5 Benda yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kamar Mandi

Hestianingsih - wolipop Kamis, 10 Des 2020 18:08 WIB
3d render of a cozy bathroom ready to be made and used in some apartment. Ilustrasi kamar mandi. Foto: Getty Images
Jakarta -

Banyak produk dan alat perawatan diri yang kita simpan di kamar mandi. Seperti sikat gigi, pisau cukur hingga sabun batangan.

Salah satu alasannya karena kepraktisan. Menyimpan produk perawatan dan kebersihan di kamar mandi dilakukan sebagian besar orang agar tidak perlu bolak-balik keluar dan masuk saat mandi.

Ternyata banyak dari produk atau peralatan mandi tersebut yang seharusnya tidak disimpan di kamar mandi. Sebab lingkungan kamar mandi yang lembap dan penuh bakteri bisa membuat peralatan mandi kamu terpapar bakteri atau virus yang bisa mengganggu kesehatan.

Ini lima benda yang tidak boleh disimpan dalam kamar mandi, seperti dikutip dari Brightside.

1. Sabun Batangan

An old worn out wood soap dish with a pink bar of soapSabun batangan. Foto: iStock

Menaruh sabun batangan di kamar mandi bisa membuat sabun mandi kamu lebih cepat habis. Alasannya, air akan mengikis sabn dan residunya menumpuk di dinding maupun lantai kamar mandi. Cara terbaik menyimpan sabun batangan adalah menaruhnya jauh dari pancuran atau bak mandi, dan tempatkan di atas wadah dengan lubang di bawahnya.

2. Wewangian

bride applying perfume on her wristIlustrasi parfum. Foto: iStock

Sebagian orang menaruh produk wewangian seperti parfum, EDT atau body mist di kamar mandi agar bisa langsung dipakai setelah mandi. Tapi cara ini justru akan merusak struktur molekul dalam wewangian dan membuatnya beraroma kecut. Sebaiknya simpan parfum di lemari atau meja rias.

3. Handuk

A lot of clean towels on white shelves in bathroom.Ilustrasi handuk. Foto: Thinkstock

Jangan pernah menaruh handuk bekas pakai mandi di gantungan kamar mandi. Lingkungan yang hangat dan lembap bisa membuat handuk kamu yang sudah basah jadi tambah lembap sehingga mengundang kuman berkembang biak.

Bakteri yang menempel pada handuk dan digunakan kembali akan berpindah ke kulit dan bisa menimbulkan gatal-gatal hingga iritasi. Setelah mandi, gantung handuk di kamar tidur atau jemur selama beberapa jam di area terbuka. Idealnya kamu harus mencuci handuk setelah 4-5 kali pemakaian.

4. Pisau Cukur

razor, bar of sudsy soap on shiny wet gray surface.Ilustrasi pisau cukur. Foto: Thinkstock

Udara lembap bisa membuat silet atau besi pada pisau cukur lebih cepat berkarat. Maka dari itu bersihkan dan keringkan selalu pisau cukur setelah digunakan serta simpan di tempat kering.

5. Sikat Gigi

brushing teethIlustrasi sikat gigi. Foto: Thinkstock

Kebanyakan orang menyimpan sikat gigi di kamar mandi dan itu adalah kesalahan fatal. Terutama jika kamu memiliki jenis toilet duduk dengan flush.

Semburan air yang di-flush setelah BAB atau BAK bisa menyebar hingga 4,5 meter dan bisa saja bakteri serta kuman yang ada di toilet menyebar hingga ke sikat gigi. Para dokter gigi merekomendasikan agar kamu menyimpan sikat gigi sejauh mungkin dari toilet dan taruh di tempat yang benar-benar kering.

(hst/hst)