayu yang tebal dan daun berbentuk oval, tanaman giok memiliki tampilan unik seperti pohon kecil yang membuatnya sangat menarik untuk digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman ini juga memiliki beberapa jenis tipe tanaman yang berbeda ukuran dan bentuk daun.

Cara Merawat Tanaman Hias Jade Plant

Dilansir Almanac, tanaman giok atau jade plant beradaptasi dengan baik pada kondisi suhu yang hangat dan kering. Penting untuk menjaga tanaman tetap disiram selama musim semi atau panas dan kering pada musim gugur atau dingin. Namun, disarankan struktur tanah tanaman giok tetap kering karena rentan membusuk.

Jade plant atau tanaman giok dapat ditanam di luar ruangan sebagai tanaman lanskap di daerah dengan iklim kering yang sejuk sepanjang tahun. Dan tanaman giok rentan rusak jika dibiarkan di suhu yang terlalu dingin. Oleh karena itu, untuk menanam tanaman ini mesti dalam wadah dimasukkan ke dalam ruangan dengan suhu 10 derajat celsius.

Yang perlu kamu ingat dalam merawat tanaman giok, angan biarkan tanaman ini betul-betul kering tetapi jangan juga terlalu sering disiram. Jika tanaman giok kehilangan daunnya, ini adalah pertanda bahwa tanaman ini kekurangan asupan air.

Succulent houseplant Crassula in a pot on a wooden blue background.Jade plant. Foto: istock

Melansir Gardening Know How, aspek penting lain dari perawatan dan pemeliharaan tanaman giok adalah seberapa banyak sinar matahari yang didapatkan tanaman tersebut. Tanaman jade plant membutuhkan sinar matahari yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik.

Tanaman giok agar subur dan tidak mudah terserang hama juga perlu mendapatkan pupuk. Pupuk sebaiknya diganti enam bulan sekali dan gunakan pupuk larut air yang seimbang.

Itulah berbagai hal mengenai jade plant atau tanaman giok yang mencuri atensi di awal adegan drama Korea Start-Up dan menjelang episode akhir saat tanaman tersebut diperebutkan Nam Do San dan Han Ji Pyeong. Bagaimana, apakah kamu juga tertarik memiliki tanaman hias jade plant ini?



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)